10 Makanan Terenak di Dunia, Nomor 1 dan 2 dari Indonesia loh!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 21 Januari 2021 15:49
10 Makanan Terenak di Dunia, Nomor 1 dan 2 dari Indonesia loh!
Dari sepuluh makanan terenak di dunia ini kamu pasti pernah mencicipi satu diantaranya. Hayo yang mana ya!

Makanan terenak di dunia? Hmm.. Jawabannya mungkin akan sulit dicari karean siapa sih yang pernah mencicipi seluruh sajian di seluruh dunia? Lagian lidah setiap orang tentu berbeda-beda, ya kan?

Tapi untuk memuaskan rasa penasaran kamu mengenai apa sih kira-kira makanan terenak di dunia, beberapa waktu yang lalu CNN bikin survey online yang diikuti oleh 35 ribu suara menentukan makanan apa yang bisa membuat lidah kita bergoyang.

Kepo dengan daftarnya? Yuk simak dalam ulasan berikut ini:

1 dari 5 halaman

Makanan Terenak di Dunia Peringkat 1

Ilustrasi rendang © Diadona

Dan menurut pembaca CNN, makanan terenak did uani jatuh kepada... jeng jeng.. rendang! Yup tak salah lagi, rendang merupakan makanan asal daerah pegunungan, tepatnya daerah Pariangan, Padang, Sumatera Barat.

Rendang adalah olahan daging sapi yang dimasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama menggunakan santan dan aneka rempah seperti campuran serai, lengkuas, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai. Hasilnya adalag hidangan daging yang empuk banget dengan rempah yang kuat.

Kamu pecinta rendang atau bukan nih?

Di tahun 2018, makanan rendang dinobatkan sebagai satu dari lima hidangan nasional Indonesia. Karena siftnya yang tahan lama, rendang juga pernah nih jadi bantuan pangan untuk klorban bencana alam di Indonesia, seperti pada saat gempa bumi Lombok 2018, gempa bumi dan tsunami Sulawesi 2018, tsunami Selat Sunda 2018, dan banjir Bengkulu 2019.

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Terenak di Dunia

Selain rendang, masih ada juag nih satu makanan dari Indoensai yang masuk dalam 10 daftar makana terenak di dunia versi CNN Yuk simak daftar lengkapnya!

10. Kari Massaman- Thailand

Adalah masakan kari dengan perpaduan cita rasa Thailand dan India. Kari ini pakau pasta kari berwarna merah yang khas Thailand sedangkan bumbu uth kering yang digunakannya seperti jintan, kayu manis, pala atau ketumbar adalah pengaruh dari India.

Makanan Terenak di Dunia - Kari Massaman © Diadona

Dibandingkan dengan masakan kari khas India, Kari Massaman ini lebih bercita rasa manis dan nggak terlalu pedas menyengat. Umunya sih makannya disandingkan dengan roti yang emmbuat rasanya jadi makin lezat.

9. Bebek Peking - China

Coba deh lihat tampilannya yang merah keemasan, menggoda banget kan? Nggak heran, cara memasaknya tuh emang rumit. Dimulai dengan memarinasi daging dengan bumbu selama kurang lebih 24 ja, trus ditiriskan selama kurng lebih 6 jam. selanjutnya, makanan terenak di dunia peringkat 9 versi CNN ini dipanggan selama kurnag lebih 45 menit.

Makanan Terenak di Dunia - Bebek Peking © Diadona

Konon sebelum bebek dipotong, bebek kudu dikasih makanan yang bergizi dan membuat dagingnya nggak alot dan juga empuk. Kebayang nggak nih rasa dagingnya yang lembut dan bumbunya yang merasuk?

3 dari 5 halaman

8. Ramen, Jepang

Makanan Terenak di Dunia - Ramen © Diadona

Siapa sih yang nggak tahu makanan khas Jepang ini? Ciri kahsnya adalah bentuk mie yang tipis, berwarna kuning dengan kuah yang dibuat dari berbagai macam kaldu. Isiannya pun juga nggak kalah bikin ngiler, misalnya irissan daging ayam, telur atau berbagai jenis sayuran.

7. Dim Sum, Hongkong

Makanan Terenak di Dunia - Dim Sum © Diadona

Sebenarnya dim sum nggak merujuk pada satu jenis makana, melainkan penyebutan untuk beberapa jenis makanan ringan seperti siomay, pangsit goreng, dumpling dan lainnya. Penyajiannya kahs banget yakni bersama dengan keranjang pengukus.

4 dari 5 halaman

6. Som Tam, Thailand

Makanan Terenak di Dunia - Som Tam © Diadona

Meskipun dipercaya merupakan hidangan dari Laos, tapi Som Tam dipopulerkan oleh kuliner Thailand. Penampakannya tak asing dengan makanan Indonesia yah?

Makan terenak di dunia peringkat enam ini adalah salad pepaya muda yang disajikan dengan paduan bumbu gula, tomat, jeruk limau, saus ikan, kepiting, pasta udang dan juga tomat. Rasanya gimana? Hmm.. ada manis, asam, gurih dan juag sedikit rasa pedas. Hidangan ini terasa renyah karena bahan pepaya muda dan juga terasa segar.

5. Pad Thai, Thailand

Makanan Terenak di Dunia - Pad Thai © Diadona

Kalau Jepang punay ramen, maka Thailand punya sajian mie-nya yakni Pad Thai. Adalah mie kering dengan bumbu dan rempah yang unik karena ada udang kering, sayuran seperti taoge, lobak, kacang juga telur dadars erta lemon di dalamnya. Rasanya gimana? Makanan terenak di dunia nomor lima versi CNN ini punya rasa yang gurih, manis dan juga segar.

5 dari 5 halaman

4. Tom Yam Goong, Thailand

Makanan Terenak di Dunia - Tom Yum © Diadona

Lagi lagi kuliner Thailand masuk dalam daftar sepuluh besar makanan terenak di dunian versi CNN ini. Tom Yum adalah sup ala Thailand yang penuh dengan topping serta kuah yang pedas dan asam. Cita rasanya didapat dari campuran bumbu serai, cabe sampe daun jeruk.

3. Sushi, Jepang

Makanan Terenak di Dunia - Sushi © Diadona

Siapa yang nggak tahu makanan terenak did unia nomor tiga ini? Saking populernya kayaknya hampir gerai makanan dari Jepang ini selalu ada di setiap pusat keramaian. Harganya bervariasi banget, dari yang murah meriah sampai yang lumayan menguras kantong karena dibuat dari bahan premium.

2. Nasi Goreng, Indonesia

Makanan Terenak di Dunia - Nasi Goreng © Diadona

Sebenarnya dalam daftar makan terenak du dunia versi CNN ini terdapat ansi goreng khas Thailand, namun nasi goreng khas Indonesia mendaoatkan perolehan suara sepuluh kali lipat. Apa bedanya?

Nasi goreng Thailand menggunakan bubuk kari sebgaai bumbu utama, trus dicampur dengan kecap ikan dan juga nanas manis. Akhirnya terbentuklah cita rasa yang manis nan gurih. Sedangkan nasi goreng Inonesia punya bumbu yang lebih kompleks dan dibuat secara terpisah. Mungkin itulah yang pada akhirnya membedakan cita rasa nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng Thailand dan juga nasi goreng dari negara lainnya.

Nah itu tadi daftar makana terenak di dunia. Kamu udah cobain yang mana aja?

Beri Komentar