8 Cara Membuat Pizza Rumahan dengan Teflon dan Oven yang Enak dan Mudah Tanpa Ragi

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 16 Maret 2020 23:29
8 Cara Membuat Pizza Rumahan dengan Teflon dan Oven yang Enak dan Mudah Tanpa Ragi
Ingin makan pizza? Nggak perlu mahal, buat saja sendiri di rumah!

Ingin makan olahan hits kekinian? Ingin menikmati kelezatan pizza tapi budget nggak mumpuni? Eits, jangan rbersedih, buat saja pizza rumahan yang lezat sendiri!

Tenang, nggak perlu mahal kok. Kamu bisa bengat membuat olahan pizza ini dengan alat dan bahan sederhana di rumah. Dijamin kamu dan keluarga atau pasangan akan suka. Olahan pizza rumahan ini sangat cocok banget kamu hidangkan untuk acara special. Kamu juga bisa mengenang moment indah bersama doi. Wah, bakal makin disayang, dong.

Kamu pastinya sudah tahu mengenai olahan pizza yang terkenal dari Italia ini. Olahan makanan yang terbuat dari bahan tepung terigu dengan ragi serta diolesi saus bolognese ini menjadi makanan yang disukai semua kalangan. Tak hanya itu, olahan pizza menjadi brand makanan mahal yang biasanya hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu.

Namun, kamu yang sedang dalam masa low budget juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Nggak perlu khawatir gagal, kamu bisa langsung mempraktikkan resep cara membuat pizza rumahan yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Pizza Rumahan dengan Teflon

Ilustrasi Pizza Rumahan dengan Teflon © Diadona

Anti ribet dan sangat simple! Kamu tentunya bisa memanfaatkan teflon sederhana di rumah untuk membuat pizza sederhana super lezat ini. Nggak perlu lagi tuh beli pizza mahal-mahal di luar sana. Yuk, simak resep cara membuat pizza rumahan dengan teflon sederhana berikut ini.

Bahan:
Bahan dough:
- 350 gram tepung terigu
- 7 gram ragi instan
- 60 gram gula
- 175 ml air hangat
- 45 gram mentega, lelehkan
- 1 butir telur ayam
- 1 bungkus susu bubuk putih
- 1/2 sdt garam

Bahan topping:
- Saos bolognese instan
- Sosis
- Tuna
- Bawang bombay
- Bawang merah
- Daun bawang
- Keju kraft, Quick Melt

Cara membuat pizza rumahan dengan teflon:

  1. Masukkan ragi ke dalam wadah, tambahkan 60 gram gula, 175 ml air hangat dan tunggu selama 15 menit hingga ragi berbusa. Sambil menunggu ragi, campur bahan kering seperti tepung terigu, gula, garam dan susu bubuk, kemudian aduk hingga rata.
  2. Masukkan ragi ke dalam bahan kering, aduk rata dengan sendok. Tambahkan bahan telur, aduk rata. Tambahkan juga mentega cair dan aduk lagi hingga rata dengan tangan sambil diuleni. Tutup adonan dengan serbet lembab selama 1 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
  3. Olesi teflon dengan minyak goreng. Ambil adonan secukupnya lalu pipihkan mengikuti bentuk teflon dengan ketebalan sesuai selera.
  4. Tusuk-tusuk adonan menggunakan garpu, olesi dengan saos bolognese, tambahkan sosis, tuna, bawang bombay, bawang merah dan daun bawang. Tambahkan keju Quick Melt secukupnya.
  5. Tutup adonan dengan penutup teflon, panggang dengan api kecil hingga keju terlihat meleleh. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Pizza Mini Rumahan

Ilustrasi Pizza Mini Rumahan © Diadona

Jika kamu tidak ingin ribet, maka buat saja pizza rumahan varian mininya. Lebih praktis dengan membuat bulatan kecil dan kamu akan mendapatkan jumlah porsi yang banyak sesuai selera. Selain hemat pizza yang kamu buat akan lebih terjamin kebersihannya. Simak saja langsung resep cara membuat pizza rumahan mini berikut ini. 

Bahan:
- 500 gram tepung terigu
- 2 sdt garam
- 4 sdm minyak
- Air secukupnya

Bahan biang:
- 2 1/2 sdm gula pasir
- 7 gram ragi instan
- Air hangat secukupnya

Bahan topping:
- Sosis sapi, potong-potong
- Keju quick melt, parut
- Saos pasta pedas
- Mayonaise
- Saos sambal
- Bawang bombay, iris
- Bubuk origano

Cara membuat pizza rumahan (mini):

  1. Campurkan bahan biang lalu aduk-aduk. Diamkan selama 10 menit hingga mengembang. Buat dog pizza dengan cara campur bahan tepung, garam dan bahan biang. Aduk dan tambahkan air secukupnya lalu uleni setengah kalis. Masukkan minyak goreng dan uleni lagi hingga lembut dan kalis.
  2. Tutup dengan plastik wrap dan diamkan selama 30-45 menit hingga mengembang 2 kali lipat. Kempeskan adonan dan bagi menjadi bulatan kecil untuk dipipihkan, jangan lupa untuk tusuk dengan garpu di bagian tengahnya.
  3. Beri saos pasta, keju, bawang bombay, dan bubuk origano. Panggang selama 20-25 menit sesuai oven masing-masing dengan suhu 180 derajat celsius. Setelah matang, beri saos sambal dan mayonaise di atasnya. Pizza mini rumahan siap dihidangkan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Pizza Rumahan dengan Oven

Ilustrasi Pizza Rumahan dengan Oven © Diadona

Selain dengan teflon, kamu bisa banget membuat olahan pizza rumahan dengan menggunakan oven sederhana yang kamu miliki di rumah. Dijamin kamu akan suka dan ketagihan dengan perpaduan lembut adonan, saus dan kejunya. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat pizza rumahan dengan oven di bawah ini.

Bahan:
- 1/4 kg tepung terigu
- 1 sdm gula
- 1 sdt garam
- 1 sdt ragi
- 2 sdm mentega
- 1/2 gelas air hangat
- 2 buah sosis
- 2 potong dada ayam, tumis sebentar dengan sedikit mentega
- 1/2 potongan bawang bombay
- 1/2 potongan paprika merah
- Secukupnya saus bolognes
- Secukupnya mayonaise
- Secukupnya oregano
- Secukupnya keju parut

Cara membuat pizza rumahan dengan oven:

  1. Buat bahan dough dengan cara campur terigu, gula, garam dan mentega. Aduk rata dan tambahkan ragi yang sudah diaktifkan dengan air hangat.
  2. Aduk rata dan tambahkan air sesuai dengan adonan. Uleni hingga kalis dan elastis lalu diamkan selama 30 menit. Kempeskan adonan kemudian ratakan di atas loyang dan beri tusukan pada adonan menggunakan garpu.
  3. Tambahkan saos bolognes, ratakan hingga seluruh permukaan adonan. Susun topping sesuai selera. Oven adonan selama 35 menit api atas bawah sesuai dengan oven masing-masing.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Pizza Rumahan Tanpa Oven

Ilustrasi Pizza Rumahan Tanpa Oven © Diadona

Nggak perlu khawatir, kamu tetap bisa membuat olahan pizza di rumah walau tanpa menggunakan oven sekalipun. 'Mudah, lezat dan murah', yuk langsung saja deh simak resep cara membuat pizza rumahan tanpa oven berikut.

Bahan:
- 250 terigu protein tinggi
- 1 1/2 sdt ragi instan
- 50 gram gula
- 2 sdm minyak sayur
- 2 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt garam
- 150 ml air hangat

Bahan topping:
- 3 buah tomat dibuang biji, cincang kecil2
- 4 sdm saus tomat
- 1 buah bombay
- 3 siung bawang putih
- 100 gram daging giling/kornet
- 4 buah sosis, iris
- Keju mozarella/quick melt
- Keju parut
- Mayonaise

Cara membuat pizza rumahan tanpa oven:

  1. Campur bahan terigu dengan susu bubuk dan garam. Buat biang dengan cara larutkan ragi dan gula dengan 50 ml air hangat. Aduk dan diamkan hingga berbusa.
  2. Tuang larutan biang ke dalam tepung, uleni sambil ditambahkan air dan minyak. Uleni hingga kalis dan elastis. Istirahatkan selama 1 jam hingga adonan mengembang, jangan lupa untuk menutup adonan dengan serbet bersih yang lembab.
  3. Buat saus dengan cara tumis bawang putih cincang hingga wangi. Tambahkan 1/2 bawang bombay yang sudah dicincang halus. Jika sudah layu, maka masukkan daging giling dan tumis terus. Tambahkan tomat cincang lalu aduk hingga tomat layu.
  4. Tambahkan saos tomat dan beri air sedikit. Tambahkan garam, gula dan lada bubuk. Tes rasa sesuai selera yang diinginkan.
  5. Kempeskan adonan yang tadi didiamkan, gilas hingga ketebalan yang diinginkan. Olesi adonan dengan saos yang ditumis tadi. Taburi keju quick melt lalu tambahkan sosis, potongan bombay, dan mayonaise.
  6. Panggang adonan dengan api kecil dan tutup rapat selama 10 menit hingga matang. Taburi lagi dengan keju parut lalu hidangkan.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Pizza Hut Rumahan

Ilustrasi Pizza Hut Rumahan © Diadona

Siapa sih yang ngak tahu 'Brand Pizza Hut' yang enak dan disukai semua kalangan itu? Kamu bisa banget kok membuatnya sendiri di rumah dengan bahan sederhana. Nggak perlu ribet, simak saja langsung resep cara membuat pizza rumahan ala Brand Pizza Hut di bawah ini.

Bahan:
Bahan dough:
- 130 ml air hangat
- 1 1/2 sdt gula pasir
- 3 gr ragi
- 250 gr tepung protein tinggi (cakra kembar)
- 4 gr susu bubuk
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 2 sdm minyak sayur

Bahan saos:
- 5 sdm saus tomat
- 1 sdm saos cabai
- 1/2 sdt oregano
- 1/2 sdt gula pasir
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt garam
- 15 gr bawang bombay, iris

Topping (sesuai selera):
- Keju mozzarella
- Sosis
- Jagung
- Paprika

Cara membuat pizza rumahan (Hut):

  1. Campurkan dalam wadah bahan air hangat, gula pasir dan ragi. Tutup gelas dan diamkan selama 15 menit. Siapkan wadah yang berbeda dan masukkan tepung terigu, susu bubuk dan sedikit demi sedikit ragi yang telah berbusa. Aduk dan uleni dengan tangan.
  2. Masukkan garam, kaldu bubuk dan minyak sayur. Aduk hingga adonan kalis kemudian diamkan dengan plastik wrap atau kain selama 45 menit.
  3. Buat adonan, siapkan wadah dan campurkan semua bahan, aduk rata. Setelah mengembang, kempeskan adonan lalu pipihkan di atas loyang dan tusuk menggunakan garpu.
  4. Oleskan saos dan taburi topping. Diamkan selama 10 menit, lalu oven dengan suhu 180 derajat celsius selama 25 menit dan pizaa siap disajikan.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Pizza Enak Rumahan

Ilustrasi Pizza Enak Rumahan © Diadona

Ketika kamu ingin memakan olahan lezat pizza, kamu juga bisa membuatnya dengan mudah di rumah dengan bahan sederhana. Nggak perlu mahal dan tentunya kamu akan menyukainya. Daripada kamu ribet dan bingung untuk melakukan aktivitas apa di rumah, mending berkreasi sendiri dengan resep cara membuat pizza rumahan yang enak di bawah ini.

Bahan:
Bahan topping:
- 6 smoked beef, potong kotak
- 1 sosis rasa sapi, potong kecil
- 1 bawang putih, geprek dan hancurkan
- Secukupnya bawang bombay
- Secukupnya paprika hijau
- Secukupnya paprika merah
- 10 biji jamur kancing
- Keju Mozzarella sesuai selera
- Saus bolognese instan

Bahan dough:
- 3 gram ragi instan
- 5 gram gula pasir
- 150 ml air hangat
- 200 gram tepung terigu
- Sejumput garam
- 1 sdm minyak sayur

Cara membuat pizza enak rumahan:

  1. Campurkan ragi instan dengan gula dan air hangat. Aduk dan diamkan hingga mengembang atau tunggu sekitar 15 menit. Siapkan tepung terigu, sejumput garam, dan ragi yang sudah mengembang sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga setengah kalis.
  2. Tambahkan minyak sayur, uleni hingga benar-benar kalis. Siapkan wadah yang sudah diolesi minyak. Bulatkan dough lalu simpan dalam wadah. Tutup rapat dengan plastik wrap. Diamkan selama 45 menit.
  3. Sambil menunggu adonan dough mengembang, siapkan topping sesuai selera. Setelah 45 menit kempiskan adonan dan uleni lagi pelan-pelan.
  4. Bentuk dough dalam loyang, sisakan juga adonan untuk pinggirannya agar lebih tebal. Tusuk adonan yang telah dibentuk dengan garpu.
  5. Tambahkan saos bolognese di atasnya lalu tambahkan juga daun oregano sesuai selera. Susun keju mozzarella, lalu tambahkan bawang putih secara merata.
  6. Susun lagi bawang bombay, smoked beef, paprika hijau, jamur kancing, paprika merah, sosis dan tambahkan juga keju mozarella. Diamkan selama 10 menit.
  7. Panaskan oven sebelum dipakai selama 10 menit, lalu masukkan adonan pizza dalam suhu 200 derajat celsius selama 25 menit menggunakan api atas bawah. Pizza rumahan enak siap disajikan.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Pizza Rumahan Mudah

