Tata Cara Tayamum di Pesawat yang Benar Beserta Niatnya dan Gambarnya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 18 Januari 2020 11:00
Tata Cara Tayamum di Pesawat yang Benar Beserta Niatnya dan Gambarnya
Jika nggak ada air, kamu bisa menyucikan diri selain dengan berwudhu, yaitu dengan melakukan tata cara tayamum yang benar.

Seperti halnya berwudhu, tata cara tayamum merupakan aktivitas yang dilakukan dalam islam untuk menyucikan diri dari hadas kecil atau hadas besar.

Namun, tata cara tayamum berbeda dengan berwudhu. Sebab, tata cara tayamum nggak menggunakan air, melainkan dengan debu atau pasir.

Tata cara tayamum pada umumnya dilakukan jika nggak ada air. Atau, biasanya terhalang oleh sesuatu hal, misalnya saja sakit demam. Jadi, tata cara tayamum nggak boleh dilakukan sembarangan. Pun ada syarat tata cara tayamum yang perlu kamu ketahui.

Seperti yang telah disebutkan dalam surah an-Nisa ayat 43:

"Yaa ayyuhaannaasuuttaquu rabbakumul-ladzii khalaqakum min nafsin waahidatin wa khalaqa minhaa zaujahaa wa bats-tsa minhumaa rijaaalan katsiiran wa nisaa-an waattaquullahal-ladzii tasaa-aluuna bihii wal arhaama innallaha kaana 'alaikum raqiibaa(n)"

Artinya:
“ Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu.”

Gimana lengkapnya pelaksanaan tata cara tayamum? Dirangkum dari berbagai sumber, begini caranya!

1 dari 4 halaman

Tata Cara Tayamum yang Benar

Untuk dapat melaksanakan tata cara tayamum yang benar, kita sebagai umat muslim perlu mengetahui apa saja syarat tata cara tayamum. Kira-kira apa saja, ya, syarat tata cara tayamum itu? Intip tulisan berikut, ya!

Pertama, syarat agar bisa melakukan tata cara tayamum adalah ketiadaan air. Baik airnya benar-benar tidak ada, maupun ada tetapi hanya cukup untuk kebutuhan minum bertahan hidup.

Kedua, letak memperoleh air yang jauh, sekitar 2,5 kilometer. Tentunya, hal ini akan mempersulit diri dan akan berakibat buruk pada aktivitas fisik nantinya.

Ketiga, kesulitan atau terhalang menggunakan air. Misalnya terdapat musuh, atau binatang buas yang menghalangi.

Keempat, kedinginan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya saja kamu sedang dalam keadaan sakit panas, sehingga nggak memungkinkan untuk berwudhu.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Tayamum di Pesawat

Allah SWT. memberikan kemudahan untuk hambanya agar tetap bisa beribadah kepada-Nya di dalam kondisi apapun, termasuk ketika dalam sedang dalam perjalanan di pesawat. Untuk bersuci, para traveler bisa melakukan tata cara tayamum agar sah sholatnya.

Nah, gimana tata cara tayamum di pesawat?

1. Tempelkan kedua telapak tangan pada kursi di depan kamu. Atau, dinding pesawat pun boleh.
2. Sapukan kedua telapak tangan ke wajah secara menyeluruh.
3. Tempelkan kembali kedua telapak tangan pada kursi di depan atau dinding pesawat yang berlum tersentuh.
4. Usap rata tangan kanan dengan telapak tangan kiri, begitu juga sebaliknya dengan tangan kiri.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Tayamum dan Niatnya

Melakukan tata cara tayamum hendaknya juga disertai dengan pelafazan niat. Bagimana melaksanakan tata cara tayamum dengan niatnya? Gulir ke bawah, ya!

Pertama, siapkan atau cari debu terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di dinding, meja, atau apapun.
Kedua, sambil menghadap kiblat, bacalah basmalah yang kemudian letakkan kedua telapak tangan dirapatkan pada tempat debu.
Ketiga, usapkan debu yang ada di kedua telapak tangan pada seluruh wajah sambil mengucapkan niat di dalam hati.

Niat tata cara tayamum adalah:
" Nawaitut tayamumma lisstibaahatish shalaati fardlol lillaahi ta'alaa."

Artinya:
" Aku niat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan shalat, fardhlu karena Allah ta'ala."

Keempat, letakkan kedua telapak tangan pada debu. Namun, letakkan di tempat yang belum kamu sentuh.

Kelima, telakkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan. Kemudian usapkan telapak tangan kiri pada lengan kanan sampai siku, lalu memutar ke dalam lengan kanan hingga kembali ke bagian pergelangan.

Keenam, alihkan tata cara tersebut pada lengan kiri.

Ketujuh, pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan pada sela-sela jari.

Terakhir, berdoa. Adapun doa tata cara tayamum adalah sebagai berikut:

" Asyhadu Allaa Ilaaha Illalloohu Wahdahuu Laa. Syariika Lahu Wa Asyhadu Anna Muhammadan 'Abduhuuwa Rosuuluhuu, Alloohummaj'alnii Minat Tawwaabiina Waj'alnii Minal Mutathohhiriina."

Artinya:
" Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh)."

4 dari 4 halaman

Tata Cara Tayamum Beserta Gambarnya

Nggak sedikti orang yang lebih tertarik belajar melalui gambar atau visual. Biasanya, orang-orang yang seperti ini akan lebih mudah paham apa yang mereka pelajari dengan apa yang mereka lihat, termasuk dengan bagaimana melaksanakan tata cara tayamum. Untuk lebih jelasnya, simak video berikut, yuk!

Dalam video tersebut, tata cara tayamum diawali dengan niat. Lalu, tata cara tayamum berikutnya adalah menempelkan kedua telapak tangan pada kursi, untuk mencari debu. Selanjutnya adalah membasuh wajah secara menyeluruh dengan debu pada kedua telapak tangan tadi (bisa memulainya dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas). Lalu ambil debu di kursi pada sisi yang lain. Kemudian, usapkan debu di telapak tangan tadi pada kedua tangan sampai siku. Ikuti tata cara tayamum ini sesuai video, ya!

Nah, begitulah bagimana melakukan tata cara tayamum. Bagaiman mana menurutmu? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar