19 Manfaat Madu Hitam Untuk Wajah Hingga Untuk Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Selasa, 31 Desember 2019 12:51
19 Manfaat Madu Hitam Untuk Wajah Hingga Untuk Ibu Hamil
Madu sudah dimanfaatkan sejak jaman dahulu untuk kesehatan maupun kecantikan. Nah, apa sajakah manfaat tersebut? Berikut adalah daftar manfaat madu yang dapat kamu ketahui.

Sejak dahulu kala sudah diketahui manfaat madu yang sangat banyak. Mulai dari manfaat madu untuk kecantikan hingga manfaat madu terhadap kesehatan. Madu mengandung antimikroba, antioksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

Madu memiliki rasa manis yang khas karena mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang lebih baik ketimbang gula. Madu mengandung kalori gula yang dapat menyerap lemak dengan baik, terutama apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki campuran senyawa fruktosa (38.5%) dan glukosa (31%).

Juga, hasil produsen lebah ini juga memiliki kandungan karbohidrat seperti sukrosa, maltrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Semua kandungan yang terdapat pada madu tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah hasil rangkuman dari berbagai sumber manfaat madu yang harus kamu ketahui.

1 dari 5 halaman

Manfaat Madu Untuk Wajah

ilustrasi Jerawatilustrasi Jerawat © 2019 https://www.diadona.id/femmeactuelle

Madu sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Madu mengandung antimikroba, antioksidan, dan dapat memberikan efek menenangkan untuk kulit. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kulit kusam, penuaan dini, keriput, bahkan memicu terjadinya kanker.

Untuk menghindari masalah wajah, kamu bisa menjaga kesehatan kulit wajah dengan menggunakan madu. Berikut adalah manfaat madu untuk wajah.

1. Mengatasi jerawat

Manfaat madu untuk wajah yang pertama adalah bisa mengatasi jerawat. Madu yang merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Menggunakan madu sebagai masker bisa memberikan manfaat madu untuk wajah untuk meredakan peradangannya dalam waktu satu malam saja.

Cara untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini adalah dengan mencampurkan madu murni dan juga bubuk kunyit secukupnya. Aplikasikan campuran tersebut pada jerawat yang meradang sebelum tidur. Bilas wajah di pagi hari dan rasakan perbedaannya.

2. Melembapkan kulit wajah

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah melembapkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan senyawa humektan dalam madu yang mampu merawat kulit kering. Namun, buat kamu yang memiliki kulit berminyak tetap bisa mendapatkan manfaat madu untuk wajah karena zat pemanisnya dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit.

3. Melindungi terhadap kerusakan

Madu merupakan salah satu bahan antioksidan yang dapat melindungi organ internal dari jenis kerusakan yang disebut stress oksidatif atau keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Selain itu, madu juga efektif sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

2 dari 5 halaman

Manfaat Madu Hitam

madumadu © rawpixel.com

Walaupun madu sudah menjadi salah satu pemanis alami yang sering dikonsumsi banyak orang, tidak begitu halnya dengan madu hitam. Begitu juga dengan manfaat madu hitam ini, juga belum banyak diketahui banyak orang. Madu hitam merupakan madu yang berasal dari bunga mahoni. Hal ini yang membuat warnanya lebih hitam dan pekat.

Jenis madu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni. Berikut adalah manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Mengobati maag

Manfaat madu hitam yang pertama adalah dapat membantu mengobati maag (sindrom dyspepsia). Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual. Salah satu penyebab seseorang merasakan gejala maag adalah tukak lambung. Madu memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

2. Meredakan batuk

Meredakan batuk merupakan salah satu manfaat madu hitam bagi kesehatan. Menggunakan madu hitam dalam mengobati batuk merupakan salah satu cara alami yang sangat baik untuk mengurangi gejalanya. Tapi, kamu tetap perlu mengonsumsi obat batuk agar kondisi tetap membaik. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Pediatric Health terhadap anak yang menderita bronkitis menemukan bahwa sifat dasar madu secara umum dapat mengurangi gejala batuk. Metode ini pun cukup efektif pada orang-orang yang belum melakukan pengobatan apapun untuk meredakan batuk.

3. Mengatasi diabetes

Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu mengatasi diabetes. Menurut sebuah penelitian dari Journal Pharmaceutical Biology, tanaman yang mengandung senyawa alkaloid menunjukkan aktivitas antihiperglikemik pada uji coba tikus yang memiliki diabetes. Oleh karena itu, madu hitam yang memiliki kandungan alkaloid ini kemungkinan besar memiliki manfaat terhadap pengobatan diabetes.

