8 Cara Merebus Telur Ayam, Asin, dan Puyuh Setengah Matang Agar Tidak Pecah dan Mudah dikupas

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 3 April 2020 17:29
8 Cara Merebus Telur Ayam, Asin, dan Puyuh Setengah Matang Agar Tidak Pecah dan Mudah dikupas
Mengupas telur memang sedikit merepotkan, kalau nggak hati-hati bisa saja telur akan hancur. Tapi kini sudah nggak ribet lagi karena ada tipsnya. Yuk simak cara merebus telur berikut ini!

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang murah dan menjadi pilihan menu sarapan pada umumnya. Saat kita terdesak dan nggak mau ribet kita memilih memasak telur dengan alasan praktis. Selain itu, telur bisa dimasak dengan bumbu sederhana seperti garam dan penyedap rasa. Apalagi kamu adalah anak kost-an yang hidup serba irit, memasak telur memang pilihan tepat.

Biasanya kita akan kesulitan untuk mengupas telur pasca direbus. Padahal kalau kita sudah tahu triknya, mengupas telur bukanlah hal yang sulit. Nah, coba deh simak cara merebus telur ayam, asin, dan puyuh setengah matang agar tidak pecah dan mudah dikupas yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Merebus Telur Agar Kuningnya di Luar

a. Siapkan telur ayam yang masih mentah, dalam cangkang. Selubungi telur dengan selotip untuk menjaga cangkang agar tidak rusak. Masukkan telur ke dalam stoking.

b. Putar-putar stoking berisi telur hingga bergerak seperti gasing. Setelah dirasa cukup, rebus telur ke dalam panci seperti biasa.

c. Ketika dikupas telur itu akan berwarna kuning dengan bagian putih di dalamnya. Selamat mencoba!

Untuk lebih jelasnya kamu juga bisa melihat video berikut ini.

 

2 dari 8 halaman

Cara Merebus Telur Setengah Matang

Ilustrasi Telur Setengah Matang © Diadona

a. Siapkan panci berisi air dan didihkan menggunakan api sedang.

b. Perlahan masukkan telur satu per satu dengan menggunakan sendok berongga. Masak hanya selama 6 1/2 menit, tidak lebih dan tidak kurang.

c. Siapkan semangkuk berisikan air es atau dipenuhi es batu. Setelah mencapai 6 1/2 menit, segera pindahkan telur ke dalam mangkuk ini. Biarkan selama dua menit agar telur berhenti menjadi masak dan kulit mudah untuk dikelupas.

d. Perlahan kupas kulit telur hingga bersih. Telur bisa dinikmati segera atau dimasukkan ke dalam kulkas bila ingin dinikmati di lain waktu.

3 dari 8 halaman

3. Cara Merebus Telur Agar Tidak Pecah

a. Pastikan telur yang akan kamu rebus adalah telur bersuhu ruangan atau tidak berasal dari tempat pendingin (kulkas). Perbedaan suhu yang sangat kontras akan menyebabkan telur mudah retak.

b. Rebus telur dalam air biasa dan tidak mendidih. Hal ini dilakukan karena air mendidih cenderung tidak tenang dan mengakibatkan telur bergejolah dan saling bergesekan dalam dinding panci. Jika air dalam kondisi sudah mendidih, maka matikan dulu api kompor dan tunggu airnya tenang, baru masukkan telurnya.

Untuk lebih lengkapya kamu bisa melihat video berikut ini.

 

4 dari 8 halaman

4. Cara Merebus Telur Asin

Ilustrasi Telur Asin © Diadona

Bahan:
- 12 butir telur bebek
- 500 gram garam
- 1 1/2 liter air
- Toples yang dapat ditutup rapat

Cara merebus telur asin:

a. Rendam telur dalam air selama 2 menit. Jika ada telur yang mengapung, buang saja, karena telur tidak bagus.

b. Bersihkan telur hingga bersih. Hati-hati saat membersihkannya agar kulit telur tidak pecah atau retak. Keringkan telur.

b. Anda bisa memilih untuk mengamplasnya atau tidak. Cara ini dilakukan agar garam dapat lebih mudah meresap karena pori-pori telur terbuka.

c. Larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Masukkan dalam toples yang dapat ditutup rapat.

d. Masukkan telur perlahan-lahan. Pastikan telur terendam semua. Beri jarak 2 cm dari permukaan. Rendam selama 10-12 hari. Jika ingin rasa lebih asin rendam hingga maksimal 42 hari atau 6 minggu.

e. Selama proses perendaman, jauhkan dari cahaya matahari. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil. Jangan sampai air mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 ½ jam.

5 dari 8 halaman

5. Cara Merebus Telur Puyuh

Ilustrasi Telur Puyuh © Diadona

Bahan:
- 20 butir telur puyuh
- Secukupnya air
- Siapkan panci dan penutupnya

Cara merebus telur puyuh:

a. Masukan air dan telur puyuh ke dalam panci. Letakkan panci di atas kompor dan rebus dengan api besar selama 3 menit. Kecilkan api, lanjutkan merebus selama 2 menit.

b. Setelah 5 menit, matikan api kompor dan biarkan panci berada di atasnya. Tutup panci jangan dibuka, biarkan telur di dalam panci selama 10-15 menit hingga airnya hangat.

c. Selanjutnya ambil telur puyuh dan masukkan ke dalam air dingin. Telur puyuh siap dikupas dan di olah.

6 dari 8 halaman

6. Cara Merebus Telur Agar Mudah Dikupas

Ilustrasi Telur Mudah Dikupas © Diadona

a. Letakkan telur ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya hingga menutupi telur. Rebus telur dengan api sedang, matikan api dan kemudian tutup pancinya.

b. Diamkan telur selama 12 menit. Tiriskan dan pindahkan telur ke dalam mangkuk air es hingga dingin selama 5-10 menit. Telur bisa ditaruh ke lemari pendingin hingga satu minggu.

7 dari 8 halaman

7. Cara Merebus Telur Ayam

Ilustrasi Telur Ayam © Diadona

Bahan:
- 4 butir telur ayam
- 400 ml air

Cara merebus telur ayam:

a. Rebus telur dalam wadah panci tertutup selama 2 menit dalam api besar. Setelah itu kecilkan api dan rebus kembali selama 3 menit dalam api kecil

b. Matikan kompor dan diamkan selama 9 menit di dalam panci tertutup di atas kompor. Selanjutnya telur siap di kupas.

8 dari 8 halaman

8. Cara Merebus Putih Telur

Ilustrasi Telur © Diadona

Bahan:
- 20 butir telur ayam, ambil putihnya
- 3 liter air mentah untuk merebus
- 6 plastik 1/4-an yang tebal
- Karet

Cara merebus putih telur:

a. Sisihkan telur putih lalu masukkan telur putih ke dalam plastik ukur sesuai takaranatau sesuai selera.

b. Kencangkan dengan karet. Panaskan air hingga mendidih, masukkan telur yang sudah dibungkus di plastik. Masak hingga keras dan matang.

Nah, itulah resep mudah cara merebus telur ayam, asin, dan puyuh setengah matang agar tidak pecah dan mudah dikupas. Sekarang kamu tidak perlu ribet lagi dan mengeluh untuk mengupas telur. Yuk, segera dipraktikkan ya, dijamin resep ini akan sangat memudahkanmu dalam berkreasi dengan aneka olahan jenis telur!

Baca juga yuk: 8 Cara Membuat Tumis Kangkung Pedas Special Enak Dengan Saori Saus Tiram Dan Terasi Sederhana

Beri Komentar