8 Resep Cara Membuat Pizza Tanpa Oven dan Ragi juga Mixer dengan Sosis Sederhana di Rumah

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 21 Maret 2020 23:20
8 Resep Cara Membuat Pizza Tanpa Oven dan Ragi juga Mixer dengan Sosis Sederhana di Rumah
Nggak hanya anak sultan, kaum misqueen sekarang juga bisa menikmati olahan lezat pizza kekinian. Yuk, simak resep berikut ini!

Olahan pizza dulu dikenal dengan makanan kalangan para elit yang berduit. Tapi sekarang, nggak hanya mereka, kamu para kaum misqueen dengan budget hidup serba pas-pasan juga bisa menikmati sajian pizza lezat ini. Olahan lezat ini kini bukan hanya ditawarkan oleh gerai pizza brand terkenal saja, para pelaku usaha lapak kecil pun sudah merambak dan berganti untuk mencoba peruntungannya dengan menjajakan dagangan pizza. Tak jarang, saat ini pun banyak sekali berbagai sajian olahan pizza KW yang rasanya nggak kalah dengan pizza di gerai terkenal.

Tapi, jika kamu ingin berkreasi sendiri di dapur dengan membuat pizza juga bisa, kok. Nggak perlu bahan dan alat yang ribet. Jika tidak punya alat oven, maka kamu bisa menggunakan teflon sederhana di rumah. Penasarankan bagaimakan sih cara mrmbuatnya? Yuk langsung saja simak resep cara membuat pizza tanpa oven yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Pizza Hut Tanpa Oven

Ilustrasi Piza Tanpa Oven ala Hut © Diadona

Salah satu brand pizza terkenal adaah Hut yang melegenda. Banyak sekali produk olahan pizza yang ditawarjan dengan berbagai topping dan rasa sausnya. Nggak harus beli melulu, kamu juga bisa membuat olahaan pizza ini di rumah. Yuk, simak langsung resep cara membuat pizza tanpa oven ala Hut di bawah ini.

Bahan untuk roti:
- 1/2 kg tepung terigu protein sedang
- 5 gram fermipan
- 3 sdm minyak sayur
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm gula pasir
- 250 ml air

Bahan untuk topping:
- Saus tomat secukupnya
- Keju mozarela secukupnya, potong-potong
- 2 buah bawang bombay, cincang halus
- Topping: ikan tuna, sosis, bakso, daging asap (ham), ayam

Cara membuat pizza tanpa oven ala Hut:

  1. Siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu, fermipan, gula pasir dan minyak sayur, aduk dan campur semua bahan hingga merata. Sambil tepung diuleni, tambahkan air sedikt demi sedikit hingga adonan terbentuk.
  2. Tutup wadah adonan dengan kain lalu diamkan dulu adonannya. Siapkan wajan, tumis bawang bombay hinga berbau harum,tambahkan toping sesuai selera dalam tumisan.
  3. Masukkan bahan saus tomat dan saus cabai sesuai selera. Adonan yang sudah didiamkan lalu digilas membentuk bulat pipih dengan ketebalan sesuai selera.
  4. Siapkan wajan atau teflon, panaskan dan cairkan 1 sdm mentega. Letakkan adonan pizza di atas wajan, taburi dengan keju mozarella.
  5. Tutup wajan dengan penutupnya selama proses memasak agar benar-benar matang dan keju mencair keseluruhannya. Pizza tanpa oven ala Hut siap disajikan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Roti Pizza Tanpa Oven

Ilustrasi Roti Pizza Tanpa Oven © Diadona

Sajian olahan roti pizza memang selalu menyajikan cita rasa nikmat di lidah. Tekstur lembut roti pizza ini menjadi salah satu hal yang ditunggu, apalagi ditambah dengan nikmatnya topping serta saus kejunya yang melimpah dan lumer. Dijamin kamu pasti akan suka dan nggak bisa berhenti ngunyah. Kamu juga bisa membuatnya dengan melihat resep cara membuat pizza tanpa oven di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu protein tinggi
- 1 sdt garam

Bahan biang:
- 1 sdm ragi instan
- 1 sdt gula pasir
- 2 sdm minyak goreng
- 200 ml air hangat