Tidak hanya itu, madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis. Namun, sebelum menggunakannya sebaiknya kamu tetap berkonsultasi dengan dokter agar kesehatan tetap terjaga.

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Madu

masker madumasker madu © alive.com

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mendapatkan manfaat masker madu tersebut. Berikut adalah manfaat dan cara menggunakan masker madu.

1. Masker madu dan jeruk nipis untuk kulit berjerawat

Perawatan wajah dengan bahan-bahan alami ini dapat kamu coba resep masker dari buah jeruk nipis. Kombinasikan dengan madu organik murni yang memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri.

Bahan:
- 1 sendok teh air perasan jeruk nipis segar
- 1 1/2 sendok makan madu organik

Cara:
- Campur air perasan jeruk nipis dan madu hingga menjadi pasta dengan kekentalan pas.


- Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit.


- Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

Dianjurkan untuk memakai masker ini setidaknya seminggu sekali agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Masker madu dan susu untuk mencerahkan kulit

Ramuan masker yang dibuat dari madu dan susu dapat menjadikan kulit lebih cerah dan jauh dari kekusaman. Susu mengandung lactic acid yang penting untuk meremajakan dan mencerahkan kulit secara alami.

Bahan:
- 1 sendok makan madu organik
- 1 sendok teh susu bubuk full cream

Cara :
- Aduk rata sesendok makan madu dan sesendok teh susu bubuk full cream. Gunakan wadah dan sendok yang steril agar masker tidak terkontaminasi bakteri.


- Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.


- Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk handuk bersih. Setelah itu lanjutkan dengan memakai toner, disusul serum atau pelembap wajah.

3. Masker madu dan oatmeal untuk redakan sunburn

Madu dan oatmeal sama-sama bisa menenangkan kulit yang mengalami sunburn atau iritasi, sekaligus menjadikannya bercahaya.

Bahan:
- 1/2 cangkir oatmeal
- 3-5 sendok makan madu murni

Cara :
- Rebus satu cangkir oatmeal hingga kental dan lunak, lalu kombinasikan dengan madu murni.


- Oleskan pada wajah dan leher dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

4. Masker madu dan mentimun untuk meringkas pori-pori

Jika kamu bermasalah dengan pori-pori yang tampak lebar dan berkomedo, rawat dengan masker madu dan mentimun.

Bahan:
- 3-5 iris mentimun segar
- 1 sendok makan madu murni

Cara:
- Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa iris timun segar yang sudah dihaluskan sebagai masker peringkas pori. Aplikasikan pada wajah dan biarkan sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Masker madu dan kunyit untuk kulit kusam dan berbekas jerawat

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kunyit juga berperan terhadap kesehatan jaringan kulit dan produksi kolagen. Kombinasikan dengan madu untuk memudarkan bekas jerawat, menjadikan kulit glowing, dan awet muda.

Bahan:
- 4 sendok teh kunyit bubuk
- 2 sendok teh susu cair
- 4 sendok teh madu organik

Cara:
- Campur kunyit bubuk dengan susu cair dan madu organik. Aduk hingga tercampur rata dan masker pun siap digunakan.

- Usapkan campuran masker pada wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

6. Masker madu dan pisang untuk kulit kering

Pisang dan madu sama-sama kaya akan pelembap alami yang baik untuk menjadikan wajah terasa lembap dan kenyal.

Bahan:
- 1/2 buah pisang matang (jenis apa saja)
- 1 sendok makan madu murni

Cara:
- Haluskan setengah buah pisang matang dan campurkan dengan 1 sendok makan madu.


- Terapkan masker ini ke seluruh wajah dan leher, lalu biarkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air dingin, lalu keringkan dengan ditepuk-tepuk handuk bersih.

4 dari 5 halaman

Manfaat Madu Asli

madumadu © rawpixel.com

Manfaat madu yang banyak bisa kamu rasakan apabila menggunakannya secara rutin. Madu berawal dari nektar yang dihasilkan oleh lebah. Madu alami jauh lebih berkhasiat ketimbang di kemasan yang telah tercampur oleh bahan-bahan lainnya. Di sisi lain, madu asli juga bersifat lebih kental daripada yang kemasan. Berikut manfaat madu asli yang bisa kamu ketahui.