Ilustrasi Pizza Rumahan Mudah © Diadona

Siapa bilang, membuat olahan pizza harus memerlukan skill dewa, cukup dengan bahan dan alat sederhana di rumah, kamu bisa langsung menikmati olahan lezat pizza rumahan bersama orang tercinta. Langsung saja deh, simak resep cara membuat pizza rumahan yang mudah berikut ini.

Bahan:
- 200 gram tepung cakra, protein tinggi
- 1 sdt ragi instan
- 1 sdt garam
- 1 bungkus susu bubuk dancow putih
- 1 sdm gula
- 20 ml minyak goreng
- Saus bolognese
- Keju parut sesuai selera
- Daging cincang
- Bawang bombay
- Sosis
- Daun oregano
- 125 cc air hangat
- Margarin

Cara membuat pizza rumahan mudah:

  1. Larutkan ragi dan gula pada air hangat, tunggu 15 menit hingga air berbusa. Siapkan topping pizza, tumis bawang bombay, sosis, dan daging cincang, lalu sisihkan.
  2. Campur tepung, garam dan susu bubuk dalam wadah. Aduk bahan dan tambahkan pula air gula hingga merata. Beri minyak dan uleni hingga kalis.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat dan letakkan dalam wadah yang telah diolesi minyak. Tutup dengan serbet basah dan tunggu selama 15 menit hingga adonan mengembang.
  4. Pipihkan dalam wajan teflon yang diolesi margarin lalu tusuk dengan garpu. Olesi adonan dengan saos bolognese dan tata topping sesuai selera di atasnya.
  5. Masak pada kompor dengan api kecil selama 15 menit dengan teflon ditutup. Cek dasar adonan dan pastikan tidak gosong, pizza siap disajikan.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Pizza Rumahan Tanpa Ragi

Ilustrasi Pizza Rumahan Tanpa Ragi © Diadona

Membuat pizza juga bisa dilakukan walau tanpa bahan ragi. Mudah dan anti ribet, kamu tetap bisa menikmati olahan hits kekinian pizza di rumah. Yuk, janagn mager, langsung saja berkreasi di dapur dengan mempraktikkan resep cara membuat pizza rumahan tanpa ragi di bawah ini.

Bahan:
- 200 gram tepung
- 1 butir telur
- 2 sdm margarin
- Gula dan garam secukupnya
- Air secukupnya
- 1 buah tomat cincang
- 1/2 buah bawang bombay, cincang
- 1 siung bawang putih, cincang
- 3 sdm saos tomat
- 1 sdm saos cabe
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya
- Merica secukupnya
- 100 gram daging sapi cincang
- secukupnya minyak atau margarin untuk menumis
- Keju secukupnya
- Mayonaes secukupnya
- Saos cabe sebagai pelengkap

Cara membuat pizza rumahan tanpa ragi:

  1. Campur bahan tepung, margarin, gula, garam dan telur. Beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan tomat hingga harum.
  2. Tambahkan air dan daging cincang, masak hingga tomat hancur. Beri saos tomat, saos cabe, gula, garam, kaldu bubuk dan merica. Tes rasa lalu matikan api dan sisihkan dahulu.
  3. Bentuk adonan roti menjadi bulat pipih dengan tebal sekitar 3 mm. Olesi teflon menggunakann margarin dan letakan adonan di wajan. Beri saos yang telah dibuat tadi, keju dan mayonais. Panggang dengan api kecil dan tutup wajan. Biarkan matang hingga merata dan siap disajikan.

Itulah beberapa resep cara mmembuat pizza rumahan yang bisa kamu buat sendiri. Dijamin kamu akan suka dan nggak bisa berhenti untuk ngunyah. Keju dan saos bolognesenya sangat nendang di lidah. Bagaimana, tertarik membuatnya?

Baca juga yuk: Unik, Ada Dawet Terbuat Dari Ikan Lele, Gimana Rasanya ya?

Beri Komentar