Bahan isian topping:
- 2 buah sosis
- 1 siung bawang putih
- Keju parut cheddar secukupnya
- 2 buah saus tomat
- Saus sambal secukupnya
- 1 sdm margarin

Cara membuat pizza tanpa oven:

  1. Ayak tepung terigu, buat bahan biang dengan memasukkan ragi, gula, dan minyak goreng ke dalam gelas, tambahkan air hangat, aduk rata dan tunggu selama 10 menit hingga berbusa.
  2. Masukkan garam ke dalam wadah bersama tepung terigu, tambahkan bahan biang yang sudah dicampur air. Tambahkan sedikit demi sedikit sambil diuleni hinga adonan kalis.
  3. Tutup adonan menggunakan serbet lalu diamkan selama 30 menit. Siapkan bahan untuk isian toping dengan menumis bahan bawang putih cincang kasar dengan margarin, lalu masukkan sosis dan saus sambal.
  4. Setelah adonan mengembang, ambil teflon, olesi margarin lalu ratakan adonan di atas teflon. Tusuk permukaan adonan dengan garpu. Olesi saos tomat di atasnya, masukkan isian toping, tambahkan keju parut di atasnya.
  5. Masak menggunakan api kecil selama 10 menit, selama proses memasak tutup teflon sambil di cek kematangannya dan jangan sampai gosong. Pizza sederhana siap disajikan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Pizza Tanpa Oven dan Ragi

Ilustrasi Pizza Tanpa Oven dan Ragi © Diadona

Cara membuat pizza nggak seribet yang kamu bayangkan. Tanpa menggunakan oven dan bahan ragi, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Rasanya juga nggak kalah lezat dengan pizza brand terkenal. Simak saja langsung resep cara membuat pizza tanpa oven dan ragi di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram tepung terigu
- 1 butir telur
- 2 sdm margarin
- Secukupnya gula garam
- Secukupnya air
- 1 buah tomat, cincang
- 1/2 buah bawang bombay, cincang
- 1 siung bawang putih, cincang
- 3 sdm saos tomat
- 1 sdm saos cabe
- Secukupnya gula, garam, kaldu bubuk, dan merica
- 100 gram daging sapi cincang
- secukupnya minyak atau margarin untuk menumis
- Keju, mayonaise, dan saos cabe sebagai pelengkap

Cara membuat pizza tanpa oven dan ragi:

  1. Campurkan bahan tepung terigu, margarin, gula garam dan telur. Tambahkan air sedikit demi sedikit lalu uleni hingga adonan kalis.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan tomat hingga harum. Beri air dan daging cincang, rebus hingga tomat hancur. Tambahkan saos tomat, saos cabe, gula, garam, kaldu bubuk dan merica. Tes rasa kemudian matikan api, sisihkan dulu.
  3. Bentuk adonan roti menjadi ukura bulat pipih dengan ketebalan sesuai selera. Olesi teflon dengan margarin lalu letakkan adonan di atas teflon. Beri saos yang telah dibuat tadi, tambahkan keju dan mayonaise. Panggang adonan dengan api kecil, tutup wajan dan biakan matang merata.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Pizza Tanpa Oven dan Mixer

Ilustrasi Pizza Tanpa Oven dan Mixer © Diadona

Olahan pizza yang lembut dengan berbagai varian lezat ini bisa ini dinikmati oleh siapa pun. Kamu yang ingin menikmatinya dengan porsi serba banyak, bisa banget membuatnya sendiri di rumah. Tenang, kamu tetap bisa membuatnya walau tanpa alat oven dan mixer, kok. Se-simple itu kan? Yuk, simak langsung resep cara membuat pizza tanpa oven dan mixer berikut ini.

