5 Resep dan Cara Membuat Bolu yang Lembut, Cocok untuk Kamu Kreasikan di Rumah

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 26 Oktober 2021 10:00
5 Resep dan Cara Membuat Bolu yang Lembut, Cocok untuk Kamu Kreasikan di Rumah
cara membuat bolu ternyata mudah banget guys.

Bolu adalah jenis kudapan yang cukup banyak diminati banyak orang. Berbagai varian rasanya serta teksturnya yang lembut memang cocok untuk lidah irang banyak. Tak heran, jika banyak yang mencari resep serta cara membuat bolu sendiri untuk dikreasikan di rumah.

Cara membuat bolu sebenarnya cukup mudah. Ya mungkin tetap ada beberapa detail yang ahrus diperhatikan agar bisa menghasilkan bolu yang lembut. Namun, secara garis besar membuat bolu ini cukup mudah bila dibanding membuat kudapan lainnya hehe.

Ada dua cara membuat bolu yang paling umum dilakukan, yakni dengan cara dikukus atau pun di panggang. Kalau untuk variannya sih tergantung selera ya, bisa membuat bolu yang sederhana atau pun dengan rasa-rasa lain seperti pandan atau pun coklat.

Nah, agar kamu nggak kebingungan untuk membuatnya, Diadona.id telah merangkum cara membuat bolu yang lembut ini dari berbagai sumber. Tentu saja ini bisa kamu jadikan referensi ketika kamu membutuhkannya. Jadi, yuk simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Bolu Pandan

Cara Membuat Bolu PandanCara Membuat Bolu Pandan © YouTube/ZaTaYaYummy

Pandan adalah varian cara membuat bolu yang cukup banyak digermari orang. Mempunyai aroma yang wangi tentu saja menjadi salah satu keistimewaan yang ada dalam resep ini. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu sediakan serta cara membuatnya yang bisa kamu lakukan.

Bahan-bahan:

- 175gr tepung terigu
- 150 gr gula pasir
- 175 gr mentega cair
- 10 gr baking powder
- 4 butir telur
- Pasta pandan
- 1 sdt ovalet
- 1 sdm susu

Cara Membuat:

1. Masukkan telur, gula, dan ovalet, mixer sampai adonan mengembang jadi warna putih.

2. Masukkan tepung dan baking powder lalu mixer kembali.

3. Kemudain masukkan pasta pandan, susu kental manis, mentega cair aduk dengan menggunakan spatula.

4. Tuang adonana ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan sedikit taburan tepung.

5. Oven selama 40-50 menit pada suhu 180 derajat celcius. Selanjutnya pada 10 menit terakhir kurangi suhu menjadi 150 derajat untuk mencegah kue tidak gosong.

6. Keluarkan bolu biarkan dingin dahulu, lalu potong.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Bolu Kukus Coklat

Cara membuat Bolu CoklatCara membuat Bolu Coklat © Solangelavander.com

Selain bolu pandan, cara membuat bolu kukus coklat juga cukup banyak diminati orang loh. Apalagi para penikmat kudapan coklat. Perpaduan rasa soklat serta tekstur kue yang lembut tentu bikin nagih. Jadi, yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

- 100 gram tepung terigu
- 100 gram gula pasir
- 200 gram mentega, lelehkan
- 5 butir telur ayam
- 50 gram cokelat bubuk
- 190 ml susu kental manis cokelat
- 1 sdt cake emulsifier
- Loyang kue sesuai selera

Cara membuat:

1. Ayak tepung terigu, sisihkan.
Masukkan gula, telur, dan cake emulsifier dalam wadah lalu kocok menggunakan mixer hingga mengembang.

2. Sambil terus dikocok tambahkan juga cokelat bubuk dan susu kental manis cokelat. Kocok hingga rata.

3. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit, tambahkan mentega yang telah dilelehkan.

4. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega kira-kira sekitar 3/4 tinggi loyang.

5. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang.

6. Diamkan dalam suhu ruangan selama 5 menit lalu keluarkan kue dari loyang.

7. Potong-potong, dan kue bolu pun siap untuk dinikmati.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Bolu Kukus Kopi

Cara Membuat Bolu Kukus KopiCara Membuat Bolu Kukus Kopi © Shutterstock.com

Bolu kopi juga varian bolu yang mempunyai banyak penikmat. Varian ini seperti menjadi pembeda dari varian bolu lain yang gitu-gitu aja. Cara membuat bolu kopi ini pun juga nggak jauh beda dengan bolu biasanya, yuk simak resep dan cara pembuatannya.

Bahan 1:
200 gr gula pasir
4 butir telur ayam
1 sdt SP

Bahan 2:
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder

Bahan 3:
100 ml santan cair
100 ml minyak goreng

Bahan 4:
2 sdm kopi bubuk instan
2 sdm coklat bubuk

Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan 1 ke dalam wadah. Mixer hingga mengembang putih halus dan ringan.

2. Campurkan tepung terigu dan baking powder, ayak. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur, aduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur merata. Lepaskan mixer.

