Cara Membuat Jus Lidah Buaya yang Benar dan Enak untuk Menurunkan Berat Badan dan Gejala Asam Lambun

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 28 Desember 2020 02:55
Cara Membuat Jus Lidah Buaya yang Benar dan Enak untuk Menurunkan Berat Badan dan Gejala Asam Lambun
Nggak cuman asal gimana cara membuat jus lidah buaya nih tapi kamu juga harus perhatikan gimana biar bagian lateks lidah buaya nggak terikut dan bikin efek diare!

Ngomongin tanaman yang paling banyak manfaatnya, mungkin salah satunya adalah lidah buaya. Mulai dari untuk kesehatan kulit, kecantikan dan juga manfaatnya untuk tubuh, lidah buaya bisa deh! Selain untuk obat luar, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dengan cara membuat jus lidah buaya.

Dalam daging lidah buaya terdapat cairan kental yang lengket berada di daging buah. Biasanya sih digunakan untuk mengatasi gosong karena sengatan matahari, juga untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Namun jus lidah buaya juga sering dikonsumsi lho. Seperti halnya dengan jus yang lain, cara membuat jus lidah buaya dilakukan dengan memblender daging buah atau seluruh daging tanaman buaya, dilanjutkan dengan menyaring cairannya. Rasanya ringan banget dan lumayan enak, jus lidah buaya gampang dicampur dengan bahan lain untuk menjadi smoothies.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk cari tahu gimana cara membuat jus lidah buaya.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Jus Lidah Buaya untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Membuat Jus Lidah BuayaCara Membuat Jus Lidah Buaya © 2020 timesofindia.indiatimes.com/

Dalam beberapa tahun terakhir ini, lidah buaya dihadirkan dalam bentuk minuman diet, suplemen herbal hingga dimanfaatkan dalam cara membuat jus lidah buaya untuk menurunkan berat badan. Sayangnya nih klaim tersebut belum terbukti benar.

Emang sih ada penelitian yang menyatakan keefektivitasannya pada tikus untuk mengurangi akumulasi lemak tubuh. Ini terjadi karena pemberian lidah buaya bisa meningkatkan metabolisme mereka, meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Pada hewan lain pun pemberian gel lidah buata bisa memengaruhi metabolisme lemak dan gula dalam tubuh sekaligus mencegah penumpukan lemak perut. Tapi nih belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan apakah manfaat serupa bisa ditawarkan kepada manusia. Hmm..

Melansir Living Fresh Daily, kayak gini nih cara membuat jus lidah buaya:

Bahan yang diperlukan tentu saja daun lidah buaya. Kamu bisa menambahkan air atau penambah rasa manis.

Pertama nih kamu kudu memotong sisi daun lidah buaya di sepanjang sisinya untuk menghilangkan duri dan mengupas kulit daun lidah buaya. Di proses ini kamu akan melihat keberadan gel bening dan juga gel berwarna kuning yang berada tepatd i bawah kulit. Bilas semua cairan kuning yang merembes keluar ini. Biar kenapa sih?

Gel berwarna kuning adalah lateks lidah buaya yang merupakan pencahar dan bisa bikin diare jika terminum. Nggak mau ini terjadi kan?

Cara Membuat Jus Lidah BuayaCara Membuat Jus Lidah Buaya © 2020 livingfreshdaily.com/

Potong daging daun lidah buaya tersebut menjadi beberapa bagian, masukkan ke blender trus haluskan sebentar aja. Proses ini bakalan menghasilkan cairan kental yang kemudian kudu disaring terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Jus Lidah Buaya untuk Asam Lambung

Cara Membuat Jus Lidah BuayaCara Membuat Jus Lidah Buaya © 2020 livingfreshdaily.com

Sebuah penelitian di tahun 2015 membuktikan kalau jus lidah buaya yang dah dimurnikah ternyata efektif mengurangi gejala asam lambung lho. Selain itu nggak ada efek samping yang dilaporan. Malahan nih pada beberapa kasus, jus lidah buaya terbukti lebih efektif ketimbang pengobatan tradisional.

Peneliti menyimpulkan bahwa lidah buaya dapat bekerja dengan mengurangi produksi asam dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi.

Tapi konsumsinya tetap harus diperhatikan lho ya karena jus ini bisa memperkuat efek dari pengobatan diabetes trus nggak boleh dikonsumsi ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran.

Mengutip Helathline, daun lidah buata ini terdiri dari tiga bagian utama yakni kulit, lateks, dan juga bagian gel.

Gelnya sih aman dikonsumsi dan bisa dibuat dengan memotong daun menjadi dua trus gunakan sendok atau pisau untuk mengeluarkan gelnya. Tapi pastikan untuk mencuci daging uahnya sampai bersih untuk menghilangkan kotoran dan residu lateks yang bisa embaut gel terasa pahit dan ngasih efek pencahar pada tubuh.

Gel ini nggak perlu dijadikan bahan dalam cara membuat jus lidah buaya, tapi bisa langsung kamu tambahkan dalam smoothies, shake dan lainnya untuk meningkatkan manfaat kesehatan. Ata bisa juga nih dimasukkan dalam salad favorit kamu!

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Jus lidah Buaya yang Benar dan Enak

Cara Membuat Jus Lidah BuayaCara Membuat Jus Lidah Buaya © 2020 biggalyoga.com/

Meski punya banyak manfaat, ternyata jus lidah buaya juga memiliki efek samping lho. Ini terjadi pada jus lidah buaya yang nggak sesuai sehingga masih memiliki kandungan antrakuinon yang bersifat pencahar dalam tubuh.

Antrakuinon adalah senyawa organik yang secara alami ditemukan di daun tanaman lidah buaya. Bahan ini dianggap punya sifat beracun dan harus dihindari masuk ke dalam tubuh.

Trus jangan buru-buru dulu pengen tahu gimana cara membuat jus lidah buaya tanpa tahu efek sampingnya juga lho, terutama bila kamu sedang mengkonsumsi obat yang dianggap sebagai substrat dari Cytochrome P450 3A4 dan CYP2D6. Kenapa? Karena jus lidah buaya bisa meningkatkan risiko efek samping dari obat terset.

Lidah buaya juga bisa menambah efek sevoflurane, menyebabkan perdarahan yang berlebihan selama operasi. Intinya nih sebelum kamu mencari tahu gimana cara membuat jus lidah buaya, nggak kalah penting juga untuk tahu apa saja efek samping yang ditimbulkannya.

 Jadi intinya nih sebelum kamu langsung praktek gimana cara membuat jus lidah buaya, kamu kudu mengimbangi dulu dengan informasi mengenai keefektivitasan dan efek sampingnya. Betul begitu kan?

 

Beri Komentar