5 Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi yang Aman untuk Kulit Sensitif Si Kecil

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 16 Mei 2024 18:46
5 Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi yang Aman untuk Kulit Sensitif Si Kecil
Ingatlah bahwa setiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda

Biang keringat (heat rash) adalah ruam merah kecil yang muncul pada kulit bayi, biasanya di area yang berlipat seperti leher, ketiak, dan selangkangan. Ruam ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang tersumbat, sehingga keringat terperangkap di bawah kulit dan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Maka dari itu, memilih sabun yang tepat untuk membersihkan kulit bayi yang mengalami biang keringat adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit mereka. Memilih sabun untuk bayi sangat butuh ketelitian karena jika memilih sabun yang salah dapat memperparah iritasi pada kulit yang sensitif.

Berikut beberapa rekomendasi sabun yang aman dan efektif untuk mengatasi biang keringat pada bayi

 

1 dari 7 halaman

1. Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi© cetaphil.co.id

Sabun mandi dan sampo ini dirancang khusus untuk kulit sensitif, termasuk yang rentan terhadap biang keringat, lho Diazens. Memiliki formula lembut yang pastinya tidak akan mengiritasi kulit yang sedang bermasalah. 

Mengandung bahan-bahan yang aman seperti chamomile, calendula, dan aloe vera yang membantu menenangkan dan melembabkan kulit. Selain itu sabun ini juga bebas paraben dan pewangi, sehingga aman digunakan untuk bayi yang baru lahir juga. 

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo membantu kulit bayi secara menyeluruh tanpa menghilangkan kelembapan alami. Kamu bisa mendapatkan sabun 2in1 ini dengan harga mulai Rp119.000 ya, Diazens

 

2 dari 7 halaman

2. Sebamed Baby Bubble Bath

Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi© sebamedindonesia.com

Sabun ini memiliki pH 5,5 yang seimbang dengan kulit bayi, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan alami kulit. Selain dapat mengatasi biang keringat, sebamed merupakan salah satu sabun yang cocok untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit bayi, seperti alergi, psoriasis, dan juga eksim. 

Pastinya sabun ini juga mengandung bahan aktif yang sangat efektif untuk membantu menenangkan dan meredakan iritasi pada kulit bayi, seperti pantenol dan allantoin. Selain itu juga bebas pewangi dan sabun sehingga aman digunakan pada bayi yang baru lahir juga.

Sebamed Baby Bubble Bath membersihkan kulit bayi secara efektif tanpa menghilangkan lapisan pelindung alami kulit mereka. Kamu dapat mendapatkan sabun ini mulai dengan harga Rp145.000

 

3 dari 7 halaman

3. Caladine Baby Liquid Soap

Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi© halodoc.com

Caladine merupakan merek terkenal di Indonesia yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Sabun caladine Baby Liquid ini diformulasikan dengan Alpha Bisabolol yang berperan sebagai anti-inflamasi. 

Selain itu, sabun ini mengandung lidah buaya, vitamin B5, serta minyak zaitun yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, memberikan efek sejuk, serta menjaga kulit bayi agar tetap halus dan lembut.

Selain mengatasi biang keringat, sabun ini juga dapat mengatasi iritasi dan mengurangi kemerahan pada kulit. Kamu bisa mendapatkan sabun caladine ini dengan harga mulai Rp14.000 aja, loh Diazens. Sangat terjangkau bukan?

 

4 dari 7 halaman

4. Pure BB Liquid Soap

Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi© purepremiumcare.co.id

Sabun ini cocok digunakan untuk bayi yang baru lahir sekalipun juga bayi yang memiliki kulit sensitif. Sabun pure BB memiliki pH 5,5 yang netral sehingga aman digunakan tanpa khawatir kulit si kecil kering dan alergi.

Sabun ini juga mengandung bahan yang sangat bagus untuk membantu mengatasi masalah pada kulit bayi, seperti chamomile yang membantu mengatasi merah-merah pada kulit dan oat kernel yang dapat menyejukkan, menenangkan kulit yang gatal, dan perih karena iritasi.

Sabun ini juga mengandung pro vitamin B5 yang memberikan kelembaban dan menjaga keseimbangan dalam kulit bayi sehingga tetap halus dan lembut. Sabun ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp115.000, ya Diazens.

 

5 dari 7 halaman

5. Buds Organic Super Soothing Hydrating Cleanser

Rekomendasi Sabun untuk Biang Keringat Bayi© budsorganic.id

Cleanser Buds Organic ini bisa digunakan sekaligus menjadi sabun dan sampo, lho Diazens. Cleanser ini dapat kamu jugakan untuk melindungi dan menjaga kulit yang sensitif serta  melembabkan dan menutrisi kulit bayi

Mengandung bahan alami seperti gluco-oligasakarida yang menjadi prebiotik selektif, berguna untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat yang menghambat pertumbuhan bakteri merugikan pada kulit bayi. 

Selain itu juga dikombinasikan dengan bahan alami lainnya seperti aloe vera, hydrating fructan, mild sugar, dan asam amino yang sangat cocok digunakan untuk kulit sensitif, iritasi, radang, dan eksim.

Kamu bisa mendapatkan cleanser buds organic dengan harga mulai Rp460.000 dengan kandungan dan kegunaannya yang sangat bermanfaat.

 

6 dari 7 halaman

Tips Tambahan untuk Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Selain memilihkan sabun yang berkualitas dan terjamin bahannya untuk si kecil, kita juga perlu memperhatikan bagaimana cara untuk mengatasi biang keringat pada bayi agar cepat sembuh secara efektif.

  • Jaga agar bayi tetap sejuk dan kering. Hindari memakaikan pakaian yang terlalu tebal atau panas pada bayi. Pastikan bayi berada di ruangan yang sejuk dan kering.

  • Mandikan bayi dengan air hangat dan sabun yang aman. Hindari air panas yang dapat mengeringkan kulit bayi.

  • Keringkan kulit bayi dengan lembut setelah mandi. Jangan menggosok kulit bayi dengan handuk.

  • Gunakan pelembap yang aman untuk bayi. Pelembap membantu menjaga kelembapan kulit bayi dan mencegah kekeringan yang dapat memperparah biang keringat.

  • Hindari menggaruk ruam. Menggaruk ruam dapat memperparah iritasi dan infeksi.

 

7 dari 7 halaman

Dengan memilih sabun yang tepat dan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membantu mengatasi biang keringat pada bayi dan membuat si kecil merasa nyaman.

Ingatlah bahwa setiap bayi memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda. Tetap konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan rekomendasi terbaik untuk mengatasi biang keringat pada si kecil. Semoga bermanfaat!

Editor: Najwa Al Rasyidah

Beri Komentar