Masih Bisa Diolah Jadi Sajian Lezat, Sisa Bahan Makanan Jangan Dibuang Ya!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 26 Agustus 2021 15:49
Masih Bisa Diolah Jadi Sajian Lezat, Sisa Bahan Makanan Jangan Dibuang Ya!
Ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk ikut andil dalam mengatasi problem sisa bahan makanan nih, Diazens~

Sisa bahan makanan sering dianggap sebagai hal yang yang ngak ada manfaatnya. Misal nih, di rumah kita pasti banyak terdapat sisa-sisa bahan makanan yang dibuang begitu saja. Bahan-bahan seperti sisa irisan bawang, sisa sayuran yang berlebih, hingga sisa bahan makanan yang setiap hari ada yaitu pinggiran roti dan juga nasi.

Itu baru di level rumah ya, belum lagi di level tempat-tempat penyedia makanan dalam porsi banyak seperti restoran dan juga catering. Akumulasi sisa bahan makanan dari semua tempat tersebut ternyata membuat Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara penghasil sampah sisa makanan.

1 dari 4 halaman

Hal ini tentu saja bukan kabar yang baik buat kita sebagai warga negara. Mau tidak mau kita juga harus terlibat untuk mengatasi problem tersebut. Kita bisa ikut andil dimulai dengan cara yang paling sederhana yaitu dengan memanfaatkan sisa bahan makanan disekitar kita dengan sebaik mungkin.

Mungkin kebanyakan dari kita masih belum terbiasa dengan kegiatan memanfaatkan sisa bahan makanan untuk diolah menjadi sajian makanan yang lezat. Tenang, bagi yang mengalami hal tersebut, kamu bisa mengikuti program #SisaBisa yang sedang diselenggarakan oleh Kirin.

 

Kirin sendiri adalah penyedia berbagai alat kebutuhan dapur dengan kualitas jempolan. Tapi nggak berhenti di situ, Kirin juga memiliki concern sendiri di dunia pangan. Hal itu diwujudkan Kirin dalam program #SisaBisa yang ditujukan untuk memanfaatkan sisa bahan makanan sudah menjadi problem banyak orang.

2 dari 4 halaman

Berawal dari keprihatinan banyaknya sisa makanan yang dihasilan oleh banyak masyrakat di Indonesia, Kirin membuat sebuah program untuk menemani masyarakat dalam mengolah sisa bahan makanan. Bekerja sama dengan berbagai pihak dari berbagai background, Kirin telah membuat karya baru dengan cara mengolah sisa makanan menjadi kreasi baru.

Kirin Indonesia © Diadona

Selain berbagi cara untuk mengolah sisa bahan makanan, Kirin juga menggandeng beberapa tokoh yang concern terhadap food lost dan food waste untuk menumbuhkan semangat dalam menanggulangi sisa-sisa bahan makanan di sekitar kita. Semua kegiatan Kirin #SisaBisa ini bisa dilihat dan diikuti di akun resmi media sosial Kirin yakni di Instagram @kirinindonesia dan juga di chanel Youtube Kirin Official Channel.

Dalam rangka memanfaatkaan sisa bahan makanan, Kirin menggandeng beberapa ahli dan juga content creator untuk berbagi tips serta cara mengolah sisa bahan makanan agar bisa tetap dinikmati seperti bahan makanan yang bukan sisa. Jadi, kamu pantengi aja akun Instagram Kirin ya untuk acara-acara yang akan datang.

3 dari 4 halaman

Hingga kini, program #SisaBisa dari Kirin ini sudah berlajan 6 episode. Program-program yang sudah berjalan tersebut bisa tetap diikuti di akun Instagram Kirin. Untuk selanjutnya, masih ada 3 Episode yang akan dihelat untuk berbagi spirit dalam memanfaatkan sisa bahan makanan di sekitar kita.

Ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk ikut andil dalam mengatasi problem sisa bahan makanan yang jika dibiarkan pastinya akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita kelak.

4 dari 4 halaman

Beri Komentar