Bahan:
- 125 gram tepung segitiga biru
- 3 gram ragi instan

Bahan cair:
- 80 ml air
- 1/2 sdm gula
- 1/2 sdt garam
- 3 sdm minyak goreng

Bahan toping yang ditumis:
- 1 buah sosis, potong bulat
- 1 buah bakso, potong bulat
- 1 sdm saus bolognais
- 1/2 siung bawang bombay ukuran sedang
- 2 sdm minyak goreng

Bahan toping lainnya:
- 2 sdm saos tomat
- 30 gram keju cheddar
- Secukupnya mayonais
- Secukupnya oregano

Cara membuat pizza tanpa oven dan mixer:

  1. Masukkan ke dalam wadah bahan terigu lalu tambahkan ragi instan, aduk rata. Masak air, minyak, gula dan garam sambil diaduk hingga gula dan garam larut. Masak menggunakan api kecil sampai hangat saja.
  2. Tuang bahan cair ke dalam campuran terigu sediki demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang lembek. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang.
  3. Buat topping dengan cara panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu, tambahkan sosis, bakso dan saos bolognais. Tumis sebentar sampai semua tercampur.
  4. Tata adonan pizza di atas teflon, tekan dengan sendok atau spatula dan ratakan hingga adonan membentuk lingkaran. Tuang saos tomat lalu ratakan ke seluruh pizza.
  5. Beri topping tumis tadi dan ratakan. Tuang mayonaise, lalu taburi parutan keju secara merata. Tambahkan juga dengan tabura oregano. Panggang dengan api kecil selama 5 menit dengan ditutup penutup teflon, cek agar tidak gosong.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Pizza Mini Tanpa Oven

Ilustrasi Pizza Mini Tanpa Oven © Diadona

Biasanya pizza diolah dengan bentuk bulat yang melebar. Tapi, kamu juga bisa loh menikmati olahan pizza dengan bentuk bulat mini. Bentuk penyajian ini memudahkan kamu dalam menyantapnya tanpa proses slice. Yuk, simak langsung resep cara membuat pizza tanpa oven dengan bentuk mini di bawah ini.

Bahan:
Bahan adonan:
- 220 gram tepung terigu cakra
- 1 sdm margarin
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt fermipan
- 100 ml air hangat
- 1/4 sdt garam

Bahan topping:
- 100 ml saus tomat
- 2 sdm mayonaise
- 2 batang sosis
- 2 sdm oregano
- 100 gram keju quickmelt
- 100 gram keju ceddar
- Kaldu bubuk secukupnya
- Gula secukupnya

Cara membuat pizza tanpa oven mini:

  1. Campur semua bahan adonan kecuali mergarin dan garam. Campur hingga rata, barulah masukkan garam dan margarin. Uleni hingga kalis, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Diamkan adonan dan tutup menggunakan serbet basah selama 30 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  2. Buat sausnya dengan cara campur bahan saus tomat, mayonaise, gula dan kaldu bubuk. Aduk rata dan sisihkan. Potong serong sosis dan sisihkan.
  3. Kempiskan adonan pizza yang telah mengembang, bagi adonan dan timbang masing-masing dengan berat 30 gram atau bisa dikira-kira, buat bulatan lalu pipihkan.
  4. Tata adonan pizza yang telah dipipihkan dalam teflon anti lengket. Olesi dengan saus, beri t0pping sosis dan taburi keju parut. Terakhir beri oregano, istirahatakan pizza selama 15 menit sebelum dimasak. Masak pizza hingga matanag menggunakan alas dan tutup rapat dengan api kecil.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Pizza Mie Tanpa Oven

Ilustrasi Pizza Mie © Diadona

Selain diolah dengan menggunakan bahan tepung terigu, kamu juga bisa membuat sajian lezat pizza dengan bahan mie sederhana. Hampir sama dengan membuat omelet, berikut resep selengkapnya cara membuat pizza tanpa oven berbahan dasar mie.

