5 Resep Cara Membuat Roti Tawar Burger, Puding, Pizza, hingga Dikukus Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 Januari 2020 15:55
5 Resep Cara Membuat Roti Tawar Burger, Puding, Pizza, hingga Dikukus Sederhana
Salah satu makanan roti yang bisa diolah untuk berbagai makanan seperti pizza, burger, dan Puding Sederhana. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sih yang nggak familiar dengan makanan roti satu ini. Yap benar, roti tawar merupakan salah satu makanan terbuat dari tepung gandum yang mengenyangkan. Roti tawar sendiri merupakan salah satu bahan yang dipilih kebanyakan orang untuk membuat sarapan praktis di pagi hari.

Jika kamu biasanya membuat olahan roti tawar bakar atau sekedar dioles dengan selai nanas atau stroberi, maka kamu harus mencoba beberapa resep olahan cara membuat roti tawar di bawah ini. Penasaran bagaimana cara membuat roti tawar pizza, burger dan puding sederhana? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Burger Sederhana dari Roti Tawar

Ilustrasi Burger Roti Tawar © Diadona

Salah satu menu yang bisa kamu buat dengan menggunaan bahan roti tawar adalah burger. Cara membuat burger roti tawar sangat sederhana. Kamu tentunya bisa mempraktikkannya sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat roti tawar burger di bawah ini.

Bahan:

- 2 lembar roti tawar
- Secukupnya margarin
- 1 potong beef burger
- Secukupnya saus tomat, saus sambal, dan mayonnaise
- 2 lembar selada
- 1/2 buah timun, potong tipis
- 1 buah romat, potong tipis

Cara membuat roti tawar untuk burger:

  1. Pangang beef burger dengan margarin hingga masak. Kemudian angkat dan tiriskan. Siapkan satu lembar roti tawar. Letakkan satu lembar selada di atasnya, tambahkan potongan tomat dan timun
  2. Beri mayonnaise, saus tomat, dan saus sambal di atasnya. Letakan beef burger yang telah di pangang. Letakkan dua potong tomat dan dua potong timun, beri mayonnaise, saus tomat, dan saus sambal.
  3. Tutup dengan satu potong roti. Ulangi semua langkah sesuai jumlah porsi yang diinginkan. Burger sederhana dari roti tawar siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Roti Tawar

Ilustrasi Puding Roti Tawar © Diadona

Selain burger, kamu juga bisa membuat olahan puding sederhana degan menggunakan bahan roti tawar loh. Penasaran bagaimana cara membuat roti tawar olahan ini? Yuk langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 200 gram roti tawar
- Kismis secukupnya
- 1 sdm coklat bubuk
- 250 ml susu cair
- 50 gram butter
- 50 gram gula pasir
- 2 butir telur uk besar
- 1/2 sdt vanilla extract
- Sedikit bubuk kayu manis
- Almond secukupnya

Cara membuat roti tawar untuk puding:

  1. Siapkan loyang alasi dengan plastik tahan panas atau alasi dengan kertas roti. Oleskan mentega agar tidak lengket pada loyang dan mudah diangkat.
  2. Panaskan susu cair dan butter dalam panci hingga meleleh dan sedikit mendidih lalu sisihkan. Kocok gula dan telur hingga gula larut menggunakan whisker.
  3. Tuang campuran susu cair dalam adonan telur lalu aduk rata dan sisihkan. Potong roti kecil-kecil tata di loyang dasar 1 lapis lalu taburi kismis dan taburi coklat bubuk.
  4. Kemudian taruh potongan roti lagi merata menutupi lapisan pertama tambahkan kismis dan taburi coklat bubuk. Terakhir taruh sisa roti tawar. Tuang perlahan bahan cair lalu tekan-tekan agar meresap.
  5. Taburi kismis, almond dan bubuk kayu manis di atasnya. Kukus selama 25 menit api sedang, tutup kukusan dibalut kain. Angkat keluarkan dari loyang dinginkan dalam kulkas. Puding siap disajikan dengan dipotong sesuai selera.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Roti Tawar Kukus

Ilustrasi Roti Tawar Kukus © Diadona

Roti tawar dengan bahan sederhana yang pastinya mudah didapatkan bisa kamu buat dengan cara dikukus loh. Proses ini sangatlah sederhana jika kamu tidak memiliki alat pemanggang, maka kamu bisa tetap membuatnya di rumah. Simak resep cara membuat roti tawar kukus di bawah ini.

