8 Cara Membuat Es Campur Buah Susu Sederhana dengan Air Gula, Santan, dan Sirup Special yang Enak

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 27 Maret 2020 00:05
8 Cara Membuat Es Campur Buah Susu Sederhana dengan Air Gula, Santan, dan Sirup Special yang Enak
Panas-panas memang cocoknya dengan olahan yang seger-seger. Nah, pas banget, yuk buat saja es campur di rumah!

Banyak sekali olahan es yang sering kita temui, diantaranya seperti es dawet, es cendol, es pleret, es teler, es buah, es cincau, es pisang ijo, dan banyak lagi jenisnya. Tapi, kamu pasti sudah sering dong mendengar salah satu olahan es yang tak lekang oleh waktu. Yap, sajian es campur merupakan salah satu olahan pelepas dahaga di siang bolong. Tak tanggung-tangung, banyak banget pedagang yang memilih profesi sebagai penjual es campur karena memang banyak diminati oleh mayoritas penduduk Indonesia. Sudah tahu sendiri dong, gimana panasnya bumi pertiwi ini, hehe...

Susu kental manis, sejarahnya di Indonesia, di sini.

Nah, dari pada kamu beli, dan mungkin kamu nggak tahu kan bagaimana sajian itu diolah? Apalagi sekarang lagi musim-musimnya wabah virus COVID-19 yang belum tahu sampai kapan akan mereda. Untuk itu, mending buat sendiri sajian es campur yang manis dan segar ini d rumah. Cara membuatnya sangatlah gampang kok. Dijamin nggak bakal ribet dan mudah banget untuk dipraktikkan. Yuk, bergegas dan ngak boleh mager! Simak resep selengkapnya cara membuat es campur yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 8 halaman

1. Cara Membuat Es Campur Buah Susu

Ilustrasi Es Buah Campur Susu © Diadona

Sajian es campur pertama bisa kamu buat dengan menggunakan beberapa bahan buah dan susu. Kamu juga bisa menambahkan sirup melon dalam kuahnya. Dijamin tambah manis dan segar. Sangat pas sebagai sajian penghilang dahaga di siang hari yang terik. Yuk langsung saja simak resep cara membuat es campur buah susu berikut ini.

Bahan:
- 1/4 buah melon
- 1/4 buah nanas
- Cincau hitam
- Susu skm putih
- Sirup melon
- Es batu
- Air putih

Cara membuat es campur buah susu:

Potong bahan buah dan cincau. Masukkan ke dalam wadah, tambahkan es batu, susu dan sirup, beri juga air putih. Tes rasa sesuai selera kadar manisnya. Es campur buah susu siap disajikan.

2 dari 8 halaman

2. Cara Membuat Es Campur Sederhana

Ilustrasi Es Campur Sederhana © Diadona

Es campur sederhana bisa kamu buat juga di rumah dengan bahan yang mudah didapatkan. Cukup dengan buah naga, kolang kaling, natadecoco, dan susu kental manis. Kamu bisa mencampurkan bahan tersebut dengan air dan es batu secukupnya. Dijamin, rasa dahaga lagsung hilang dan bikin lega tenggorokan. Hem, apalagi kamu menikmatinya dengan keluarga tercinta. Tambah seru pastinya! Yuk, simak saja langsung resep cara membuat es campur sederhana berikut ini.

Bahan:
- 1/2 buah naga, potong-potong
- 2 sdm kolang kaling, yang sudah dimasak
- 2 sdm natadecoco
- Susu kental manis
- Air matang secukupnya
- Es batu

Cara membuat es campur sederhana:

Taruh dalam wadah bahan buah naga, kolang kaling, natadecoco, dan susu kental manis. Tambahkan air secukupnya lalu aduk rata. Beri es dan siap disajikan.

3 dari 8 halaman

3. Cara Membuat Es Campur yang Enak

Ilustrasi Es Campur yang Enak © Diadona

Es campur dengan isian bahan alpukat, cincau, kelapa muda dan jelly ini juga bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas rasa dahaga. Kamu tentunya harus membuatnya sendiri di rumah dengan resep mudah cara membuat es campur enak di bawah ini. Dijamin manis, segar, anti ribet dan tentunya kamu pasti suka!

Bahan:
- 1 buah alpukat
- Cincau
- Kelapa muda
- Jelly siap saji
- Susu krimer
- Gula yg sudah direbus
- Es batu

Cara membuat es campur yang enak:

Siapkan wadah kemudian kerok alpukat dan ambil dagingnya. Campurkan cincau, kelapa muda, dan jelly. Tambahkan susu dan gula ke dalam wadah. Beri es batu dan siap untuk disajikan.

4 dari 8 halaman

4. Cara Membuat Es Campur Santan

Ilustrasi Es Campur Santan © Diadona

Kamu juga bisa menambahkan bahan santan ke dalam sajian es campur buatanmu di rumah. Perpaduan rasa segar, gurih dan manisnya semakin nendang, apalagi kamu menambahkan juga bahan susu kental manis, hem... tambah lezat dan menyegarkan. Yuk, langsung saja simak resep anti ribet cara membuat es campur berikut ini.

Bahan:
- 3 buah alpukat
- 1 buah naga ukuran sedang
- 1 bungkus nata decoco
- 1 bungkus santan kara kecil
- 4 sdm gula pasir
- 2 bungkus susu kental manis
- Es batu

Cara membuat es campur santan:

  1. Iris semua buah dan masukkan dalam wadah dengan nata decoco.
  2. Masukan santan dan gula ke dalam wadah. Tambahkan juga air secukupnya. Panaskan di atas kompor sambil diaduk, setelah panas lalu angkat dan biarkan dingin.
  3. Campurkan santan ke dalam wadah buah, tambahkan susu kental manis dan es batu lalu siap disajikan.

5 dari 8 halaman

5. Cara Membuat Air Gula untuk Es Campur

Ilustrasi Air Gula © Diadona

Saat membuat olahan es campur, hal yang nggak boleh terlewatkan adalah menyiapkan bahan pemanis berupa air gula. Kamu bisa membuatnya dengan bahan sederhana berupa air, gula dan beberapa lembar daun pandan yang dimasak hingga mendidih dalam panci. Setelah dingin, kamu bisa menyimpannya dalam kulkas agar bisa digunakan di kemudian hari. Yuk, berkreasi dengan resep cara membuat es campur dengan membuat terlebih dahulu air gulanya berikut ini.

Bahan:
- 1 kg gula pasir
- 4 gelas air atau setara dengan 800-1000 ml
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat air gula untuk es campur:

  1. Campur semua bahan kemudian rebus hinga larut sambil terus diaduk. Tunggu hinga air mendidih dan mengental sambil tetap terus diaduk-aduk.
  2. Dinginkan dan masukkan ke dalam wadah tertutup, bisa menggunakan botol. Simpan dalam kulkas dan siap untuk digunakan.

6 dari 8 halaman

6. Cara Membuat Es Campur Special

Ilustrasi Es Campur Special © Diadona

Es campur special bisa banget menjadi pilihan olahan segar di rumah. Kamu bisa banget membuatnya dengan tambahan bahan isian berupa buah melon dan semangka. Kamu juga harus menambahkan bahan sirup, susu kental manis dan santan. Dijamin rasa manis dan sedap perpaduan aroma sirupnya enak dan nendang abis. Simak langsung resep cara membuat es campur special berikut ini.

Bahan:
Bahan isi es:
- 1 buah melon
- 1 buah semangka
- 1 buah cincau
- 1 buah jelly
- 1 potong roti tawar

Bahan kuah es:
- 1 kaleng susu kental manis
- 1 botol sirup sesuai selera
- 1/2 kg gula pasir, rebus hingga mendidih dengan 9 gelas air
- Santan, masak hingga mendidih
- Air secukupnya

Cara membuat es campur special:

  1. Siapkan bahan, iris melon, semangka, cincau, jelly dan roti tawar. Taruh dan racik bahan isi ke dalam mangkok saji.
  2. Masukkan 4 sendok besar rebusan gula ke dalam mangkok, tambahkan es batu secukupya. Masukkan 1 sendok besar santan ke dalam mangkok.
  3. Tambahkan sirup secukupnya, beri air putih sesuai selera. Tuang susu secukupnya dan es campur siap disajikan.

7 dari 8 halaman

7. Cara Membuat Es Buah Campur

Ilustrasi Es Buah Campur © Diadona

Es campur akan menjadi sajian segar saat dihidangkan dengan campuran beberapa buah seperti semangka, melon, dan nangka. Kamu akan merasakan sensasi manis dan asam asli dari buah yang dipadukan dengan sirup manis kuah dari esnya. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat es campur buah berikut ini.

Bahan:
- 2 potong semangka
- 2 potong melon
- 10 buah nangka
- 500 ml susu full cream
- 1-2 bungkus susu kental manis, gunakan sirup marjan lebih enak
- Es batu secukupnya

Cara membuat es campur dengan buah:

  1. Potong dadu buah semangka dan melon, potong kecil buah nangka atau sesuai selera. Siapkan mangkok besar dan masukkan potongan buah.
  2. Tambahkan susu full cream dan susu kental manis. Aduk hingga tercampur rata dan tambahkan es batu. Es campur buah siap disajikan.

8 dari 8 halaman

8. Cara Membuat Sirup Es Campur

Ilustrasi Sirup Es Campur © Diadona

Nah selain air gula sederhana, saat mempraktikkan resep cara membuat es campur ini, salah satunya kamu juga bisa menyiapkan sirup es campur. Sirup dengan bahan gula pasir, air, daun pandan, dan esens frambozen ini akan menambah sedap aroma kuah es buah. Kamu bisa banget membuatnya di rumah dengan resep berikut ini.

Bahan:
- 1 kg gula pasir
- 500 ml air
- 8 tetes pewarna merah tua
- 3 lembar daun pandan, simpulkan
- 1 sdm esens frambozen

Cara membuat sirup es campur:

  1. Rebus gula pasir, air dan daun pandan hingga mendidih lalu matikan api, diamkan hingga dingin. Tambahkan esens frambozen dan pewarna makanan.
  2. Aduk rata lalu tuangkan ke dalam botol dengan tutup rapat. Simpan dalam lemari es dan siap untuk digunakan.

Nah itulah beberapa resep cara membuat es campur buah susu sederhana dengan air gula, santan, dan sirup special yang enak. Pas banget kamu hidangkan untuk keluarga tercinta di rumah. Dijamin anti ribet, mudah, dan simple. Bagaimana, tertarik membuatnya? Yuk, segera persiapkan bahan-bahannya, ya.

Baca juga yuk: Cara Membuat Fla Puding Tanpa Tepung Maizena Dan Telur Sederhana Dengan Susu Kental Manis

Beri Komentar