1. Menyembukan luka

Menurut penelitian, ada susunan kimiawi pada madu terutama gula yang memiliki osmolalitas tinggi yang membuat mikroorganisme (bakteri, virus, jamur, dan ragi) tidak bisa berkembang. Zat pemanis pada madu juga dapat memproduksi hydrogen peroksida ketika bersentuhan dengan cairan dari luka atau borok. Hal inilah yang memberikan manfaat antibakteri ke area ulserasi sehingga mempercepat penyembuhan.

2. Penangkal penuaan dini

Manfaat madu untuk wajah selanjutnya adalah sebagai antipenuaan. Ini dikarenakan madu mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga antioksidan lebih banyak dan lebih lengkap jika dibandingkan dengan krim antiaging. Menggunakan madu sebagai masker wajah mampu untuk melembapkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai ramuan penangkal gejala penuaan.

Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah ini, kamu bisa oleskan madu alami pada wajah. Kemudian diamkan selama kurang lebih 15 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan kebiasaan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Ekfoliasi

Perlu diketahui bahwa, tidak semua eksfoliasi harus memiliki tekstur yang kasar di kulit. Madu yang memiliki tekstur lembut juga bisa menjadi salah satu bahan eksfoliasi yang mampu untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim di dalamnya. Kamu bisa menggunakan scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, direkomendasikan untuk mencampurkan oat dengan madu untuk dijadikan masker dan scrub wajah. Sedangkan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa mencampurkan tepung gram dengan madu. Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

5 dari 5 halaman

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © rawpixel.com

Ibu hamil keap mendapat pantangan terhadap apa yang dikonsimsi selama masa kehamilannya. Salah satu makanan yang pernah membuat ragu ibu hamil untuk dikonsumsi adalah madu. Ternyata segala jenis madu apapun aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan bukan menjadi makanan yang wajib untuk dihindari selama kehamilan.

Madu bisa tetap aman dikonsumsi ibu hamil karena orang dewasa telah memiliki sejumlah bakteri baik yang dapat menangkal bakteri jahat penyebab sakit, misalnya spora clostridium. Walaupun sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil sedang menurun sekalipun, hal ini tidak berlaku pada sistem pencernaannya. Kalau pun ada bakteri botulinum dalam madu, bakterinya tidak mampu menyerang janin karena tidak mampu menembus plasenta.

Tapi pada ibu hamil yang sebelumnya pernah mengalami gangguan pencernaan sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum mengonsumsi madu. Karena kondisi tersebut menandakan bahwa saluran cernanya tidak sehat. Jika saluran cerna tidak sehat, si ibu lebih berisiko mengalami keracunan serius saat mengonsumsi madu mentah.

Pastikan juga untuk memilih madu yang sudah dipasteurisasi atau disertifikasi untuk menjamin keamanan madunya agar dapat merasakan manfaat madu untuk ibu hamil. Berikut manfaat madu untuk ibu hamil untuk menjaga kesehantannya.

1. Menjaga kesehatanmu dan janin

Adanya antioksidan yang kaya dalam madu mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Untuk ibu hamil, bisa mengonsumisnya. Selain baik untuk kesehatan kamu, manfaat madu juga mampu membentuk perkembangan janin.

2. Mengurangi keluhan mual atau morning sickness

Untuk mengatasi atau meredakan kondisi ini, kamu bisa mengambil manfaat madu yang dicampurkan air jeruk nipis. Campurkan madu dengan air jeruk nipis atau cuka apel untuk mengurangi rasa mualnya.

3. Mencegah berat badan naik berlebih selama hamil

Madu merupakan bahan alami yang sangat baik untuk dijadikan sebagai pemanis pengganti. Terlebih untuk ibu hamil yang sudah mengalami berat badan berlebih sebelum hamil, manfaat madu dapat membantu mencegah kenaikan berat badan menjadi drastis.

4. Mengobati iritasi lambung

Pencernaan yang melambat akibat perubahan hormonal dan pembesaran rahim akan menekan usus dan lambung. Kondisi ini kerap membuat ibu hamil merasa begah. Tak jarang, lambung pada ibu hamil juga perih khususnya di trimester akhir. Manfaat madu bisa mengatasai kondisi ini. Kamu bisa mengonsumsi madu dengan segelas susu hangat untuk mengurangi rasa tidak nyamannya.

Beri Komentar