5 Resep Cara Membuat Sosis Bakar Ayam, Solo, hingga Dibuat Gulung Mie dan Sandwich

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 22 Januari 2020 22:06
5 Resep Cara Membuat Sosis Bakar Ayam, Solo, hingga Dibuat Gulung Mie dan Sandwich
Sosis merupakan olahan yang disukai oleh semua kalangan khususnya anak-anak. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka olahan satu ini. Yap, sosis merupakan olahan makanan yang terbuat dari bahan daging giling dengan beberapa bumbu rempah. Sosis bisa diolah dengan cara digoreng, bakar, atau sebagai campuran makanan lain. Selain itu sosis juga bisa dimakan secar langsung. Beberapa orang bahkan memilih olahan sosis sebagai bahan pelengkap membuat sandwich sebagai menu sarapan praktis.

Sosis banyak dijumpai di toko dan supermarket. Jika kamu biasanya membeli sosis, maka nggak ada salahnya jika kamu membuat sosis sendiri di rumah. Proses pembuatann ya cukup mudah. Penasaran bagaimana cara memebuatnya? Simak resep cara membuat sosis yang telah Diadona rangkum di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Sosis Bakar

      View this post on Instagram

. . SOSIS BAKAR By : @sukmawati_rs . Bahan: Sosis ayam/sapi Secukupnya margarin Tusuk sate/lidi Bumbu oles(aduk rata) 2 sdm saos sambal 2sdm saos tomat 2sdm kecap manis 1/4 sdt merica bubuk 2 sdm saos tiram 2 bawang putih, haluskan Cara: 1. Tusuk sosis, kemudian kerat-kerat. 2. Panaskan secukupnya margarin di pan anti lengket. 3. Masukkan sosis, masak hingga sedikit kecokelatan. 4. Oles bahan saus merata, masak sambil sesekali dibalik. 5. Masak hingga matang, angkat. . #resepsosisbakar #resepsosis #cateringkantorjogja #cookingbeginner #nasigorengcumihitam #saladbuahmantap #pizzagoreng #baksoacicuanki #minumanjember #bacigar #kulinerjember #dimsumbandunghallal #makananjogja #kulineran_yk #hotmimi #makanenakjogja #ayamkremes #foodjogja #tongsengkambing #kateringrumahan #dietmayosemarang #piesusuenak #makanjogja #jogjafood #kulinerjogjakarta #jajanjogja #gofoodjogja #makandijogja #jogjafooddestinations #jogjafoodgram

A post shared by ANEKA RESEP MASAKAN RUMAH (@kreasimasakanrumah) on

Salah satu olahan sosis yang wajib kamu coba adalah sosis bakar. Aroma khas sosis yang dibakar ini menjadikan kamu akan semakin ketagihan dengan olahan yang satu ini. Yuk simak langsung cara membuat sosis bakar yang praktis kamu buat di rumah.

Bahan:

- Sosis ayam/sapi
- Secukupnya margarin
- Tusuk sate/lidi
- Bumbu oles (aduk rata)
- 2 sdm saos sambal
- 2 sdm saos tomat
- 2 sdm kecap manis
- 1/4 sdt merica bubuk
- 2 sdm saos tiram
- 2 bawang putih haluskan

Cara membuat sosis bakar:

Tusuk sosis kemudian kerat-kerat. Panaskan margarin secukupnya di teplon atau pan anti lengket. Masukkan sosis dan masak hingga sedikit kecokelatan. Oles bahan saus merata, masak sambil sesekali dibalik.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Sosis Ayam

Ilustrasi Sosis © Diadona

Secara umum terdapat dua rasa favorit untuk olahan sosis ini, yaitu rasa sapi dan ayam. Berikut Diadona ulas resep cara membuat sosis ayam yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

Bahan:

- 600 gram daging ayam giling
- 1 butir putih telur
- Garam secukupnya
- Ketumbar bubuk secukupnya
- Air es secukupnya
- 4 sdm tepung tapioka atau tepung sagu
- 1 sdt bawang putih bubuk
- 150 gram es serut
- 2 liter air
- 1 sdt merica bubuk
- Gula pasir secukupnya
- Selongsong plastik sosis atau es mambo

Cara membuat sosis ayam:

  1. Campur daging, sebagian es serut, dan garam halus kemudian aduk rata. Tuang sedikit minyak dan aduk kembali. Beri gula, lada, ketumbar, bawang putih, putih telur, tepung tapioka atau tepung sagu, serta sisa es serut. Aduk rata sampai kesat.
  2. Masukkan adonan ke dalam plastik berbentuk segitiga atau piping bag. Lubangi salah satu ujung sudutnya. Semprotkan adonan sosis ke dalam plastik es. Ikat bagian bawah, lalu buat ikatan setiap 10 sentimeter menggunakan benang.
  3. Rebus air, diamkan selama 1 menit. Masukkan sosis yang sudah diikat-ikat, masak selama 20 menit. Gunakan api paling kecil dan jangan merebus sampai air mendidih supaya sosis tidak pecah.
  4. Masukkan sosis ke dalam air es, diamkan beberapa waktu supaya bentuknya tidak berubah. Angkat sosis ayam dan tiriskan. Masukkan ke wadah tertutup, simpan di freezer dan siap digunakan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Sosis Solo

Ilustrasi Sosis Solo © Diadona

Sosis solo merupakan olahan dengan kulit serta isian yang dijamin enak. Jika kamu pencinta makanan dan camilan sosis, maka kamu wajib mencoba olahan ini dengan membuatnya sendiri di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan kulit:

- 50 gram tepung terigu protein sedang
- 200 ml santan
- 2 butir telur ayam kocok lepas
- 1/4 sendok teh garam
- Minyak goreng secukupnya

Bahan isian:

- 200 gram daging giling
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 50 ml santan
- 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- 1 butir telur

Bahan bumbu halus:

- 2 siung bawang putih
- 1/2 sendok ketumbar
- 5 butir bawang merah
- 2 butir kemiri, sangrai
- 1/8 sdt jinten

Cara membuat sosis solo:

  1. Untuk membuat kulit campurkan semua bahan tepung terigu, santan, garam dan telur. Aduk sampai rata. Buat dadar yang tipis-tipis dan datar kecil yang sedikit dioles oleh minyak. Sisihkan.
  2. Untuk isian sosis Solo, tumis semua bahan bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daging giling. Aduk hingga merata dan berubah warna. Campurkan santan, gula pasir dan garam. Masak hingga meresap dan kemudian angkat.
  3. Tambahkan tumisan daging dan telur, aduk hingga rata.
    Ambil selembar telur dadar tadi. Beri isi, lipat dan gulung. Kukus selama kurang lebih 15 menit di atas api sedang hingga matang. Dinginkan.
  4. Goreng di wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan dan diatas api yang sedang hingga berubah warna kuning kecoklatan. Sosis solo siap disajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Sosis Gulung Mie

      View this post on Instagram

selamat buka puasa. kali ini bikin makanan takjil yang gurih ya, cuma butuh sosis sama mie instan merk apa ajah. MIE GULUNG SOSIS Bahan: 5 buah sosis 1 bungkus mie instan Cara membuat: - rebus mie instan sampai setengah matang, tiriskan, bumbui dengan bumbu bubuknya, ratakan - potong sosis jadi dua, kerat2 ujungnya - lilit sedikit mie pada bagian tengah sosis - goreng #ansimplerecipe

A post shared by @ anick5570 on

Olahan ini bisa menjadi salah satu menu camilan yang bisa kamu buat untuk bersantai atau sebagai hidangan di atas meja. Yap, kamu bisa membuat dengan melihat resep selengkapnya cara membuat sosis gulung mie di bawah ini.

Bahan:

- 5 buah sosis
- 1 bungkus mie instan

Cara membuat sosis gulung mie:

Rebus mie instan sampai setengah matang, tiriskan, bumbui dengan bumbu bubuknya, ratakan. Potong sosis jadi dua dan kerat-kerat ujungnya. Lilit sedikit mie pada bagian tengah sosis. Goreng sosis dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Sandwich Sosis

Ilustrasi Sandwich Sosis © Diadona

Jika kamu bingung memilih menu sarapan yang praktis dan mudah untuk diolah, maka kamu bisa membuat olahan sandwich sosis di rumah. Yuk simak saja langsung cara membuat sosis sandwich di bawah ini.

Bahan:

- 4 lembar roti tawar
- 2 buah telur ceplok
- 3 buah sosis ayam
- Selada secukupnya
- 1 buah tomat
- Bawang bombay secukupnya
- Saus sambal secukupnya
- Saus tomat secukupnya
- Mayonnaise secukupnya

Cara membuat sandwich sosis:

Tumis sosis dan bawang bombay dengan sedikit minyak sampai matang. Susun (sesuai selera) roti tawar, selada, telur ceplok, tumisan sosis, potongan tomat, beri saus sambal, saus tomat dan mayonnaise. Tambahkan lagi diatasnya kemudian tutup dengan roti tawar lagi. Siap dihidangkan bersama kopi, teh, atau susu.

Itulah beberapa resep cara membuat sosis yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Dari berbagai menu di atas, kamu lebih dominan suka olahan sosis apa? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar