Pasien Virus Corona Kalau Menyusui Bayinya Ketularan Nggak ya?

Reporter : Mila
Rabu, 4 Maret 2020 09:27
Pasien Virus Corona Kalau Menyusui Bayinya Ketularan Nggak ya?
Bisa nggak sih ibu yang kena virus corona nular ke bayi?

Menyusui adalah momen penting bagi ibu dan bayi. Seperti yang kita ketahui manfaatnya pun banyak. Mulai dari menciptakan bonding antara ibu dan anak, meminimalisir risiko ibu kanker payudara, dan untuk alat kontrasepsi alami.

Namun, beberapa waktu belakangan kita dihebohkan dengan sebuah virus yang bermana corona virus. Virus ini cukup membuat beberapa negara di dunia panik, termasuk Indonesia. Terus gimana ya kalau ada ibu yang terkena virus itu masih menyusui bayinya?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi © Diadona

Sempat dikabarkan AFP bahwa ada bayi yang dilahirkan terpapar oleh virus corona. dr. Kanya Fidzuno, SpA dari RS Hermina Jatinegara, Jakarta, menjelaskan, bayi hanya bisa terinfeksi virus corona dari ibunya lewat persalinan.

“ Bila berita tersebut benar bahwa ada seorang bayi baru lahir positif terinfeksi virus corona dari ibunya, maka kemungkinan bayi tersebut terinfeksi virus corona selama dalam kandungan atau melalui proses persalinan, namun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini," jelasnya.

Hal ini karena bayi 'berbagi nutrisi' melalui darah yang mengalir melalui plasenta. Sehingga kalau ibunya terpapar virus corona, bayi pun juga sama.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Apa berarti ibu yang positif virus corona bisa menularkan melalui ASI?

ASI memang sudah dikenal untuk menambah kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Tapi tidak berarti ASI ampuh untuk menangkal virus corona.

dr. Kanya mengatakan bahwa belum ada penelitian lebih lanjut apakah virus corona juga ditularkan melalui ASI. Tapi untuk mengantisipasi, ibu yang positif virus corona sebaiknya tidak menyusui bayi sampai sembuh atau sampai ada kepastian bahwa virus corona tidak menular lewat ASI.

3 dari 3 halaman

Yang paling penting adalah ibu harus menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dan pakai masker bila perlu. Karena penularan virus corona bisa jadi juga lewat sentuhan fisik ibu dan bayi.

" Tidak menyusui pun juga akan menular. Si ibu ada kontak fisik itu akan menjadi penularan, karena kemungkinan virus corona ada di permukaan tubuh," tutupnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Stay safe :)

Beri Komentar