Bahan:
- 1/2 bungkus mie
- 5 buah bakso sapi
- 1 batang keju
- 1/2 iris bawang bombay
- 1 batang daun bawang
- 1 sdt garam
- 2 butir telur ukuran besar
- Penyedap rasa
- 1 sdt gula putih
- 1 sdt lada bubuk
- Secukupnya saos tomat, saos cabe, dan mayonaise

Cara membuat pizza tanpa oven dengan mie:

  1. Rebus mie sebentar, tiriskan dan taruh dalam mangkuk. Iris semua bahan lalu campurkan dalam mie. Masukkan bumbu-bumbunya, kocok telur terpisah dan campurkan juga dalam adonan tadi, aduk hingga rata.
  2. Siapkan teflon, tuang minyak goreng sedikit dengan api kecil. Setelah panas, tuang adonan tipis dan merata, tungu hingga matang dan lanjutkan hingga adonan habis. Angkat lalu letakkan di atas piring.
  3. Beri saos yang telah disiapkan, iris kecil-kecil dan siap disantap.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Pizza Sederhana Tanpa Oven di Rumah

Ilustrasi Pizza Sederhana Tanpa Oven © Diadona

Olahan pizza merupakan salah satu sajian lezat dan cocok dinikmati rame-rame bareng keluarga, sahabat, dan pasangan romantis kamu. Nggak hanya rasaya yang nikmat, cara pengolahan pizza juga sangat sederhana. Yuk, simak langsung deh resep cara membuat pizza tanpa oven berikut ini.

Bahan:
- 100 gram tepung terigu
- 60 ml air hangat
- 1 sdt ragi
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdm susu bubuk
- 2 sdm minyak sayur atau margarin cair

Topping:
- Saos tomat
- Mayonaise
- Abon, sosis, smokedbeef
- Keju mozarella atau keju melted

Cara membuat pizza sederhana tanpa oven di rumah:

  1. Buat biangnya dulu dengan mencampur air hangat, gula dan ragi. Diamkan selama 10 menit hingga berbusa, campurkan tepung terigu, susu bubuk dan bahan biang. Aduk hingga rata dan beri sedikit garam dan minyak sayur atau margarin cair, uleni hinga kalis. Tutup dengan kain selama 20 menit.
  2. Siapkan teflon yang sudah dilumuri minyak sayur, masukkan adonan ke dalam teflon lalu pipihkan hingga rata menutupi permukaan teflonnya. Tusuk-tusuk dengan garpu lalu masak dengan api kecil dengan ditutupi penutup teflon.
  3. Olesi dengan saos tomat saat setengah matang. Beri juga mayonaise di atas adonan, tambahkan abon, sosis, smokedbeef, dan keju parut. Tutup kembali dan masak hingga matang. Angkat dan potong sesuai selera.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Pizza Sosis Tanpa Oven

Ilustrasi Pizza Teflon Mie © Diadona

Banyak sekali varian topping yang disajikan dalam olahan pizza lezat ini. Nah, salah satu topping favorit dan nggak boleh ketingalan adalah sosis sederhana. Yap, memang bahan sosis ini selalu menjadi andalan masakan dengan rasa asin gurih. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat pizza tanpa oven dengan topping sosis di bawah ini.

Bahan:
- 180 gram tepung terigu
- 1 sdt fermipan
- 110 ml air hangat
- 2 sdm minyak goreng
- 2 sdm gula pasir
- Secukupnya garam
- Keju melted secukupnya

Cara membuat pizza tanpa oven sosis:

  1. Campurkan 1 sdt fermipan dengan air hangat, diamkan selama 5-10 menit. Campur tepung terigu, garam, gula pasir, minyak dan fermipan. Uleni hingga kalis, tutup dengan serbet selama 30 menit.
  2. Goreng sosis dan bakso ikan, siapkan teflon dan beri margarin secara merata. Taruh adonan ke dalam teflon. Masukkan saus pasta bolognese, taburi sosis dan bakso ikan yang sdah digoreng. Terakhir taburi keju di atasnya. Masak hingga matang dengan api kecil dengan penutup teflonnya.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat pizza tanpa oven yang bisa banget kamu buat dan praktikan sendiri di rumah. Dijamin kamu akan suka dan ketagihan untuk terus memakannya. Cocok banget bagi kamu kaum misqueen yang ingin makan enak dengan budget minim. Tapi, kamu yang anak sultan juga boleh kok membuatnya, hehe... Yuk, segera persiapkan bahan-bahan cara membuat pizza tanpa oven ini, ya!

Baca juga yuk: 5 Resep Cara Membuat Sosis Bakar Ayam, Solo, Hingga Dibuat Gulung Mie Dan Sandwich

Beri Komentar