10 Cara Membuat Combro dan Misro Renyah yang Enak Isi Oncom Tempe Pedas Setan Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 29 Maret 2020 23:10
10 Cara Membuat Combro dan Misro Renyah yang Enak Isi Oncom Tempe Pedas Setan Sederhana
Bingung ingin makan camilan yang enak dan bikin nagih? Coba deh masak resep combro berikut! Pas banget disajikan dengan seduhan teh hangat di rumah.

Salah satu olahan gorengan enak yang wajib kamu coba adalah combro. Yap, gorengan yang berasal dari Jawa Barat atau Sunda ini memang pas banget menjadi camilan keluarga bersama hangatnya teh manis. Combro sendiri diolah dari parutan singkong yang dicampur dengan kelapa parut dan beberapa bumbu. Cara membuatnya pun cukup dibentuk bulat atau lonjong dengan isian oncom bumbu sambal dan terakhir digoreng dalam minyak panas.

Nah, jika kamu sedang gabut di rumah, maka pas banget untuk membuat olahan combro ini. Nggak perlu ribet menikmati sajian enak untuk membuat perut kenyang. Cukup dengan bahan sederhana singkong yang murah, kamu bisa membuat combro yang tentunya enak dan bikin ketagihan. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat combro yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Combro Renyah

Ilustrasi Combro Renyah © Diadona

Sajian gorengan combro ini akan semakin enak saat disantap dalam keadaan hangat. Tekstur kulitnya yang renyah pada luarnya dan ditambah dengan isian oncom yang dibumbui sederhana bisa membuat waktu bersantapmu semakin nikmat. Yuk, nggak perlu ribet! Langsung saja persiapkan bahan cara membuat oncom renyah berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong, parut
- 2 sdm margarin
- Secukupnya garam
- 1 batang daun bawang

Bahan isian:
- 2 buah oncom, hancurkan
- 6 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 3 cm kencur
- Secukupnya garam dan gula pasir atau gula merah
- 50 ml air
- 1 batang daun bawang

Cara membuat combro renyah:

a. Buat bahan isiannya dengan cara haluskan cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih dan kencur. Tumis hingga harum, masukkan daun bawang yang sudah diiris, lalu masukkan oncom yg sebelumnya sudah dihancurkan atau diremas.

b. Beri 50 ml air, aduk supaya tidak gosong, beri garam dan gula pasir secukupnya, jangan lupa tes rasa lalu masak hingga air menyusut dan matang. Parut singkong, lalu masukkan margarin, daun bawang dan garam, tes rasa lalu aduk rata.

c. Ambil 1 sdm adonan combro beri isian 1 sdt bahan isian, lalu bulatkan bentuk sesuai selera. Goreng dalam minyak panas hingga matang kecoklatan dengan api sedang, balik hinga matang merata.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Combro dan Misro

Ilustrasi Combro dan Misro © Diadona

Selain olahan combro dengan isian rasa gurih asin, kamu juga bisa membuat misro degan perpaduan rasa gurih dan manis gula jawa. Langsung saja simak resep anti ribet cara membuat combro dan misro di bawah ini.

Bahan:
- 500 gram singkong
- 1 buah kentang kukus
- 3 sdm kelapa setengah tua, parut
- Daun bawang
- 2 papan oncom
- 3 buah cabai merah keriting
- 5 buah cabai rawit merah
- 2 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 1 ruas jari kencur
- Daun salam
- Lengkuas
- 1 butir gula merah
- Garam
- Kaldu bubuk

Cara membuat combro dan misro:

a. Buat adonan kulit dengan cara parut halus singkong, diamkan sekitar 30 menit. Buang airnya agar tidak terasa pahit.

b. Aduk rata singkong halus bersama kelapa parut dan kentang kukus yang sudah dihaluskan. Beri garam secukupnya, bagi dua adonan untuk combro dan misro. Tambahkan potongan daun bawang untuk adonan combro lalu sisihkan.


c. Buat sambal oncom untuk combro, cuci bersih oncom, peras sisa airnya, haluskan, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, kencur dan cabai. Tumis beri lengkuas dan daun salam, masukkan oncom halus beri gula garam dan kaldu bubuk, koreksi rasa.

d. Buat combro denga cara ambil 2 sendok adonan kulit, beri 1 sendok sambal oncom bentuk lonjong. Buat misro dengan cara
ambil 2 sendok adonan kulit, beri 1 potong kecil gula merah bentuk bulat.

e. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kekuningan. Combro dan misro siap dihidangkan.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Combro Kering

Ilustrasi Combro Kering © Diadona

Sajian combro gurih ini akan sangat nikmat dengan diolah menjadi tektur kering. Kamu harus memeras parutan singkong hingga airnya asat lalu adonannya siap untuk dibulatkan dengan bahan isian seukuran kelereng agar saat digoreng combronya bertekstur kering dan renyah. Yuk langsung saja deh simak resep cara membuat combro kering berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong, parut dan peras airnya
- 1 1/2 sdm mentega
- 1 sdm tepung kanji
- Minyak untuk menggoreng

Bahan untuk tengahnya:
- 1 potong tempe
- 3 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 50 gram kencur
- Cabe rawit sesuai selera

Cara membuat combro kering:

a. Blender semua bahan untuk tengahnya hingga lembut, tambahkan garam, penyedap rasa, dan sedikit gula. Masak hingga matang lalu sisihkan. Aduk hingga rata bahan singkong, mentega, tepung kanji, garam, dan penyedap rasa.

b. Lalu bulatkan adonan sebesar kelereng kemudian pipihkan, lakukan hingga adonan habis. Jangan lupa tengahnya diberi tempe yang sudah dimasak tadi.

c. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng hingga kering. Combro kering siap dihidangkan.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Combro yang Enak

Ilustrasi Combro yang Enak © Diadona

Gorengan combro gurih ini memang salah satu pilihan camilan enak dan mudah kamu buat sendiri di rumah. Hanya dengan memanfaatkan bahan singkong sederhana, kamu sudah bisa mendapatkan camilan enak dan tentunya dalam porsi yang banyak sesuai selera. Dijamin kamu dan keluarga akan menyukainya. Simak saja langsung resep cara membuat combro yang enak berikut ini.

Bahan:
Bahan kulit:
- 500 gram singkong
- 2 batang daun bawang, potong-potong
- 1 sdm margarine
- Secukupnya garam

Bahan isian:
- 100 gram oncom, hancurkan dengan sendok
- 1 genggam daun kemangi
- 50-75 ml air
- 3 sdm minyak goreng

Bumbu halus:
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 cm kencur
- 3 buah cabai rawit setan atau sesuai selera
- 1 sdt gula merah
- Secukupnya garam

Cara membuat combro yang enak:

a. Haluskan baahan bumbu halus, panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun kemangi, aduk rata lalu masukkan oncom. Beri air sedikit demi sedikit. tes rasa, angkat dan sisihkan.

b. Buat kulitnya dengan kupas singkong, cuci bersih dan parut. Beri margarine, secukupnya, garam, dan potongan daun bawang, aduk rata.

c. Ambil 1 sdm adonan kulit. Pipihkan lalu beri isian secukupnya tumisan oncom tadi. Katupkan di sepanjang sisinya hingga menutup sempurna. Bentuk lonjong-lonjing.

d. Panaskan minyak goreng secukupnya. Goreng combro hingga kuning keemasan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Combro yang Garing dan Renyah

Ilustrasi Combro © Diadona

Combro akan semakin gurih saat kamu menambahkan bahan daun bawang dalam adonan kulitnya. Nggak perlu ribet, kamu cukup segera menyiapkan bahan dasar singkong dan bumbu isian untuk sambal oncomnya. Yuk, nggak boleh mager! Langsung saja simak resep mudah cara membuat combro yang garing dan renyah berikut ini. 

