10 Cara Membuat Wedang Jahe Susu untuk Diet dan Ibu Hamil Sederhana dengan Gula Merah

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 14 Februari 2020 21:11
10 Cara Membuat Wedang Jahe Susu untuk Diet dan Ibu Hamil Sederhana dengan Gula Merah
Waktu bersantai akan sangat menenangkan dengan seduhan jahe yang hangat. Simak resep cara membuat wedang jahe di bawah ini!

Waktu sore hari yang hujan seperti saat ini memang menjadikan tubuh mudah meriang. Jangan khawatir, kamu bisa menghangatkan badan kamu dengan wedang jahe ini.

Cara membuat wedang jahe sangatlah mudah. Kamu bisa mencampurkan bahan seperti gula merah, gula putih, madu, dan lemon. Yuk langsung saja simak resep cara membuat wedang jahe yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Wedang Jahe Susu

Wedang Jahe Susu © Diadona

Olahan wedang jahe pertama yang bisa kamu buat di rumah adalah jahe dengan campuran susu. Simak resep selengkapnya cara membuat wedang jahe berikut ini.

Bahan:
- 2 ruas jahe
- 1 batang sereh
- 1 saset susu putih kental manis
- 1/4 gula merah

Cara membuat wedang jahe susu:

Bersihkan jahe, pipihkan jahe dan sereh. Rebus air 1 gelas masukaan jahe. Setelah mendidih masukan gula merah dan sereh. Tambahkan susu kental manis. Hidangkan selagi hangat.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Wedang Jahe untuk Diet

Wedang Jahe untuk Diet © Diadona

Jika kamu dalam masa program diet, kaku juga bisa mencoba olahan wedang jahe dengan campuran lemon berikut ini. Simak resep selengkapnya cara membuat wedang jahe berikut.

Bahan:
- 1 buah lemon ukuran kecil, iris-iris
- 1 ruas jahe, iris/geprek
- 1 gelas kecil air

Cara membuat wedang jahe untuk diet:

Rebus air beserta jahe hingga mendidih. Setelah mendidih tuang ke dalam gelas yang sudah berisi irisan lemon. Tunggu hangat-hangat lalu langsung minum hingga habis.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Wedang Jahe untuk Ibu Hamil

Wedang Jahe © Diadona

Campuran lemon dan madu organik juga bisa kamu buat untuk bahan wedang jahe di rumah. Wedang jahe ini bisa dikonsumsi untuk ibu hamil. Simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:
- Air mendidih
- 1 sdm jahe segar parut halus
- 1 sdm lemon segar
- 1 sdm madu organik mentah

Cara membuat wedang jahe untuk ibu hamil:

  1. Masukkan jahe dalam teko atau mangkuk sedang. Tuangkan 1 cangkir air mendidih di atasnya dan biarkan curam selama setidaknya 5 menit.
  2. Sementara itu, dalam cangkir, campurkan jus lemon dan madu. Saring teh jahe ke dalam cangkir. Aduk untuk melarutkan madu. Cicipi dan tambahkan lebih banyak madu atau lemon jika suka.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Wedang Jahe Sederhana

Wedang Jahe Sederhana © Diadona

Cara membuat jahe sangatlah sederhana. Dengan bahan jahe juga gula merah kamu bisa langsung membuatnya. Simak resep selengkapnya cara membuat wedang jahe di bawah ini.

Bahan:
- 1 ruas jahe
- Gula merah/Gula aren

Cara membuat wedang jahe sederhana:

  1. Bersihkan jahe, kemudian geprek kasar. Rajang gula merah sampai halus, banyaknya bisa sesuai selera.
  2. Rebus bersamaan (jahe & gula merah) dengan api kecil agar air lebih terasa jahe nya. Setelah mendidih, jangan lupa saring agar kotoran tanah bekas jahe tidak ikut masuk, kemudian sajikan selagi hangat.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Wedang Jahe Gula Merah

Wedang jahe yang terkesan pedas menghangatkan ini akan sedikit ternetralisir rasanya dengan manis dan aroma khas gula merah. Simak resep selengkapnya cara membuat wedang jahe gula merah berikut.

Bahan:
- 30 gram jahe merah
- 50 gram gula merah
- 1 batang sereh
- 600 ml air
- Sejumput garam

Cara membuat wedang jahe gula merah:

  1. Bakar jahe diatas kompor, kemudian kupas lalu potong-potong. Iris halus gula merah. Geprek sereh bagian putihnya, lalu bentuk simpul.
  2. Dalam panci, rebus secara bersamaan gula merah, jahe, sereh dan garam dengan api kecil sampai mendidih dan airnya sedikit surut. Matikan api.
    Saring wedang. Sajikan selagi hangat.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Wedang Jahe Merah

Wedang Jahe Enak © Diadona

Salah satu jenis jahe yang bisa kamu buat dan memiliki aroma kuat adalah jahe merah ini. Simak langsung resep cara membuat wedang jahe merah berikut.

Bahan:
- 2 ons jahe merah
- 2 batang kayu manis
- 2 jumput kapulaga
- Sejumput cengkeh
- Sepotong kecil gula merah
- 2 liter air

Cara membuat wedang jahe merah:

Kupas/kerok kulit ari jahe merah. Cuci bersih, kemudian geprek. Tambahkan air, masukkan bumbu kapulaga, cengkeh, kayu manis, gula merah. Kemudian rebus hingga mendidih. Setelah mendidih bisa tambahkan gula pasir lagi jika suka.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Wedang Jahe yang Enak

Wedang Jahe © Diadona

Wedang jahe yang menghangatkan dengan aroma khas bisa membantu melepas rasa lelah setelah bekerja. Simak resep cara membuat wedang jahe enak berikut ini.

Bahan:
- 500 ml air
- 2 batang sere
- 2 lembar daun pandan
- 2 batang kayu manis
- 1 potong jahe(agak besar)
- 1 sdm gula aren/gula merah
- 1/2 sdm asem jawa

Cara membuat wedang jahe yang enak:

Siapkan bahan, cuci sere, daun pandan dan kayu manis. Campur semua bahan, beri air. Masak sampai air berkurang. Minum selagi hangat.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Wedang Jahe yang Benar

Wedang Jahe © Diadona

Kamu tentunya bisa banget membuat olahan wedang jahe yang benar dengan melihat resep cara membuat wedang jahe berikut. Selamat mencoba!

Bahan:
- 2 rimpang jahe (cuci bersih, memarkan atau geprek)
- 2 gelas air
- 7 cm kayu manis
- Madu (secukupnya)
- 1 batang serai (memarkan)

Cara membuat wedang jahe yang benar:

  1. Siapkan semua bahan, rebus air hingga mendidih bersama jahe, batang serai dan kayu manis di atas api sedang kira-kira selama 15 menit.
  2. Jika sudah mendidih, angkat, tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan madu secukupnya agar rasanya semakin nikmat. Sajikan wedang jahe bersama kue kering atau camilan sehat kacang bawang.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Wedang Jahe untuk Obat Batuk

Wedang Jahe Obat Batuk © Diadona

Wedang jahe juga bisa dibuat untuk meredakan batuk. Cara penggunaannya harus tlaten ya. Simak resep cara membuat wedang jahe berikut ini.

Bahan:
- 1 gelas besar
- 500 ml air matang
- 1 ruas jahe
- 1 butir jeruk nipis peras
- Sedikit gula merah

Cara membuat wedang jahe untuk obat batuk:

  1. Parut jahe pakai parutan keju. Tuang ke panci. Masukkan gula merah. Tuang air 250 ml saja dan rebus hingga mendidih pakai api sedang. Didihkan sebentar saja.
  2. Setelah mendidih matikan kompor dan tuang air sisa 250ml lagi. Saya sengaja pakai cara begini agar wedang jahe tidak panas dan bisa langsung diminum. Masukkan jeruk nipis peras, aduk-aduk lalu saring. Wedang jahe siap diminum.
  3. Tips minumnya saat tenggorokan terasa sangat gatal dan batuknya sampai nggigil tidak harus langsung banyak namun sedikit demi sedikit. Tenggorokan akan terasa sangat lega dan batuk jadi reda.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Wedang Jahe Instan

Kamu juga bisa membuat wedang jahe dengan campuran kopi instan. Simak resep cara membuat wedang jahe instan di bawah ini.

Bahan:
- 2 ruas jari jahe, geprek/iris
- 50 gram gula aren
- 1 sachet (2 gram) kopi hitam instant
- 2-3 sdm susu kental manis
- 250 ml air

Cara membuat wedang jahe instan:

  1. Campur air, gula aren, kopi, dan jahe. Masak hingga mendidih agak lama supaya rasa jahenya kuat.
  2. Saring kopi lalu tuang ke dalam gelas yang telah diisi susu kental manis. Sajikan saat hangat.

Nah, itulah beberapa resep cara membuat wedang jahe yang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah. Bagaimana, tertarik untuk membuatnya?

Beri Komentar