5 Resep Cara Membuat Piscok Goreng Lumer Kulit Lumpia dengan Coklat Cair hingga Es Aneka Rasa

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 4 Februari 2020 15:30
5 Resep Cara Membuat Piscok Goreng Lumer Kulit Lumpia dengan Coklat Cair hingga Es Aneka Rasa
Piscok atau pisang coklat yang manis legit cocok dinikmati saat cuaca hujan. Simak resep selengkapnya di bawah ini!

Siapa sing yang nggak suka camilan pisang? Yap, bukan pisang goreng biasa, loh. Tapi pisang yang digoreng dengan coklat lumer di dalamnya dengan kulit lumpia sebagai luaran yang tentunya kriuk-kriuk menggoda gitu. Pisang coklat yang digoreng ini sangat nikmat ketika dihidangkan dalam keadaan hangat.

Yap, sangat mudah sekali membuat olahan pisang coklat yang selalu menjadi andalan hidangan murah meriah ini. Yuk langsung saja simak resep cara membuat pisang coklat yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Piscok Goreng

Ilustrasi Piscok © Diadona

Piscok goreng yang hangat dan nikmat menjadi hidangan lezat dengan campuran coklat yang creamy dan gula yang telah terkristalisasi saat proses penggorengan. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat piscok goreng di bawah ini.

Bahan:
- 2 sisir pisang uli
- 2 gulung kulit Lumpia
- 2 bungkus meses coklat
- 50 gram gula pasir
- 4 sdm margarin

Bahan perekat:
- 2 sdm tepung terigu
- 50 ml air suhu ruang

Cara membuat piscok goreng:

  1. Kupas pisang dan belah menjadi 2 bagian memanjang lalu panaskan wajan/teflon. Tambahkan margarin lalu tumis pisang hingga berubah warna. Siapkan terigu dan 50 ml air, aduk rata untuk perekat pinggir dari kulit lumpia nya.
  2. Ambil selembar kulit lumpia isi dengan sepotong pisang yang sudah ditumis. Tambahkan 1 sdm meses dan 1/2 sdt gula pasir, lem pinggirnya dengan bahan perekat lalu lipat dan gulung.
  3. Lakukan hingga semua tergulung dengan rapi. Goreng dengan minyak banyak dan api sedang agar tidak cepat hangus. Tiriskan lalu piscok goreng siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Es Piscok Aneka Rasa

Ilustrasi Es Piscok © Diadona

Selain digoreng, piscok juga ada dalam varian es yang dibekukan loh. Penasaran bagaimana cara membuat olahan es piscok ini? Simak resep cara membuat piscok es beku di bawah ini.

Bahan:
- 6 buah pisang ambon
- 50 gram coklat bubuk
- 100 gram gula bubuk
- Kacang tanah yang sudah disangrai, potong kecil
- Meses warna-warni

Cara membuat es piscok aneka rasa:

  1. Potong menjadi dua pisang ambon, lalu tusuk dengan tusukan es krim. Simpan dalam freezer selama 1 jam.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan coklat dan gula bubuk. Aduk hingga coklat dan gula cair dan sisihkan.
  3. Celupkan pisang yang dibekukan tadi pada coklat, lalu taburi dengan kacang tanah dan meses. Letakkan pisang dalam plastik lalu bekukan kembali dalam freezer. Es Pisang Coklat siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kulit Lumpia Piscok

Ilustrasi Piscok Kulit Lumpia © Diadona

Apakah kamu penasaran bagaimana membuat olahan kulit lumpia untuk piscok ini? Yap, kamu tentunya bisa membuat olahan kulit lumpia piscok sendiri di rumah. Simak resep selengkapnya cara membuat piscok kulit lumpia di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- Secukupnya air
- Kuas

Cara membuat kulit lumpia piscok:

  1. Campur tepung terigu, garam dan air hingga adonan tidak terlalu encer tetapi juga tidak kental.
  2. Panaskan teflon lalu oleskan adonan dengan kuas, oleskan hingga berbentuk bulat dan tidak ada yang bolong. Setelah dioleskan dengan rata dan dirasa cukup, letakkan teflon di atas kompor dengan api sedang.
  3. Diamkan hingga adonan matang dan kering, ciri-ciri adonan sudah matang adalah ketika kulit lumpia kering tidak lengket dan bisa diangkat. Letakkan kulit di atas piring dan siap untuk digunakan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Coklat Cair untuk Piscok

Ilustrasi Coklat Cair © Diadona

Olahan piscok yang enak akan selalu memerlukan bahan coklat yang nikmat. Yuk simak bersama resep cara membuat piscok untuk coklat cair di bawah ini.

Bahan:
- 250 gram coklat masak
- 100 ml Susu Coklat Cair
- 3 sdm mentega

Cara membuat coklat cair untuk piscok:

  1. Keruk coklat sampai habis, ini berfungsi agar coklat lumer dan lembut. Panaskan mentega, masukkan susu cair dan aduk terus hingga mendidih.
  2. Tuang susu mendidih diatas coklat. Aduk hingga tercampur rata. Coklat masih cair biarkan dingin dan mengental.
  3. Setelah dingin masukkan ke dalam lemari es semalam. Esok harinya selai coklat cair siap dinikmati.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Piscok Lumer

Ilustrasi Piscok © Diadona

Siapa sing yang nggakl tergoda dengan olahan piscok dengan isian coklat lumer yang berlimpah? Yap, kamu tentunya bisa membuat olahan ini sebagai teman bersantai di rumah. Simak resep cara membuat piscok lumer di bawah ini.

Bahan:
- 4 buah pisang tanduk matang
- 16 lembar Kulit Lumpia
- Secukupnya margarin untuk olesan dan lem
- Secukupnya mesis coklat

Cara membuat piscok lumer:

  1. Kupas pisang dan potong menjadi 4 bagian atau sesuai selera. Ambil selembar kulit lumpia. Oleskan tipis margarin di tengah kulit lumpia.
  2. Taruh pisang di tengah lalu beri taburan mesis secukupnya. Lipat kulit satu kali dan oleskan lem di kedua sisi kulit, lipat.
  3. Oleskan lem secara merata di bagian atas lalu lipat seperti melipat amplop. Lakukan hingga pisang habis.
  4. Panaskan minyak yang banyak. Gunakan api kecil-sedang. Goreng piscok hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan siap untuk disajikan.

Nah, sudah terbayang kan bagaiaman cara membuat piscok yang tentunya mudah untuk kamu praktikkan sendiri di rumah? Bagaimana dengan piscok yang selama ini kamu makan? Bagi pengalaman bersantap ria kamu dengan olahan piscok di kolom komentar ya!

Beri Komentar