5 Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia dengan Fasilitas Mewah Lengkap dan Kurikulum Internasional

Reporter : Aditia
Rabu, 3 April 2024 20:07
5 Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia dengan Fasilitas Mewah Lengkap dan Kurikulum Internasional
Memilih sekolah terbaik untuk anak sangat penting untuk perkembangan akademis si kecil dengan fasilitas dan sistem edukasi yang lengkap

Memilih sekolah dasar yang terbaik untuk anak merupakan keputusan penting untuk orangtua. Lantaran SD termasuk pendidikan pertama yang akan diterima si kecil untuk berkembang nantinya. Maka dari itu hal tersebut yang menjadikan alasan bagi orangtua untuk mencari sekolah dasar yang terbaik dan mendaftarkan buah hati tercintanya ke sekolah tersebut. 

Di Indonesia terdapat beberapa pilihan sekolah dasar yang menawarkan pendidikan berkualitas. Namun, bagaimana cara menentukan sekolah yang terbaik untuk si kecil?

 

1 dari 7 halaman

Cara Menentukan Sekolah Dasar yang Terbaik untuk Anak

Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia © Diadona© Freepik

Setiap orangtua pastinya mempunyai beberapa kriteria sekolah untuk anaknya. Banyak hal yang dapat dipertimbangkan, mulai dari fasilitas, kualitas pendidikan, hingga lingkungan sekolah serta status sosial. Lalu apa saja yang seharusnya diperhatikan untuk memilih sekolah dasar yang terbaik untuk anak?

  • Reputasi Sekolah

Orangtua harus mencari tau apakah sekolah tersebut memiliki reputasi yang baik dalam memberikan pendidikan yang terjamin dan menghasilkan murid yang berhasil untuk studinya.

  • Fasilitas Sekolah

Sekolah dasar merupakan pendidikan awal bagi anak, tentunya fasilitas merupakan hal yang penting untuk diperhatikan agar anak nyaman untuk menimba ilmu di dalamnya sebagai penunjang, seperti kelas yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, lapangan olahraga, laboratorium, hingga kantin

  • Kurikulum yang Diterapkan Sekolah

Pastikan sekolah menggunakan standar pendidikan nasional maupun kurikulum internasional, sesuai dengan pilihan dan kesepakatan orangtua. Sehingga sekolah dapat berperan optimal dalam mengembangkan potensi dan minat anak

  • Lokasi

Hal yang tak kalah penting untuk memilih sekolah adalah mempertimbangkan lokasi sekolah tersebut. Pilihlah lokasi yang mudah diakses dan lingkungan yang aman bagi anak-anak.

 

2 dari 7 halaman

Rekomendasi 5 Sekolah Dasar Terbaik untuk Anak

Setelah mengetahui berbagai pertimbangan untuk memilih sekolah dasar bagi buah hati tercinta, berikut merupakan pilihan sekolah dasar terbaik di Indonesia yang dapat kamu jadikan referensi: 

 

3 dari 7 halaman

1. Sekolah Cikal

Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia © Diadona© mommiesdaily.com

Sekolah ini memiliki kurikulum berbasis nasional dan internasional (International Baccalaureate (IB) dan Cambridge International Curriculum) dan berada di Cilandak, Serpong dan Tangerang. 

Metode pembelajaran di sekolah cikal adalah dengan cara banyak dilakukannya diskusi dengan teman sebayanya. Dengan tujuan agar dapat melakukan pemecahan masalah dengan baik. Sekolah ini juga menekankan pendidikan karakter pada anak. Setiap tahun ajaran baru, para guru dan orangtua akan bersama menentukan target dan pencapaian anak dalam satu semester

Fasilitas yang ditawarkan sekolah cikal juga tak kalah bagus dan dapat menunjang pembelajaran siswa, seperti teacher support dan sekolah sihir Hogwarts yang terinspirasi dari film fantasi Harry Potter. Siswa disini juga masing-masing memiliki identitas ‘House of Cikal’.

4 dari 7 halaman

2. SD Kupu-Kupu

Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia © Diadona© sdkupukupu.sch.id

Dengan fokus pembelajaran pada kebudayaan Indonesia, sekolah dasar ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Fokus tersebut bertujuan untuk menumbuhkan toleransi akan keberagaman budaya yang ada di Indonesia. 

Sekolah ini juga fokus pada pengembangan potensi dan pendidikan karakter pada anak. Adanya shadow teacher untuk mendampingi siswa yang mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsung di pelajaran akademik maupun non-akademik.

Berlokasikan di wilayah Bangka, Kemang, Jakarta Selatan, sekolah ini memiliki fasilitas ruang terbuka dan kebun yang cukup luas untuk anak-anak bermain.

 

5 dari 7 halaman

3. SD Al-Azhar Pusat

Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia © Diadona© sdia1.al-azhar.sch.id

Bagi orangtua yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan Islam lebih, Al-Azhar merupakan pilihan terbaik.  Selain fokus agama yang kuat, sekolah ini juga memiliki kurikulum cambridge dan menawarkan jenjang pendidikan yang berkelanjutan.

 

6 dari 7 halaman

4. Sampoerna Academy Sentul

Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia © Diadona© sdia1.al-azhar.sch.id

Memiliki kurikulum dengan metode pendidikan Amerika Serikat, yaitu science, technology, engineering, arts, and math yang dapat mendorong siswa untuk mengutamakan budaya, inovasi, dan kolaborasi dalam setiap pembelajaran yang mereka lakukan. Serta bertujuan untuk menerapkan penguasaan berbagai bahasa asing dengan tujuan peningkatan integrasi komunikasi. 

Sekolah yang terletak di Bogor ini, ujian internasionalnya dilaksanakan dengan basis NWEA MAP American College Readiness Assessment, Cambridge Checkpoint, hingga program ujian IB Diploma.

 

7 dari 7 halaman

5. Medan Independent School

Sekolah Dasar Terbaik di Indonesia © Diadona© mismedan.org

Satu-satunya sekolah yang berada di Sumatera Utara yang memiliki standar internasional dan sudah lama berdiri sejak 1969 dengan luas sekolah sekitar 7 hektar. Dilengkapi dengan fasilitas yang tidak kalah bagus dengan sekolah terbaik lainnya di Indonesia, yaitu ruangan kelas yang ber-AC, perpustakaan, hingga taman bermain. Dengan begitu sekolah ini sangat cocok bagi orangtua dan anak yang menunjang kenyamanan.

Dengan mempertimbangkan segala kriteria dan kebutuhan si kecil dan menyesuaikan keinginan orangtua, pemilihan sekolah yang terbaik akan jauh lebih mudah. Pastikan kamu melakukan riset dan berkonsultasi dengan orang sekitarmu agar tidak salah pilih ya, Diazens!

Editor: Najwa Al Rasyidah

Beri Komentar