6 Cara Membuat Tahu Krispi yang Renyah dan Sederhana, Murah dan Mudah Banget Dipraktikkan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 2 Januari 2021 10:51
6 Cara Membuat Tahu Krispi yang Renyah dan Sederhana, Murah dan Mudah Banget Dipraktikkan
Dalam cara membuat tahu krispi, tahapan memasukkan larutan bahan perendam saat tahu sedang digoreng dalam wajan penting banget untuk bikin tahu renyah dan kriuk ala tahu krispi yang dijual

Cara membuat tahu krispi yang benar bakalan menghasilkan sensasi yang renyah saat dimakan karena lapisan tepung di luarnya. Tahu krispi biasanya nggak cuman dijadikan lauk tapi juga camilan serta makanan ringan. Tahu krispi dimakan bersama dengan cocolan sambal atau cabe rawit.

Tahu krispi umumnya dipotong kecil berbentuk dadu, pas untuk satu kali suapan. Cara membuat tahu krispi yang benar bakalan bikin tahu nggak kempes walaupun sudah dingin.

Walaupun cara membuat tahu krispi ini mudah, tapi ada beberapa tahapan penting yang kudu dilakukan. Mungkin itu juga nih yang bikin penjual tahu krispi belum begitu banyak, meski camilan ini punya banyak penggemar.

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Tahu Krispi Renyah dan Sederhana

Cara Membuat Tahu Krispi © Diadona

Kamu yang suka banget sama tahu krispi buatan abang-abang penjual, kayaknya kudu banget cobai resep dan cara membuat tahu krispi dari Nia Bayens berikut ini.

Bahan:
- 10 buah tahu putih

Bahan krispi:
- 50 gr tepung terigu
- 1 sdm maizena, boleh diganti dengan tepung tapioka
- 1/2 sdt baking powder
- 1 sdt kaldu bubuk
- secukupnya garam
- 250 ml air
campur seluruh bahan jadi satu

Cara membuat tahu krispi

Pertama, tentu saja potong tahu sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Masukkan tahu kedalam adonan krispi sampai terendamseluruhnya, kira-kira selama 15 menit aja.

Angkat tahu dan tiriskan. Ingat ya, kudu benar-benar tiris. Selagi meniriskan, kam bisa panaskan minyak goreng dan masukkan tahu ketika minyak udah bener-bener panas.

Saat tahu sudah mulai agak matang, siramkan adonan kremes ke tahu yang masih berada dalam wajan. Diamkan sebentar, trus aduk-aduk. Lakukan dua sampai tiga kali menuang dan aduk sampai benar-benar garing. Angkat dan tiriskan minyaknya.

Dengan cara membuat tahu krispi tersebut, dijamin selain menghasilkan tahu yang renyah juga ada lapisan krispi kriuk di permukaan tahu.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Tahu Krispi Siram Cabai Bawang dan Garam

Cara Membuat Tahu Krispi © Diadona

Tahu krispi dari resep Just Try and Taste ini cocok banget sebagai lauk dimakan dengan sayur bayam yang segar. Nggak perlu pakai sambal lagi karena udah disiram dengan cincangan cabe dan bawang yang membuatnya makin terasa pedas gurih.

Mengutip dari laman Just Try and Taste, yuk intip cara membuat tahu krispi siram cabai bawang garam berikut ini

Bahan:
- 7 kotak tahu ukuran 4 x 4 cm, potong dadu ukuran 1,5 x 1,5 cm, rebus dengan garam
- 2 sdm tepung maizena
- 1 sdm tepung tapioka/sagu
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk atau merica putih biasa

Bahan siram
- 1 bongkah bawang putih (1 buah bawang putih utuh), kupas dan cincang halus
- minyak yang banyak untuk menggoreng bawang putih
- 2 sdm margarine
- 1 sdm minyak
- 8 buah cabai rawit merah, cincang halus
- 5 buah cabai rawit hijau, cincang halus
- 2 buah cabai merah keriting, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica putih bubuk
- 1 batang daun bawang, rajang halus

Cara membuat tahu krispi

Muali dengan menyiapkan tahu dan mencucinya sampai bersih, trus rebus di air garam sampai mendidih. Angkat, tiriskan, potong, trus keringkan tahu agar nggak basah dengan menggunakan tissue.

Masukkan tepung, garam, merica di sebuah wadah trus aduk sampai rata. Masukkan tahu ke tepung tersebut, guncangkan atau gulingkan sampai tahu terlapisi dengan baik.

Siapkan minyak banyak di sebuah wajan, panaskan sampai benar-benar panas ya. Trus masukan tahu. Di awal menggoreng ini, tahu akan saling lengket. biarkan dulu ya karena nantinya tahu tersebut bakalan terlepas dnegan sendirinya.

Cara membuat bahan siraman

Goreng bawang putih dalam minyak banyak mengunakan api kecil. Lakukan penggorengan dengan cepat ya biar nggak gosong. Angkat, tiriskan.

Sisihkan minyak bekas menggoreng bawang dan gunakan untuk memanaskan mentega dan 1 sdm minyak goreng. Tunggu sampai mentega meleleh, lalu masukkan cabai, bawang putih, garam dan setengah cincangan daun bawang. Tumis sampai harum, layu dan matang.

Lakukan proses ini dengan api kecil. Saat bumbu udah terlihat kering, matikan kompor, masukkan bawang putih goreng dan tahu goreng, aduks ampai rata. Voila, jadi deh! Cara membuat tahu krispi dan inovasinya ini gampang banget dan bisa jadi solusi saat kamu malas yang rempong.

3 dari 3 halaman

Tips dan Cara Membuat Tahu Kripsi

Cara Membuat Tahu Krispi © Diadona

Pastikan dalam cara membuat tahu krispi, kamu melakukan langkah-langkah berikut ini:

3. Tambahkan Tepung Maizena atau Pati

Tepung maizena bikin gorengan terasa krispi lho. Ini nggak cuman berlaku dalam cara membuat tahu kripsi aja, melainkan untuk membuat jamur kripsi, ayam krispi dan lainnya. Ini karena tepung maizena mengandung komposisi pati yang ketika terkena panas saat digoreng, maka granula pati yang sebelumnya mengikat air pada bahan makanan, akan mengembang. Molekulnya bakalan saling menjauhi, trus terkunci di tempatnya membentuk jaringan yang kaku, berongga dna rapuh. Karakteristik tersebutlah yang membuat adonan jadi krispi.

4. Tiriskan Tahu

Setelah menrendam tahu dnegan bahan celupan, tiriskan tahu sampai benar-benar tiris dari cairan celupan tersebut ya!

5. Goreng dengan Minyak Banyak

Seperti halnya dengan pembuatan gorengan yang lain, cara membuat tahu krispi harus dilakkan dengan menggorengannya pada minak banyak. Saat pertama kali masuk di wajan, tahu bakalan saling lengket. Teruskan menggoreng sampai kering karena tahu bakalan lepas satu sama lain.

6. Jangan Bolak Balik Tahu saat Masih Basah

Kenapa? Karena ini bakalan bikin lapisan tepung di permukaan tahu jadi lepas. Yah, nggak jadi tahu krispi deh!

Cara membuat tahu kripsi ini adalah langkah yang tepat banget ketika kamu nggak punya camilan dan cuman punya tahu di rumah. Mudah dan murah banget kan?

Beri Komentar