Bahan bumbu:
- 1 kg singkong
- 3 sdm tepung kanji
- 100 gram kelapa
- 2 batang daun bawang
- Secukupnya garam
- Secukupnya minyak goreng

Bahan isi:
- 250 gram oncom, potong kecil
- 1 batang daun bawang, potong-potong ukuran 1 cm
- 3 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 5 buah cabe rawit merah
- Secukupnya garam
- Secukupnya merica bubuk
- Secukupnya gula pasir

Cata resep Cara membuat Combro renyah:

a. Parut singkong lalu peras airnya dan kelapa. Campur dengan tepung kanji, daun bawang dan garam. Aduk adonan hingga rata.

b. Buat isiannya dengan cara haluskan bumbu isian seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe. Tumis bumbu tersebut sampai harum, kemudian masukkan daun bawang.

c. Masukkan juga bahan oncom, aduk rata hingga oncom tercampur dengan bumbu dan agak hancur.

d. Tambahkan garam, merica dan gula pasir, masak hingga matang, cicipi dan dinginkan.

e. Ambil sedikit adonan singkong, pipihkan lalu isilah oncom, bntuk adonan menjadi oval hingga oncom tertutup. Lakukan terus sampai adonan habis. Goreng hingga matang dan kering.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Combro Pedas

Ilustrasi Combro Pedas © Diadona

Jika kamu pencinta olahan pedas, maka bisa juga menambahkan ekstra cabe dalam bahan isian combro ini. Jangan lupa untuk menambahkan pula bahan serai, daun bawag, dan daun salamnya agar raanya tambah sedap dan nempol. Yuk segera bergegas di dapur dan berkreasi dengan resep cara membuat combro pedas berikut ini.

Bahan:
- 450 gram singkong parut beku atau bisa menggunakan singkong segar yang diparut sendiri
- 150 gram kelapa parut kering, tambahkan sedikit santan, bisa juga memakai kelapa parut segar
- 1/2 sdt garam

Bahan isi:
- 150 gram oncom
- Secukupnya air, gula, garam dan merica

Bumbu:
- 3 buah bawang putih, cincang halus
- 5 buah cabe rawit merah, cincang halus
- 2 buah cabe merah besar, iris serong
- 1/2 buah bawang bombai
- 1 batang serai, memarkan
- 1 batang daun bawang, iris serong
- 1 lembar daun salam

Cara membuat combro pedas:

a. Buat isiannya dengan cara tumis bawang putih, cabe rawit, cabe merah besar, dan bawang bombai hingga harum.

b. Tambahkan serai, daun salam dan daun bawang, masukkan oncom beri sedikit air tambahkan gula garam dan merica. Masak hingga matang dan air habis, cicipi rasa, angkat dan sisihkan.

c. Biarkan parutan singkong melunak, karena memakai singkong parut beku. Letakkan di mangkok besar, taburi garam, parutan kelapa yang telah dicampur santan dan aduk rata.

d. Ambil adonan lalu pipihkan, isi dengan bahan isian, kemudian bentuk oval. Bisa juga dibentuk bulat atau sesuai selera. Goreng di dalam minyak panas, angkat dan tiriskan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Combro Sederhana

Ilustrasi Combro Sederhana © Diadona

Olahan combro sederhana ini cocok kamu buat di rumah. Pas banget bagi kamu wanita karir dengan mobilitas tinggi. Nggak perlu bingung untuk menyajikan makanan dan camilan enak untuk keluarga. Walau pun sibuk, tetap bisa mengolah camilan enak di rumah dan tentunya anti ribet. Simak saja deh resep cara membuat combro sederhana berikut ini.

Bahan:
- 250 gram parutan ketela
- 1 sdm garam dapur
- 1 sdm bumbu semur
- Secukupnya minyak kelapa

Isian:
- 1 sdm garam
- 8 pcs cabe rawit
- 1 siung kemiri
- 2 buah tempe bungkus daun pisang
- 1 siung bawang putih
- 1 siung bawang merah
- 1 sdm minyak kelapa untuk menumis
- 40 gram gula aren

Cara membuat combro sederhana:

a. Siapkan parutan ketela, kemudian campur dengan bahan garam dan bumbu kuning, campur hingga rata dan sisihkan.

b. Haluskan bumbu cabe, kemiri, bawang putih, gula aren, dan bawang merah. Haluskan juga tempe, dan campur dengan sambal yang sudah dihaluskan. Panaskan minyak dan tumis sambal tempe tersebut.

c. Setelah sambal tempe matang, ambil beberapa adonan, pipihkan dan masukkan sambal tempe, lakukan hingga adonan habis.

d. Goreng combro sampai kering, bolak balik agar matang merata.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Combro Isi Oncom Pedas

Ilustrasi Combro Oncom Pedas © Diadona

Combro dengan isian oncom pedas juga bisa kamu buat sebahgai sajian camilan kelurga. Dijamin kamu akan suka dengan rasa sedap serta sensasi pedas oncomnya. Simak langsung resep cara membuat combro isi oncom pedas yang enak berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg singkong, kupas dan parut
- 1 bungkus kelapa parut
- Secukupnya garam

Isi dan bumbu halus:
- 1 lonjor oncom
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 10 buah cabe merah
- 1 ruas kencur
- 1 lembar salam
- Secukupnya garam, gula dan lada

Cara membuat combro isi oncom pedas:

a. Campur bahan parutan singkong, kelapa parut, dan garam kemudian aduk rata.

b. Cuci oncom dan tiriskan. Bejek-bejek oncom. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan oncom. Tambahkan garam, gula dan lada. Tes rasa sesuai selera, masak hingga matang dan angkat.

c. Ambil sedikit adonan combro, beri bahan isian. Rapatkan bentuk lonjong atau bulat sesuai selera. Goreng hingga matang.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Combro Isi tempe

Ilustrasi Combro Isi Tempe © Diadona

Olahan sederhana combro tentunya bisa kamu buat dengan bahan isian tempe sederhana ini. Selain enak dan murah, tempe merupakan salah satu bahan olahan dengan kandungan protein nabati yang bagus untuk keperluan gizi sehari-hari. Yuk simak langsung resep cara membuat combro isi tempe berikut ini. 

Bahan:
- 500 gram singkong
- 250 gram tempe
- 100 gram daun kemangi

Bahan bumbu:
- 5 siung bawang putih
- 7 siung bawang merah
- 50 gram udang rebon kering
- 15 buah cabe rawit
- 1 sdt merica
- Secukupnya garam
- 1/2 bungkus kaldu ayam
- Secukupnya minyak goreng

Cara membuat combro isi tempe:

a. Kupas singkong, cuci bersih dan bumbu. Parut halus singkong. Haluskan bawang putih, bawang merah, udang rebon, dan cabe rawit.

b. Untuk bahan tempe cukup ditumbuk kasar. Siangi daun kemangi dan cuci bersih.

c. Buat bahan isi dengan panaskan minyak tumis bumbu halus, masukkan tempe, kemangi, merica, kaldu dan garam secukupnya. Aduk rata dan masak kurang lebih 7-10 menit.

d. Ambil satu kepal singkong parut yang sudah dicampur garam halus. Pipihkan, masukkan bahan isi, dan kepal lagi.

e. Panaskan minyak untuk menggoreng dengan api kecil, masukkan adonan combro masak hingga kecoklatan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Combro Setan

Ilustrasi Combro Pedas © Diadona

Sajian combro setan ekstra pedas ini memang cocok banget kamu olah sebagai camilan di rumah. Sensasi enak dan pedasnya wajib banget kamu coba. Nggak perlu ribet karena bahan yang diperlukan mudah kamu temui. Simak langsung resep cara membuat combro setan berikut ini.

Bahan:
- 1 kg singkong
- 1/4 kg kelapa parut
- 7 sdm tepung kanji
- 2 tangkai daun bawang
- 3 tangkai daun seledri
- 100 gram cabe rawit
- 3 siung bawang putih
- 7 siung bawang merah
- Secukupnya garam, gula, dan penyedap rasa
- 5 sdm merica bubuk

Cara membuat combro setan:

a. Kupas kulit singkong kemudian cuci bersih dan parut semua singkong. Peras parutan singkong, hingga tidak ada airnya.

b. Potong semua bahan seperti daun bawang, daun seledri, bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit.

c. Campurkan singkong beserta kelapa parut hingga merata, tambahkan tepung kanji dan uleni lagi. Tambahkan semua bahan yang sudah dipotong, dan uleni hingga tercampur.

d. Tambahkan garam, gula, penyadap rasa dan merica bubuk, uleni lagi. Goreng combro hingga matang.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat combro dan misro renyah yang enak isi oncom tempe pedas setan sederhana. Cocok banget kamu hidangkan untuk keluarga di rumah. Yuk, langsung saja persiapkan bahan-bahannya, ya!

Baca juga yuk: 9 Cara Membuat Pepes Ikan Mas, Patin, Nila, Teri, Tongkol, Peda, Bandeng, Mas, Dan Mujair Yang Enak

Beri Komentar