10 Manfaat Telur Ayam Kampung, Beneran Nggak Sih Bisa Bikin Pria Perkasa?

Reporter : Iwan Tantomi
Rabu, 26 Februari 2020 20:47
10 Manfaat Telur Ayam Kampung, Beneran Nggak Sih Bisa Bikin Pria Perkasa?
Biasa dikonsumsi mentah dengan cara dicampur jamu, katanya sih bisa bikin stamina tubuh jadi terdongkrak.

Kalau menyebutkan mitos pria untuk meningkatkan keperkasaan, kebanyakan mungkin akan menyebutkan manfaat telur ayam kampung. Biasa dikonsumsi mentah dengan cara dicampur jamu, katanya sih bisa bikin stamina tubuh jadi terdongkrak. Walau sama-sama telur ayam, ada perbedaan yang cukup unik antara telur ayam kampung dan telur ayam negeri.

Ayam kampung sendiri merupakan istilah yang disematkan pada ayam yang diberi pakan alami, seperti dedak, biji-bijian, hingga serangga hidup. Biasanya dibiarkan berkeliaran dan tanpa pemberian bahan kimia, pertumbuhannya memang lebih lama dibandingkan ayam yang sengaja diternakkan. Uniknya, perlakuan perawatan ini bukan hanya mempengaruhi ukuran badan ayam, tapi juga telur yang dihasilkan.

1 dari 7 halaman

1. Sudah Tahu Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Ayam Negeri Belum?

ilustrasi © Diadona

Membedakan antara telur ayam kampung dan telur ayam negeri nggak sesulit yang dibayangkan, kok. Selain harganya yang lebih mahal dan jumlahnya lebih langka, biasanya telur ayam kampung memiliki ukuran yang lebih kecil. Bobotnya pun berkisar antara 26 gram hingga 55 gram per telur.

Bukan hanya ukurannya yang berbeda, telur ayam kampung juga memiliki warna cangkang telur yang cenderung putih, dibandingkan telur ayam negeri yang dominan cokelat. Selain soal penampilannya, kandungan gizi antara telur ayam kampung dan telur ayam negeri pun punya perbedaan yang cukup signifikan, lho.

2. Lebih Kaya Nutrisi

Manfaat telur ayam kampung berasal dari kandungan gizinya yang cukup lengkap. Dalam sebutir telur ayam kampung terdapat 196 kkal, 13 gram protein, 15,3 gram lemak, dan beberapa mineral dan vitamin, seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan vitamin B1.

Dibandingkan dengan telur ayam negeri, telur ayam kampung punya beberapa keunggulan. Misalnya lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh, kadar vitamin A dan D yang lebih besar, asam lemak omega 3 dua kali lipat lebih banyak, vitamin E tiga kali lebih banyak, dan beta karoten tujuh kali lebih banyak.

2 dari 7 halaman

3. Membantu Membentuk Massa Otot

ilustrasi © Diadona

Telur ayam sering jadi bahan makanan wajib buat mereka yang lagi getol membentuk badan. Nggak heran sih karena manfaat telur ayam kampung ini berasal dari kadar proteinnya yang tinggi. Selain membentuk massa otot, konsumsi rutin telur ayam kampung juga baik untuk memperbaiki jaringan tubuh serta memproduksi enzim dan hormon.

4. Menu Sarapan Sehat Kaya Vitamin

Soal rasa, telur ayam kampung memang nggak jauh berbeda dengan telur ayam negeri. Sama-sama jadi pilihan menu sarapan yang lezat, manfaat telur ayam kampung baik bagi kesehatan karena mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, B2, B5, B12 C dan E. Selain cocok disantap di pagi hari, bisa juga menjadikan telur ayam kampung sebagai bekal makan siang yang mengenyangkan sekaligus menjaga kondisi tubuh tetap fit.

3 dari 7 halaman

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

ilustrasi © Diadona

Telur mengandung sejumlah besar asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung, dengan membantu menurunkan kolesterol sekaligus mengurangi peradangan ringan di tubuh. Yuk, jaga jantung tetap sehat dengan manfaat telur ayam kampung yang mengandung dua hingga sepuluh kali lebih banyak asam lemak omega-3 dibandingkan dengan telur ayam negeri.

6. Mengontrol Berat Badan

Makanan yang mengandung protein lebih tinggi telah terbukti membuatmu merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Manfaat telur ayam kampung dalam mengendalikan berat badan bukan hanya bergantung pada kadar proteinnya yang cukup tinggi tapi juga kandungan lutein. Nutrisi inilah yang berperan dalam membuat tubuh merasa lebih kenyang, dibandingkan efek yang ditimbulkan setelah makan dada ayam atau steak.

4 dari 7 halaman

7. Baik untuk Kesehatan Mata

ilustrasi © Diadona

Selain memberi efek kenyang lebih lama, lutein bahu-membahu dengan zeaxanthin yang penting untuk menjaga kesehatan dan fungsi mata dengan optimal. Kedua nutrisi ini merupakan senyawa kartenoid yang membantu mata menyaring spektrum sinar biru ultraviolet, pemicu kerusakan serius pada penglihatan. Kadar vitamin A yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan manfaat telur ayam kampung untuk mencegah gangguan mata seperti katarak atau penyakit mata degeneratif lainnya.

8. Kulit Terlindung dari Sinar UV

Hidup di negara tropis membuat kulit terpaksa akrab dengan sinar matahari. Walau disebut sebagai sumber vitamin D alami terbaik, tapi sinar matahari juga dapat memberikan efek yang buruk bagi kulit, apalagi jika terpapar sinarnya yang terkuat pada pukul 10 pagi hingga 2 siang. Untungnya, manfaat telur ayam kampung dapat melindungi kulitmu, berkat kadar lutein dan zeaxanthin di dalamnya.

Bukan hanya menjaga kesehatan mata, nutrisi-nutrisi ini juga melakukan hal yang sama untuk kulit, dengan mencegah efek negatif akibat paparan sinar UV. Bukan hanya disantap, ambil putih telur ayam kampung dan gunakan sebagai masker wajah. Lakukan perawatan wajah ini secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan jerawat.

5 dari 7 halaman

9. Menjaga Kesehatan Hati

ilustrasi © Diadona

Manfaat telur ayam kampung lainnya yang nggak boleh dianggap remeh adalah kandungan kolin di dalamnya. Sebagai makronutrien yang larut dalam air, kolin berperan penting dalam menjaga kesehatan liver. Kekurangan kadar kolin akan membuat lemak dan kolesterol menumpuk di lever yang akan memicu gangguan kesehatan bagi seluruh tubuh.

10. Mengatasi Stres

Bukan hanya menjaga kesehatan liver, kandungan kolin dalam telur ayam kampung juga berperan penting bagi kinerja otak. Makronutrien ini menghasilkan asetilkolin yang meningkatkan fungsi kognitif, memori hingga mengatasi depresi. Kalau merasa bad mood, jenuh atau kurang produktif, nggak ada salahnya mengambil manfaat telur ayam kampung untuk memperbaiki suasana hati dan memperkuat daya ingat.

6 dari 7 halaman

10. Menyehatkan Rambut

ilustrasi © Diadona

Rambut terasa kasar, kering dan gampang rontok? Bisa jadi itu merupakan pertanda tubuh kekurangan protein. Segera konsumsi makanan tinggi protein seperti telur ayam kampung.

Bukan hanya diolah sebagai hidangan yang bercitarasa lezat, optimalkan manfaat telur ayam kampung dengan mengubahnya menjadi masker rambut. Campurkan dengan bahan lainnya seperti madu atau alpukat, oleskan ke seluruh bagian rambut, diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih. Ulangi secara rutin untuk mendapatkan rambut yang mengembang, terasa lembut dan kuat.

7 dari 7 halaman

Ssst, Jangan Sampai Kelebihan Mengonsumsinya, ya!

ilustrasi © Diadona

Manfaat telur ayam kampung memang beragam, tapi hati-hati mengonsumsinya karena adanya risiko paparan Salmonella. Bakteri berbahaya ini bisa berasal dari feses ayam dan bisa tertinggal di cangkang telur meskipun sudah dicuci bersih.

Bisa hilang dengan proses pemanasan, sayangnya nggak sedikit yang mengonsumsi telur ayam kampung secara mentah dan mengalami keracunan makanan. Akibatnya, tubuh mengalami kram perut, demam, mual, diare hingga pusing. Sebaiknya, batasi konsumsi telur ayam kampung mentah atau setengah matang, terutama pada orang-orang yang punya sistem imunitas lemah seperti anak-anak, ibu hamil dan manula.

Jangan ragu untuk konsumsi telur ayam kampung yang dikenal baik bagi kesehatan tubuh. Asal tahu cara tepat untuk mengolah dan mengonsumsinya, manfaat telur ayam kampung pun bisa dimasukkan dalam menu makan sehari-hari.

Beri Komentar