18 Wisata Kuliner Cirebon Legendaris dan Paling Populer

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 12 Februari 2020 11:21
18 Wisata Kuliner Cirebon Legendaris dan Paling Populer
Sayang banget kalau kamu nggak mencicipi wisata kuliner Cirebon saat kamu mengunjungi kota ini.

Sebagai daerah yang berbatasan wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, Cirebon memliki banyak kuliner dengan cita rasa khas yang bisa menggugah seleramu. Perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda yang mengakar kuat pada masyarkatnya memunculkan banyak wisata kuliner Cirebon yang khas. Makanaya akan sayang banget kalau kamu tak mencicipi wisata kuliner Cirebon saat kau berkunjung ke kota udang ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kuliner di Cirebon

Selain mempunyai beragam kebudayaan yang begitu melekat di masyaraktnya, Cirebon ternyata juga memliki sederet wisata kuliner yang wajib banget kamu coba saat kamu kesana. Jangan khawatir dompet kamu jebol, karena wisata kuliner Cirebon yang tersedia bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau. Nah, berikut kami rekomendasikan tempat wisata kuliner di Cirebon yang siap bikin kamu ketagihan.

Wisata Kuliner Cirebon Empal Gentong Haji Apud

Ilustrasi empal gentong © Diadona

Wisata kuliner Cirebon yang berada di daerah Plered, Cirebon ini memang menjadi salah satu tempat kuliner legendaris di kota Cirebon. Yang khas dari Empal Gentong Haji Apud adalah tempat kuliner Cirebon satu ini menyajikan daging empal yang empuk dan gurih. Selain itu, tenpat kuliner ini juga menyajikan menu empal asem yang tak kalah menggugah selera. Rasa kuah empal asmanya pun sangat menyegarkan dengan bumbu yang begitu meresap. Wajib banget pokonya menikmati sajian kuliner Cirebon satu ini

Wisata Kuliner Cirebon Nasi Jamblang Ibu Nur

Ilustrasi Nasi Jamblang © Diadona

Wisata kuliner Cirebon selanjutnya adalah Nasi Jamblang Ibu Nur yang tak pernah sepi pembeli. Jadi jangan heran kalau kamu harus antred ulu untuk menikmati kelezatan nasi jablangnya. Buat kamu yang belum tahu, nasi jambkang adalah nasi yang dilapisi alas daun jati. Sebagai lauknya, kamu bisa memilih berbagai menu masakan yang tersedia, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel dan lainnya. Paduan cita rasa nasi yang gurih dan aromanya yang wangi dijamiin akan sukses bikin kamu ketagihan.

Wisata Kuliner Cirebon Restoran Seafood Jumbo

Ilustrasi Restoean Seafood Jumbo © Diadona

Sebagai daerah yang berbatasan dengan laut Jawa utara, tak heran kalau wisata kuliner Cirebon banyak menggunakan bahan dasar makanan laut yang masih segar. Salah satu yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan wisata kuliner Cirebon adalah Restoran Seafood Jumbo.

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner Cirebon satu ini menyediakan berbagai menu olahan makanan laut dengan ukuran yang tak biasa alias jumbo. Seperti kepiting jumbo, dan kerang Jumbo. Kebayang dong gimana lezatnya menyantap sajian makanan laut dengan cita rasa mantap ini?

Wisata Kuliner Cirebon Bubur M. Toha

Ilustrasi Bubur Ayam Sederhana © Diadona

Kalau wisata kuliner Cirebon satu ini memang surganya makanan bubur. Berbagai jenis bubur dengan cita rasa terbaik se-kota Cirebon bisa kamuu nikmati di sini. Berbagai jenis bubur yang bisa kamu nikmati diantaranya adalah bubur ayam, bubur kacang hijau, dan bubur ketran hitam. Jangan khawatir kehabisan, kamu bisa kesini kapanpun kamu mau. Pasalnya, tempat wisata kuliner Cirebon satu ini buka 24 jam nonstop. Buruan cobain deh.

