5 Resep Cara Membuat Serabi Solo dan Bandung dengan Kuah Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Februari 2020 22:48
5 Resep Cara Membuat Serabi Solo dan Bandung dengan Kuah Sederhana
Olahan kue beras dengan santan gurih yang menggoda. Yuk simak resep cara membuat kue serabi di bawah ini!

Kue serabi merupakan olahan dari tepung deras yang dicampur dengan bahan santan kental dan beberapa taburan kelapa muda serta aroma pandan yang khas. Rasa gurih dan kenyal dengan tekstur bawah sedikit kecoklatan hasil dipanggang ini merupakan ciri khas yang tak terlupakan.

Olahan serabi juga bisa dinikmati dengan kuah segar dan manis dari santan dan gula jawa. Jika kamu pecinta kuliner tradisional, maka kamu harus mencoba olahan yang satu ini. Yap, kamu tentunya bisa membuat olahan sederhana ini di rumah dengan melihat resep cara membuat  serabi di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Serabi Solo

Ilustrasi Kue Serabi © Diadona

Serabi gurih yang berasal dari Solo ini wajib banget kamu coba buat di rumah. Cara membuatnya sangatlah sederhana kok. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat serabi Solo di bawah ini.

Bahan:

- 250 gram tepung beras
- 75 gram gula pasir
- 1 sdt ragi instan
- 600 cc santan kental
- 1 sdt garam
- 2 lembar daun pandan, sobek-sobek dan simpulkan
- 1 butir telur, kocok lepas

Bahan areh:

- 150 ml santan kanil
- 1/2 sdt garam

Bahan taburan:

- Cokelat mesis

Cara membuat serabi Solo:

  1. Masak santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, angkat dan dinginkan. Siapkan wadah, campur tepung beras, gula pasir, dan ragi instan.
  2. Masukkan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung, aduk rata. Diamkan adonan selama 60 menit.
  3. Siapkan wajan dengan api kecil, olesi tipis-tipis dengan minyak sayur. Biarkan panas merata ke seluruh permukaan wajan.
  4. Tuang sesendok sayur adonan ke dalam wajan, tekan bagian tengahnya dengan pantat sendok untuk membentuk renda di pinggirannya.
  5. Biarkan hingga kue berlubang, olesi dengan areh dan taburi dengan cokelat mesis. Tutup wajan dan tunggu hingga kue matang. Angkat dan nikmati selagi hangat.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Serabi

Ilustrasi Kue Serabi © Diadona

Olahan khas dengan rasa gurih santan dengan beberapa bahan tambahan ragi, garam, dan gula menjadikan serabi menu tradisional yang menggugah selera. Simak resep selengkapnya cara membuat serabi di bawah ini.

Bahan:

- 15 Sdm Tepung Beras
- 1 Butir Kelapa
- 1/2 Sdt Ragi (Fermipan)
- Secukupnya Garam
- 1 Lembar Daun Pandan
- Secukupnya Gula Pasir (sesuai selera)

Bahan areh:

- 200 ml santan kental

Cara membuat kue serabi:

  1. Parut kelapa kemudian ambil 500 ml santan. Didihkan santan dan gula. Masukkan daun pandan. Angkat dan tunggu sampai santan hangat kuku
  2. Campurkan tepung beras dan ragi instan. Masukkan santan sedikit demi sedikit sampai selesai. Diamkan selama 1 jam.
  3. Siapkan wajan kecil. Masukkan 1 sendok sayur adonan, tutup. Tunggu sampai serabi hingga matang.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Serabi Kuah

Ilustrasi Kue Serabi © Diadona

Serabi yang gurih akan semakin nikmat saat didominasi rasa manis dan segar dari kuah santan dan gula jawa tanpa menghilangkan rasa asli dari serabi itu sendiri. Langsung saja simak resep cara membuat serabi kuah di bawah ini.

Bahan:

- 150 gram tepung terigu
- 50 gram tepung beras
- 25 gram gula pasir
- 1 butir telur
- 1/2 sdm ragi instan
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 250 ml santan
- Pasta pandan secukupnya

Kuah santan:

- 300 ml santan
- 70 gram gula merah atau sesuai selera
- 1/2 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat serabi kuah:

  1. Campur semua bahan lalu aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil. Saring, diamkan adonan selama kuarang lebih 30 menit.
  2. Aduk ringan adonan serabi. Panaskan teflon. Tuang 1 sendok sayur adonan. Biarkan hingga muncul gelembung-gelembung. Tunggu hingga bawah serabi kecoklatan.
  3. Angkat serabi dan jangan dibalik. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Buat kuah dengan cara masak semua bahan hingga gula larut dan mendidih. Ambil serabi, tuang dengan kuah santan, sajikan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Serabi Bandung

Ilustrasi Kue Serabi © Diadona

Selain Solo, serabi juga terkenal dengan olahan khas dari Bandung. Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya cara membuat serabi Bandung di bawah ini.

Bahan:

- 225 gram tepung beras haluskan sendiri
- 25 gram tepung tapioka
- 100 gram kelapa muda kupas parut
- 1 sdt peres garam
- 500-550 ml santan

Cara membuat serabi Bandung:

  1. Uleni tepung dan kelapa parut dengan 200 ml santan sekitar 10 menit. Masukkan sisa santan, kocok dengan whisk hingga menghasilkan banyak gelembung/busa.
  2. Diamkan adonan minimal selama dua jam. Siapkan cetakan serabi, olesi cetakan dengan minyak sayur, panaskan dengan api sedang cenderung besar hingga jika diciprati air akan berdesis.
  3. Tuang adonan, tutup dengan tutup yang juga sudah dipanaskan. Gunakan api yang cukup besarnya, api kecil membuat bagian bawah serabi menjadi alot, api yang terlalu besar membuat serabi cepat gosong meski bagian tengahnya masih mentah.

Catatan: Hasil terbaik didapat dari tepung beras baru yang baru digiling langsung dipergunakan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Serabi Oncom

Ilustrasi Kue Serabi © Diadona

Serabi oncom adalah olahan yang terkenal dari Bandung. Lezatnya oncom dengan beberapa bahan bumbu yang dijadikan topping akan menjadikan serabi yang semakin nikmat. Simak resep cara membuat serabi oncom di bawah ini. Selamat mencoba!

Bahan:

- 125 gram tepung beras
- 125 gram tepung terigu
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdt baking pawder
- 1 saset santan kara, enxerkan menjadi 500 cc santan

Bahan sambel oncom:

- 3 potong oncom digoreng
- 5 buah cabe rawit
- 2 siung bawang putih
- 2 cm kencur
- 1/2 sendok makan garam atau secukupnya
- 1/2 sendok makan gula pasir

Cara membuat serabi oncom:

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, garam, baking powder lalu aduk rata. Masukkan santan sedikit2, aduk menggunakan whisk supaya adonan tercampur rata dan lembut, diamkan adonan selama 1 jam.
  2. Sambil menunggu adonan, buat sambel oncomnya dengan cara ulek cabe rawit, bawang putih, kencur, garam dan gula pasir sampai halus kemudian ulek oncom sampai hancur dan tercampur rata dengan bumbu. Setelah 1 jam, panaskan wajan kecil atau teflon ukuran paling kecil.
  3. Masukkan 1 sendok sayur yang kecil adonan, masak hingga keluar lubang- lubang kecil dan pinggiran kering, lalu taruh diatasnya sambel oncom, angkat.

Demikaian beberapa resep secerhana cara membuat serabi yang tentunya mudah untuk kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana menurut pendapat kamu tentang makanan tradisional serabi ini? Jawab di kolom komentar ya!

Beri Komentar