12 Manfaat Bawang Bombay Mentah yang Nggak Pernah Kalian Sangka

Reporter : Iwan Tantomi
Minggu, 2 Februari 2020 12:49
12 Manfaat Bawang Bombay Mentah yang Nggak Pernah Kalian Sangka
Sebelum memberanikan diri untuk menjajalnya, intip dulu manfaat bawang bombay mentah untuk kesehatanmu.

Banyaknya gangguan kesehatan mendorong tren untuk mencari superfood, yang dipercaya membantu menjaga tubuh tetap sehat dan produktif. Tak harus mencari yang jenisnya langka atau mahal, karena bahan makanan super bisa ditemukan dengan mudah di dapur.

Sering bikin sebal karena acapkali bikin air mata deras saat mengolahnya, manfaat bawang bombay bagi kesehatan tak bisa diremehkan. Mulai dari antibakteri, efek detoks pada tubuh, bahkan menangkal kanker. Sayangnya, bawang bombay yang mengalami proses pemasakan seperti digoreng, ditumis, atau dipanggang akan memiliki kadar nutrisi yang lebih rendah daripada mentah. Hal ini disebabkan kandungan senyawa sulfur organik yang bisa mengalami kerusakan jika terkena panas.

Sebelum memberanikan diri untuk menjajalnya, intip dulu manfaat bawang bombay mentah untuk kesehatanmu.

1 dari 6 halaman

1. Sistem Kekebalan yang Lebih Kuat

(c)Shutterstock © Diadona

ilustrasi (c)Shutterstock

Salah satu manfaat bawang bombay mentah yang berdampak baik buat tubuh adalah sistem kekebalan yang lebih kuat. Berkat kadar antioksidan yang tinggi, tercipta 'dinding' yang akan melindungimu dari radikal bebas, bakteri maupun virus.

Selain itu, kandungan flavonol quercetin dalam bawang bombay mentah dapat membantumu melawan alergi dan gejala flu seperti bersin. Selain tak terserang flu sesering orang-orang di sekitarmu, juga lebih cepat pulih dan dapat beraktivitas tanpa gangguan virus

2. Jantung yang Lebih Sehat

Ingin jantung lebih sehat dan kuat? Bisa jadi ini salah satu manfaat bawang bombay mentah yang paling penting. Dipercaya bawang bombay mentah dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung karena dapat mengurangi tekanan darah dan mencegah hambatan pada pembuluh darah. Setiap bawang bombay mentah yang dikonsumsi akan memberikan efek yang positif dengan memperlancar peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol dan bikin jantung jadi lebih kuat.

2 dari 6 halaman

3. Pernapasan Lebih Lancar

(c)Shutterstock © Diadona

ilustrasi (c)Shutterstock

Walau sering dihindari karena memicu bau mulut yang cukup mengganggu, konsumsi bawang bombay mentah secara rutin dapat menjaga kesehatan sistem pernapasan. Nutrisi di dalamnya membantu mengendurkan otot-otot dan menghasilkan pernapasan yang lebih mudah misalnya pada penderita gangguan asma.

4. Meningkatkan Pencernaan

Manfaat bawang bombay mentah lainnya yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan, berkat kadar seratnya yang cukup tinggi. Selain memperlancar kerja sistem pencernaan, serat ini juga menjadi makanan bagi bakteri probiotik yang berada di usus, sehingga mencegah berbagai gangguan kesehatan seperti diare.

3 dari 6 halaman

5. Risiko Kanker Lebih Rendah

(c)Shutterstock © Diadona

ilustrasi (c)Shutterstock

Para ahli kesehatan percaya salah satu manfaat bawang bombay mentah adalah mengurangi risiko kanker, terutama yang menyerang lambung dan mulut. Untuk dapat menikmati khasiat tersebut, minimal konsumsi bawang bombay mentah minimal 2-5 kali per minggu yang dapat dimasukkan ke dalam saus maupun salad sayuran.

6. Tulang Lebih Kuat

Baik tua maupun muda, siapapun ingin hidup sehat dan rela melakukan apapun untuk menjauhkan berbagai penyakit dari tubuhnya. Selain konsumsi sayuran yang jadi sumber vitamin alami, bawang bombay yang kaya akan kalsium juga akan menjadi elemen penting bagi kesehatan tulang. Orang-orang yang mengonsumsi bawang bombay dalam keadaan mentah berpeluang mengurangi kemungkinan patah tulang sekitar 20 persen.

4 dari 6 halaman

7. Rambut dan Kulit yang Lebih Indah

(c)Shutterstock © Diadona

ilustrasi (c)Shutterstock

Perawatan rambut dan kulit bukan hanya mengandalkan pada perawatan kulit dari luar, tapi juga kecukupan nutrisi dari dalam. Selain memanfaatkan sari bawang bombay mentah sebagai masker wajah maupun rambut, konsumsi bawang dalam kondisi mentah memberikan lebih banyak antioksidan yang mencegah kerusakan kulit dan rambut, hingga mempercepat pertumbuhan rambut.

