17 Makanan Rendah Kalori yang Sehat dan Cocok untuk Diet

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 27 Januari 2020 12:56
17 Makanan Rendah Kalori yang Sehat dan Cocok untuk Diet
Kalori merupakan sumber energi utama bagi tubuh untuk bisa beraktifitas. Namun, jika terlalu lama menumpuk, kalori akan menjadi lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Kalori adalah sumber energi tubuh agar tubuh dapat beraktivitas dengan baik. Kalori tidak dihasilkan oleh tubuh, melainkan tubuh mendapatkannya dari makanan. Kalori yang masuk saat mengonsumsi makanan lantas diubah oleh tubuh menjadi energi yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas.

Kalori akan terbuang seiring dengan aktivitas yang dilakukan oleh tubuh. Apabila sehabis makan tubuh tidak melakukan aktivitas, kalori akan menumpuk di dalam tubuh dan menjadi lemak. Nah, kondisi inilah yang kerap ditakutkan oleh banyak orang karena akan membuat berat badan naik siginifikan, bahkan bisa sampai mengalami obesitas.

1 dari 4 halaman

Daftar Makanan Rendah Kalori

Dengan sedikit penjelasan tentang kalori di atas, maka harusnya kamu bisa mengimbangi asupan kalori dengan aktivitas fisik agar kalori tidak menumpuk dan menjadi lemak. Selain rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, mengonsumsi makanan rendah kalori adalah hal yang patut diterapkan guna mencegah terjadinya penumpukan lemak.

Apa saja daftar makanan rendah kalori? Yuk simak informasinya berikut ini.

Ikan

Ilustrasi ikan salmon © Diadona


Makanan laut yang satu ini merupakan salah satu jenis makanan rendah kalori. Terutama untuk kamu yang sedang berdiet, mengonsumsi ikan kiranya wahib untuk dilakukan guna menjaga berat badan agar tetap ideal.

Beberapa contoh ikan yang mengandung kalori rendah adalah ikan kod (82 kalori/100 gram) dan ikan salmon (116 kalori/100gram). Namun, sebaiknya tidak mengonsumsi ikan yang digoreng agar kadar kalori maupun lemaknya tetap rendah.

Kerang

Selain ikan, makanan laut lainnya yang memiliki predikat makanan yang rendah kalori adalah kerang. Sifat rendah kalori namun tinggi protein menjadikan kerang adalah makanan ideal bagi kamu yang sedang berdiet.

Kerang juga diperkaya oleh asam lemak omega-3 dan asam amino sehingga menghasilkan manfaat kerang lainnya yakni meminimalisir risiko penyakit jantung.

Telur

Telur juga tergolong ke dalam jenis makanan yang rendah kalori. Satu butir telur diklaim mengandung hanya sekitar 72 kalori.

Selain itu. menurut penelitian, mengonsumsi telur dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Ini karena protein pada telur mampu mengurangi kadar ghrelin, yakni senyawa yang berperan dalam menciptakan rasa lapar.

Kentang

Ilustrasi Kentang © Diadona

Kandungan karbohidrat yang tinggi kerap membuat sebagian orang—terutama mereka yang sedang menurunkan berat badan—menghindari makanan yang satu ini. Padahal, kentang mengandung pati resisten (resistant starch) yang mengandung kalori 50 persen lebih rendah dari jenis pati lainnya.

Kendati termasuk dalam daftar makanan rendah kalori, kentang adalah makanan yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok untuk dijadikan alternatif pengganti nasi bagi kamu yang tengah dalam program penurunan berat badan.

Penelitian juga telah membuktikan efektivitas kentang dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama tersebut. Dengan catatan, kentang yang dikonsumsi adalah kentang rebis alih-alih kentang goreng yang telah terkontaminasi oleh minyak.

Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang termasuk ke dalam daftar makanan rendah kalori, namun kaya akan protein dan serat yang baik bagi kelancaran sistem pencernaan. Namun, pastikan kamu mengonsumsi kacang yang bukan merupakan kacang goreng atau kacang yang telah ditambahi gula.

Daging

Jangan salah sangka dulu. Faktanya, daging yang tidak memiliki lemak dapat dikategorikan sebagai makanan rendah kalori, namun tetap kaya akan protein.

Atas dasar itu, sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwasanya konsumsi makanan rendah tinggi protein seperti daging tanpa lemak dapat menurunkan kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh sekaligus men-defisiensi rasa lapar.

Wortel

Ilustrasi Sayur Wortel © Diadona


Dikenal sebagai makanan yang mengandung vitamin A, wortel adalah salah satu makanan rendah kalori. Kandungan kalori pada 1 (satu) buah wortel hanya sebesar 30 kalori. Ditambah lagi, wortel kaya akan kandungan serat sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Mengandung Kalori Rendah

Kalori adalah energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Kalori didapat dari makanan yang kamu makan sehari-hari. Setelah kamu makan, kalori yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Lalu bila kamu tidak beraktivitas, kalori yang masuk bisa berubah jadi lemak dan membuat berat badan naik. Makanan rendah kalori juga bisa jadi solusi ampuh bagi kamu yang sedang dalam program diet. Nah, berikut kami rekomendasikan makanan yang mengandung kalori rendah yang bisa kamu coba di rumah.

Lobak

Ilustrasi Sayur Lobak © Diadona

Lobak mentah sering dijadikan bahan acar atau hiasan makanan agar tampak cantik dan segar. Selain sebagai salah satu sumber makanan rendah kalori, lobak juga tinggi serat sehingga bisa bikin perut kenyang lebih lama.

Paprika

Ilustrasi Paprika © Diadona

Dikutip dari Shape, ada studi yang menunjukkan bahwa seiris paprika mentah hanya mengandung 2 kalori. Paprika juga diyakini dapat membantu kamu membakar lemak lebih cepat. Ditambah lagi, kandungan folat dan vitamin B6 pada paprika dapat mengurangi pembengkakan di arteri serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan semua manfaat dan kandungannya tak heran jika paprika merah banyak dijadikan sebagai salah satu makanan rendah kalori.

Kembang Kol

Ilustrasi Kembang Kol © Diadona

Sekuntum atau setangkai kecil kembang kol ini mengandung 3 kalori. Selain itu, sumber makanan rendah kalori ini juga mengandung sejumlah serat yang baik untuk pencernaan.

3 dari 4 halaman

Makanan Rendah Kalori yang Megenyangkan

Makanan rendah kalori bagus dijadikan sebagai media untuk menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal.Sayang, minimnya kalori yang dikonsumsi kerap membuat perut terus terasa lapar. Alih-alih menurunkan berat badan, rasa lapar yang tak juga hilang justru membuat kamu rajin ngemil.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama sekaligus membantu proses penurunan berat badan. Beriku rekomendasai pilihan menua makanan rendah kaori yang mengenyangkan.

Oatmeal

Ketika berbicara mengenai makanan khusus diet, maka hampir dipastikan oatmeal masuk di dalam daftar makanan khusus diet tersebut. Pasalnya, makanan satu ini memang memiliki jumlah kalori yang tidak banyak, namun kaya akan protein sehinga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Oatmeal juga patut dijadikan menu sehat sehari-hari untuk kamu yang ingin mencegah diri dari risiko terkena kolesterol, diabetes, dan penyakit jantung. Jadi jangan ragu lagi kalau oatmeal adalah salh satu makanan rendah kalori yang sehat dan bergizi.

Geek Yogurt

Makanan rendah kalori tapi mengenyangkan selanjutnya adalah geek yogurt. Greek yogurt adalah sumber protein terbaik yang bisa menekan rasa lapar dan membantu proses penurunan berat badan.

Sebanyak 150 gram yogurt mengandung 130 kalori dan 11 gram protein.Sebuah studi yang dilakukan terhadap 20 perempuan menunjukkan, camilan yogurt yang tinggi protein dapat menekan nafsu makan dibandingkan camilan tinggi lemak seperti cokelat atau kerupuk.

Edamame

Ilustrasi Edamame © Diadona

Makanan ini biasa dikenal dengan kacang kedelai muda. Setengah cangkir edamame mengandung 8 gram protein dan 4 gram serat sehingga sangat mengenyangkan saat dikonsumsi. Makanan rendah kalori ini bisa jadi pilihan yang sehat untuk menemani kamu bekerja di kantor.

Jika migrain menyerang saat kamu bekerja, langsung saja santap edamame. Sebab kandungan kalsium dan magnesiumnya juga membantu mengatasi migrain. Manfaat lainnya, kandungan zat besi dalam edamame membantu meningkatkan energi kamu.

4 dari 4 halaman

Menu Makanan Rendah Kalori

ilustrasi popcorn © Diadona

Bagi kamu yang menginginkan tubuh ideal pastilah harus menjaga pola makan yag sehat dengan mengonsumsi makananrendah kalori. Bagi kamu yangbelum tahu, kalori adalah zat yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Tanpa kalorti yang tercukupi tubuh akan kekurangan energi untuk beraktivitas. Kira-kira menu makanan rendah kalori apa ya yang cocok dikonsumsi? berikut infonya untukmu.

Pepaya

Buh satu ini merupakan makanan rendah kalori yang mudah kita temui. Bahkan buah ini sangat mudah tubuh di pekarangan rumah. Peaay memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk menjaga penernaan kita. Kalu kamu sedang diet dan meraasa lapar saat tengah malam, kamu bisa mengonsumsi pepaya sebagai pengganjal perut.

Apel

Apel juga jenis buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai pilihan menu makanan rendah kalori. Apel bisa meredam rasa lpaar dengan cepat lho. jika sheari kamu mengonsumsi apel, maka kamu bisa mengurangi porsi makananmu. Apel mampu membantu mengoptimalkan kesehatan, jadi cukup membantu nih buat kamu yang sedang bingung menentukan pilihan menu makann rendah kalori.

Popcorn

Makanan yang kerpa menjadi teman nonton di bioskop ini ternyata bisa menjadi salah satu pilihan makanan rendah kalori lho. Pasalnya popcorn berasal dari jagung yang rendah kalori. Disarankan untuk tidak mengonsumsinya dengan campuran gula, karena bisa membikin tubuhmu melar. Jadi lebih baik makan popcorn yang original aja ya, lebih aman.

Yuk, tetap jaga kesehatan orang-orang terkdekat kita dengan mengonsumsi makanan sehat!

Beri Komentar