Wisata Kuliner Cirebon Rumah Makan Haji Moel

Ilustrasi Rumah Makan Haji Maoel © Diadona

Rumah Makan Haji Moel ini sudah sangat terkenal. Saking terkenalnya banyak wisatawan yang memang senagaja mampir kesini hanya untuk menikmati kelzatan cita rasanya. Sajian spesial dari restoran ini adalah makanan seafood y6ang bebrbeda dengan restoran seafood lainnya. Selain itu, kamu bisa juga menikmati menu lain seperti kwetiau goreng, kwetiau rebus, dan capcai. Semua kuliner Cirebon yang teresedia di sini, dijamin bakal bikin kamu ketagihan.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Kota Cirebon

Kalau kamu sedang jalan-jalan atau liburan di Cirebon, jangan sampai kelewatan menjajal wisata kuliner Cirebon ya. Kota yang dikenal sebagai penghasil udang ini punya banyak makanan enak. Tak cuma empal gentong dan nasi lengko, masih banyak wisata kuliner Cirebon lainnya yang mungkin jarang terdengar di telinga wisatawan.

Apa saja wisata kuliner kota Cirebon yang layak dicoba? Berikut ini daftarny aunutukmu.

Wisata Kuliner Cirebon Tahu Gejrot

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Bandung (@kulinerbandung) on

kalau kamu maniak banget dengan makanan bercita rasa pedas, kamu bisa lho mencicipi wisata kuliner Cirebon satu ini. Saking populernya, makanan ini sampai sudah tersebar ke daerah lain. Sebenarnya, makanan ini dibuat dengan bahan dari tahu kempus goreng yang disajikan dengan kuah berbumbu bawang merah, bawang putih, cabai, asam, dan gula merah. Disebut tahu gejrot karena tahu disiram kuah gula merah dari botol, sehingga terdengar suara 'jrot' saat dituang.

Wisata Kuliner Cirebon Mie Koclok

      View this post on Instagram      

A post shared by Seputar Berita Cirebon (@seputarberitacirebon) on

Wisata kuliner Cirebon selanjutnya adalah mie koclok. Kenapa disebut dengan mie koclok? konon sebutan ini adalah kepanjangan dari Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay. Yang unik dari wisata kuliner Cirebon satu ini adalah mie yang disajikan dengan kaldu ayam kental berwarna putih yang sangat gurih. Apalagi jika ditambah dengan suwiran ayam, irisan daun bawang, kol, tauge, dan telur rebus.

Wisata Kuliner Cirebon Empal Asem

      View this post on Instagram      

A post shared by MARIA CH ~ Kuliner + Jalan2 (@my.appetite) on

Selain terkenal dengan empal gentong, wisata kuliner Cirebon juga terkenal dengan empal asemnya yang tak kalah menggiurkan. Kesamaan empal asem dengan empal gentong adalah isian yang digunakan, kedua kuliner Cirebon ini punya isian daging dan jeroan, Yang membedakan adalah kuah empal asam yang tak menggunakan santan dan kunyit, sehingga rasa yang dihasilkan lebih ringan ketika mendarat di lidah. Harus cobain juga nih!

Wisata Kuliner Cirebon Mie Petruk

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Cirebon (@kulinercirebon) on

Sebenarnya wisata kuliner Cirebon yang disebut mie petruk ini adalah mi goreng Jawa yang disajikan dengan gerobak kaki lima. Minya sendiri disajikan dengan bumbu uleg berbalut kecap manis. Mi telur kuning dimasak bersama sawi, kol, dan irisan tomat. Setelah itu disajikan bersama suwiran ayam, kerupuk kulit, dan sambal hijau yang diletakkan di sendok. Pelanggan bisa memesan mi petruk goreng, kuah, atau nyemek.

Wisata Kuliner Cirebon Docan

Ilustrasi Docan Cirebon © Diadona

Wisata kuliner Cirebon ini memang punya nama yang unik, seunik rasanya. Sajian ini dibuat dengan bahan-bahan daung singkong dan tauge yang disajikan bersama potongan lontong, parutan kelapa, dan kerupuk. Setelah semua bahan siap, kemuddian diguyur dengan kuah oncom atau dage berwarna kemerahan. Biasanya masyarakt Cirebon menyantapnya sebagai menu sarapan saat pagi hari.

3 dari 4 halaman

Alamat Wisata Kuliner Cirebon

Menghabiskan waktu untuk berwisata atau berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi kulinernya yang istimewa, pasti terasa ada yang kurang bukan? Nah, jika kamu berkunjung ke salah satu kota di kawasan Jawa Barat yang terkenal dengan semboyan Esa Hilang Dua Terbilang ini, kamu harus coba beberapa kuliner khas yang jadi andalan kota ini. Kalau bingung harus berwisata kuliner kemana, simak rekomendasi alamat wisata kuliner Cirebon!

Wisata Kuliner Cirebon Nasi Lengko H.Barno

      View this post on Instagram      

A post shared by BUNGA RIADIANI ????????- ????JKT(IND) (@bubueataway) on

Warung makan ini merupakan warisan H. Barno dari almarhum ayahnya yang sudah berjualan sejak tahun 1968. Warung H. Barno selalu dijejali pembeli.

Tidak hanya menyajikan menu nasi lengko, ada pula menu sate kambing muda yang nikmat disandingkan dengan nasi campur khas Cirebon ini. Sate kambing dilumuri dengan kecap dan bumbu kacang. Satu porsi nasi lengko harganya hanya Rp13.000 dan Rp10.000 untuk setengah porsi. Sementara lima tusuk sate kambing muda harganya Rp20.000.

Warung makan ini buka setiap hari dari pukul 06.00-20.00. Berlokasi di Jalan Pagongan No.15B Pekiringan, Kota Cirebon. Kamu juga bisa menuju ke cabangnya di di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo.

Wisata Kuliner Cirebon Restoran Klapa Manis

      View this post on Instagram      

A post shared by makki parikesit (@makki_parikesit) on

Restoran yang satu ini pasti akan sangat cocok dikunjungi untuk makan malam romantis bersama pasangan, karena selain menyajikan menu masakan sunda seperti nasi tutug oncom, pepes dan lainnya, restoran ini didesain dan dihias dengan sangat cantik. Tidak hanya suasana restoran saja yang indah tetapi dari lantai atas restoran ini kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dari bukit Gronggong yang terkenal di Cirebon. Wah, kamu pasti akan makan dengan lahap dengan pemandangan indah disekitar restoran pastinya. Daripad penasaran, langsung aja datang ke alamatnya di Jl. Raya Cirebon Kuningan, Gronggong, Patapan, Beber, Cirebon

Wisata Kuliner Nasi Jamblang Mang Dul

      View this post on Instagram      

A post shared by The One & Only #theluckybelly (@the.lucky.belly) on

Wisata kuliner Cirebon lain yang pastinya menjadi primadona bagi kalangan pecinta kuliner adalah nasi jamblang mang dul. Dengan mengusung ciri khas dari makanan yang dibalut menggunakan daun jati sebagai pembungkus nasi tidak mengherankan jika aroma khas akan muncul saat nasi dibuka. Kuliner malam Cirebon yang satu ini sering disajikan dengan menggunakan ikan asin dan juga tahu sebagai pelengkap.
Bagi Kamu yang penasaran dengan ragam kuliner nasi jamblang mang dul ini, Kamu bisa meluncur ke lokasi di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 8, Pekiringan, Kesambi, Cirebon. Untuk jam buka dari tempat makan tradisional ini adalah 24 jam, sehingga bagi Kamu yang kelaparan di malam hari, Kamu bisa merujuk pada tempat kuliner yang satu ini untuk memuaskan perutmu.

4 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Cirebon 2019

Wisata kuliner Cirebon menjadi salah satu kulner yang paling diburu para wisatwan di daerah Jawa Barat. Oelh karenanya, banyak restoran makanan yang berinovasi dan menajajakan makanan khas yang hanya ada di kota Udang ini. Restoran tersebut akhirnya menjadi disukai oleh para pengunjung hingga tahun 2019. Lalu apa saja wisata kuliuner Cirebon 2019 yang wajib kamu coba? Berikut daftarnya untukmu.

Wisata Kuliner Cirebon Ayam Goreng Bahagia 71

      View this post on Instagram      

A post shared by lita (@nenglita) on

Wisata kuliner Cirebon satu ini selalu dissaki para pembel karena kelezatan makanannya. Kalu kamu sedang mencari makanan ayam goreng khas Cirebon, barangkali Ayam Goreng Bahagia adalah jawabannya. Menagapa? karena restorang ini menyediakan berbagai menu olahan ayam seperti dada yaam, paha ayam jantung ayam, ampela ayam, kepa ayam, sop ceker, dan menu lainnya. Tekstur daging yang lebut, kelezatan cita rasabumbunya yang masuk hingga ke dalam daging dijamin nggak akan bikin kamu kecewa deh. Kalu kamu mencicipi kuliner Cirebon satu in kamu bisa datang ke alamttnya di Jalan Bahagia No.69-71, Lemahwungkuk, Cirebon.

Wisata Kuliner Cirebon Sate Kalong

Ilustrasi Sate Kalong © Diadona

Jika di daerah lain sajian sate biasanya menggunakan bahan dasae daging sapi atau ayam, namun jika di Cirebon, sate akan disajikan dengan bahan dasar daging kerbau. Walau[un disuguhkan dengan bumbu kacang layaknya sate pada umumnya, namun cita rasa yang dihas8ilkan akan berbeda. Daging kerbau yang memliki sedikit serat, membuat cita rasanya menjadi semakin lezat dan gurih. Kalau kamu ingin mencari kuliner Cirebon satu ini, kamu bisa mencarinya di sekitar pasar Kanoman.

Wisata Kuliner Cirebon Bubur Sop Ayam

      View this post on Instagram      

A post shared by Dapoer Oma Lie (@dapoeromalie) on

Bisa dikatakan bubur sop ayam adalah bubur ayam yang disajikan bersama kuah melimpah. Buburnya sendiri tidak terlalu encer, lebih mirip nasi tim yang dimasak dengan banyak air. Selain kuah yang melimpah, bubur sop juga disajikan dengan taburan bawang goreng, kacang kedelai, daun bawang, seledri, ampela, kol, soun, dan irisan ayam yang melimpah pula. Tak ketinggalan pula tauco dan kerupuk kanji untuk menambah tekstur renyah. Sarapan dengan makanan yang satu ini dijamin bikin kenyang.


Wisata Kuliner Cirebon Gado-Gado Ayam

      View this post on Instagram      

A post shared by Doyan Kuliner (@doyankuliner) on

Ada bubur sop ayam, ada juga gado-gado ayam yang termasuk kuliner Cirebon dengan keunikan tersendiri. Makanan ini menggunakan bahan-bahan yang sama dengan gado-gado sayuran, yaitu lontong, tauge, telur, tahu, mentimun, emping, kerupuk kanji, dan kentang. Tetapi masih ditambah suwiran ayam, bawang goreng, dan kuah kuning kental mirip opor.

Wisata Kuliner Cirebon Es Cuwing

      View this post on Instagram      

A post shared by Kuliner Cirebon (@kulinercirebon) on

Cuwing atau cuing adalah sebutan untuk cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau hijau (Tiliacora triandra). Es cuwing ala Cirebon memiliki kuah santan yang lebih pekat dengan tambahan sirup dan gula merah. Kadang masih dilengkapi dengan 'pernak-pernik' seperti cendol sagu, kental manis, atau kelapa muda.

Ingat ya, turut mencicipi makanan khas daerah di Inonesia juga sama dengan turut melestarikan budaya Indonesia.

Beri Komentar