8. Manfaat Antiseptik

Menjaga kekebalan tubuh bukan satu-satunya manfaat bawang bombay mentah yang mengesankan. Jika mengalami infeksi di bagian mulut, coba makan irisan bawang bombay mentah sebagai pelengkap sandwich atau campurkan sedikit lada bubuk dan minyak sayur sebagai salad yang segar.

Ada banyak manfaat bawang bombay mentah saat rutin dikonsumsi. Namun membayangkan untuk menggigit bawang bombay seperti sedang memakan apel membuatmu mulai merasa ragu. Untungnya ada beberapa cara yang bisa dijajal untuk membiasakan menikmati bawang bombay mentah.

5 dari 6 halaman

9. Dibuat Salad dan Sandwich

(c)Shutterstock © Diadona

ilustrasi (c)Shutterstock

Salad adalah pilihan yang mudah untuk memperkenalkan bawang bombay mentah dalam pola makan sehari-hari. Jajal salad klasik ala Mediterania yang menyajikan irisan bawang bombay mentah bersama sayuran, feta cheese dan zaitun.

Sedangkan Salad khas Kuba banyak menggunakan campuran alpukat, irisan bawang bombay mentah, potongan nanas dan sari jeruk segar. Ada juga inspirasi salad ala French cuisine yang memadukan tuna dan salad bawang bombay mentah yang disiram dengan saus bawang putih dan disajikan dalam roti baguette.

10. Dimasak Sup

Beberapa sup dibuat untuk dimakan dalam kondisi dingin. Gazpacho misalnya yang menawarkan sensasi segar dengan komposisi bawang bombay dan bawang putih, tomat, mentimun atau zucchini, paprika dan rempah-rempah. Untuk alternatif yang lebih enak, aduk potongan bawang bombay mentah ke dalam sup atau taburkan di atas sup krim untuk garnish sekaligus sebagai ekstra nutrisi.

6 dari 6 halaman

11. Diolah Menjadi Saus

(c)Shutterstock © Diadona

ilustrasi(c)Shutterstock

Bisa dibilang saus merupakan cara terbaik untuk memakan bawang bombay mentah. Guacamole menggabungkan alpukat dan bawang bombay mentah yang dicampur menjadi saus bertekstur chunky. Aioli merupakan mayones khas Perancis yang menyengat dan biasanya mengandung bawang putih tapi kamu bisa menggantinya dengan bawang bombay mentah untuk rasa yang lebih menyengat.

Ingin membuat saus celup khas Timur Tengah? Coba ganti bawang putih mentah dengan bawang bombay dan campurkan dengan pasta wijen dan sari lemon untuk membuat tahini atau chickpeas untuk hummus. Pilihan lainnya yang lebih akrab dengan lidahmu adalah saus ala Thailand yang menggunakan bawang bombay mentah, fish sauce, sari jeruk nipis, gula, cabai segar dan terkadang dilengkapi dengan jahe segar.

12. Topping yang Nendang

Jika ingin membiasakan konsumsi bawang bombay mentah secara rutin, coba gunakan potongan-potongan kecil bawang sebagai topping hidangan utama yang sudah dimasak. Mulai dari menambahkan potongan bawang bombay mentah ke saus pasta bolognaise, mashed potato, atau quinoa yang sudah matang. Bisa juga menambahkan rajangan halus bawang bombay mentah ke sup krim bayam atau tumis buncis untuk memberi sensasi yang lebih nendang!

Sudah mulai mencoba memasukkan bawang bombay mentah ke dalam pola makan sehari-hari. sayangnya, sensasi yang agak menyengat membuatmu mulai menyerah. Coba kupas dan potong-potong sesuai resep lalu rendam dalam mangkuk berisi air dingin atau es. Biarkan minimal 10 menit, aduk sesekali sebelum meniriskannya dan menggunakannya dalam resep.

Merendam irisan bawang ke dalam semangkuk air sebelum menyajikannya dapat melarutkan senyawa belerang sehingga menjinakkan citarasa yang menyengat serta aftertaste yang tertinggal di lidah. Untuk menambahkan rasanya, bisa juga merendam irisan bawang bombay mentah dalam sari jeruk nipis, jeruk lemon maupun cuka. Sedangkan untuk bau mulut yang muncul usai memakan bawang bombay mentah, cukup hilangkan dengan mengunyah kacang kenari, almond atau permen mint.

Tak ada alasan lagi untuk ketinggalan semua manfaat bawang bombay mentah untuk kesehatanmu. Selamat mencoba!

Beri Komentar