3. Campurkan bahan tiga, tuang perlahan ke dalam adonan sambil diaduk balik menggunakan spatula agar adonan tidak turun.

4. Panaskan kukusan, lapisi tutupnya dengan kain jika menggunakan panci kukus tutup datar agar uap air tidak menetes.

5. Bagi adonan menjadi 3 bagian sama banyak. Campurkan satu adonan dengan coklat bubuk, satu adonan dengan kopi bubuk instan, dan biarkan satu adonan tetap original.

6. Siapkan loyang, oles dengan minyak dan lapisi dasarnya dengan kertas roti agar mudah dikeluarkan.

7. Tuang adonan kopi terlebih dahulu, ratakan dan kukus selama 10 menit. Tes dengan tusuk gigi, jika sudah tidak basah, kecilkan api. Tuangkan adonan coklat di atasnya, kukus lagi selama 10 menit.

8. Jika adonan sudah matang, terakhir tuang adonan original. Ratakan dan kukus selama 20 menit agar semua lapisan matang merata.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Bolu Panggang

Ilustrasi Kue Bolu Panggang BiasaIlustrasi Kue Bolu Panggang Biasa © Pinterest.com/Dapur-ziah

Selain dikukus, cara membut bolu juga bisa dengan dioven atau dipanggang loh. Tentunya rasanya akan jauh lebih gurih dari pada bolu kukus hehe.

Bahan:

- 4 butir telur ayam
- 125 gram gula pasir
- 1 sdt TBM/Ovalet/SP (cake emulsifier)
- 125 gram tepung terigu
- 1/2 kotak vanili bubuk (kira2 1/4 sdt)
- 100 gram margarin (dicairkan)
- 1 sachet kental manis putih
- 1 sdm coklat bubuk (encerkan dengan air panas 3 sdm) (kira-kira 10 gram)

Cara membuat:

1. Olesi cetakan dengan margarin. Jika memanggang pakai oven, panaskan dulu ovennya dengan api sedang. Dan jika memanggangnya pakai baking pan, panaskan alas besinya.

2. Kocok telur, gula dan TBM dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental, putih dan mengembang. Kurangi kecepatan mixer, kocok terus sampai gelembung-gelembungnya berkurang. Matikan mixer.

3. Campur terigu dengan vanili. Lalu masukkan ke dalam kocokan telur sambil diayak dan diaduk menggunakan sendok kayu/spatula hingga tercampur rata. Aduk dengan gerakan ringan dan perlahan.

4. Campur jadi satu margarin cair dan susu kental manis.

5. Lalu masukkan ke dalam adonan, aduk perlahan dari dasar mangkuk menuju permukaan supaya tidak ada cairan margarin yang mengendap di dasar.

6. Tuang 3/4 bagian adonan ke dalam cetakan/baking pan yang sudah disiapkan.

7. Sisa adonan diberi coklat bubuk yang sudah diencerkan dengan air hangat. Aduk perlahan hingga rata.

8. Tuang adonan coklat ke atas adonan sebelumnya. Ratakan dengan garpu hingga membentuk motif.

9. Panggang sampai matang dengan posisi lubang samping terbuka sebagian (supaya bagian atas kue cepat matang juga). Ketika kue mulai hampir matang, posisi lubang dibuka semuanya. Lanjutkan memanggang hingga kue matang sempurna. Gunakan api kecil.

10. Setelah matang, biarkan dingin dulu baru dikeluarkan dari cetakan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Kue Bolu Panggang Mini

Cara Membuat Bolu MiniCara Membuat Bolu Mini © Pixabay.com

Terakhir, cara membuat bolu yang mungkin sangat cocok untuk dilakukan yakni membuat bolu mini. Selain porsinya yang nggak banyak, bolu mini ini juga bisakmu isi ddengan beberapa isian loh.

Bahan:

- 100 gr tepung terigu
- 100 gr gula pasir
- 2 butir telur
- 3 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt SP
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda
- 65 ml santan instan
- Pasta ungu

- Isian:selai kacang merah/sesuai selera

Cara membuat:

1. Mixer telur, gula pasir, SP sampai mengembang.

2. Masukkan susu bubuk, tepung terigu dan santan. Aduk perlahan.

3. Masukan baking powder dan baking soda. Aduk rata. Sisihkan sedikit adonan untuk dicampur dengan pasta ungu.

4. Panaskan panggangan martabak mini dengan api kecil.

5. Tuang adonan sedikit lalu beri 1 sendok penuh selai di tengahnya, kemudian tutup dengan adonan kembali.

6. Beri sedikit adonan pasta ungu di atasnya dan bentuk motif sesuai selera.

7. Panggang sampai matang. Angkat dan sajikan.

Itulah beberapa cara membuat bolu yang bisa kamu lakukan di rumah. Misal kamu mau mengkreasikan dengan caramu sendiri juga bisa kok. Jadi, selamat mencoba ya, semoga berhasil hehe.

Beri Komentar