Bahan:

- 150 gram tepung terigu protein sedang
- 20 gram mentega
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt ragi
- Sejumput garam

Bahan adonan wateroux:

- 2 sdm terigu
- 50 ml air

Cara membuat roti tawar kukus:

  1. Wateroux berfungsi agar roti bisa berserat dan empuk. Campurkan terigu dan air dalam wadah stainless, aduk rata hingga tak ada yang bergerindil.
  2. Panaskan di atas kompor dengan api kecil, aduk-aduk hingga jadi seperti lem dan biarkan dingin. Untuk adonan kedua, campur tepung terigu dengan ragi dan gula kemudian aduk rata. Tuang adonan wateroux ke dalam adonan dan aduk rata.
  3. Masukkan margarin dan garam, uleni hingga kalis. Taruh adonan di dalam wadah, diamkan hingga adonan mengembang. Kukus adonan kurang lebih 30 menit, tunggu hingga dingin.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Makanan dari Roti Tawar

Ilustrasi Makanan Roti Tawar © Diadona

Selain menu burger dan puding, roti tawar juga bisa diolah dengan menu ala kebarat-baratan lainnya seperti menu frenc toast ini. Frenc toast atau roti telur sangat cocok kamu olah dengan sisa roti tawar kering yang kamu punya. Simak resep selengkapnya cara membuat roti tawar di bawah ini.

Bahan:

- 200 ml susu cair
- 5 lembar roti tawar
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 butir telur ayam
- Margarin/mentega secukupnya

Cara membuat roi tawar makanan frenc toast:

  1. Kocok telur ayam dengan gula dan susu, kemudian sisihkan. Belah dua roti membentuk segitiga atau persegi panjang, kemudian celupkan ke dalam larutan susu dan telur.
  2. Panaskan wajan anti lengket, kemudian olesi sedikit margarin atau mentega. Goreng roti dan bolak-balik kedua sisinya hingga berwarna coklat keemasan. Jangan ditekan-tekan agar french toast tidak mengempis.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Pizza Roti Tawar

      View this post on Instagram

Bekel snack untuk anak2 sekolah yaitu PIZZA ROTI. 2 makanan favorit roti dan pizza. Jadilah bikin pizza pake roti tawar ????????. Ini dia resepnya ya. Super gampang bikinnya Pizza roti Bahan: Roti tawar 6 buah Saos spaghetti 5sdm Saos tomat 2sdm Smoked beef 2 lembar, potong kecil-kecil Garam Merica Gula pasir 1/2 sdm Keju mozarella/ quick melt Cara membuat 1. Potong roti jadi 2 bentuk segitiga 2. Campur bahan2 saos dan bumbu kedalam mangkuk 3. Oleskan saos keatas roti 4. Taburi keju 5. Panggang di oven sampai matang kecoklatan (kurleb 5 menit suhu 200 derajat celcius) #bekaldivozio #bekalanaksehat #bekalanak #bekalanaksekolah #resepidahoo #pizzaroti #pizzarotitawar #rotipizza #reseppizzaroti #reseppizzarotitawar #reseprotipizza

A post shared by idah jubaedah (@idahooidah) on

Selain burger, puding, dan frenc toast, roti tawar juga bisa kamu olah menjadi pizza sederhana di rumah dengan bahan yang mudah didapakan. Penasaran bagaimana cara membuat roti tawar untuk olahan pizza dengan keju berlimpah? Simka resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 6 buah roti tawar
- 5 sdm saos spaghetti
- 2 sdm saos tomat
- 2 lembar smoked beef, potong kecil-kecil
- Garam secukupnya
- Merica secukupnya
- Gula pasir 1/2 sdm
- Keju mozarella secukupnya

Cara membuat roti tawar untuk pizza:

Potong roti menjadi 2 bentuk segitiga. Campur bahan-bahan saos dan bumbu kedalam mangkuk. Oleskan saos di atas roti lalu taburi keju. Panggang di oven sampai matang kecoklatan kurang lebih 5 menit dengan suhu 200 derajat celsius.

Itulah beberapa resep cara membuat roti tawar untuk diolah menjadi berbagai makanan kekinian yang pastinya menjadi salah satu daftar menu yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana pengalaman kamu menikmati olahan roti tawar selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar