Nama Anak Jokowi Lengkap dengan Artinya yang Penuh Filosofi Jawa

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 15 Februari 2021 09:52
Nama Anak Jokowi Lengkap dengan Artinya yang Penuh Filosofi Jawa
Nama anak Jokowi berikut ini membantu Moms untuk lebih mengenal lingkup keluarga Presiden Republik Indonesia ke-7.

Menjadi orang nomor satu di Indonesia pastinya membuat Presiden Jokowi selalu menjadi perhatian, mulai dari karir politiknya, setiap kebijakan yang diambil olehnya hingga hal pribadi dan keluarganya yang tak lepas dari sorotan publik.

Seperti kita ketahui, Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi memiliki 3 orang anak yakni dua laki-laki dan satu perempuan. Ketiga anaknya tersebut memiliki nama yang unik lho, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, serta Kaesang Pangarep.

Berasal dari Solo, Jawa Tengah, tak heran jika ketiga nama anak Jokowi kental dengan nuansa dan filosofi Jawa. Bahkan tak hanya ketiga anaknya, cucu Presiden Jokowi pun memiliki nama yang unik serta penuh makna mendalam.

1 dari 3 halaman

Nama Anak Presiden Jokowi

Kaesang dan Gibran © Diadona

Berikut Diadona.id merangkum dari berbagai sumber tentang nama anak Jokowi lengkap dengan artinya yang penuh filosofi Jawa.

1. Gibran Rakabuming Raka

Nama anak Jokowi yang pertama ialah Gibran Rakabuming Raka. Gibran merupakan anak sulung dari presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang lahir di Solo pada 1 Oktober 1987. Saat ini usia Gibran sudah menginjak 33 tahun.

Pada 11 Juni 2015, Gibran Rakabuming Raka menikahi Selvi Ananda, seorang mantan putri Solo. Pada 10 Maret 2016, Gibran dan Selvi pun dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Jan Ethes Srinarendra. Pada 15 November 2019, Gibran dan Selvi dikaruniai anak kedua berjenis kelamin perempuan yang bernama La Lembah Manah.

Memiliki nama yang unik dan kental dengan nuansa Jawa, ternyata nama anak Jokowi yang pertama ini memiliki makna ‘putra pertama yang pandai namun tetap sederhana dan membumi'. Sementara, dalam bahasa Arab, Gibran diartikan sebagai 'orang yang pandai' atau bisa juga akronim dari gigih dan berani.

Nah, untuk Rakabuming merupakan gabungan tiga kata berbeda, yakni 'Raka', 'Bumi', serta 'Ing'. Dimana dalam bahasa Indonesia Raka berarti kakak laki-laki, Bumi berarti tanah, dan Ing ialah bahasa Jawa yang berarti 'di'.

Jadi, Gibran Rakabuming Raka bisa diartikan sebagai anak laki-laki yang pandai, teguh, serta bijaksana, tetapi tetap sederhana dan membumi alias tidak sombong.

2 dari 3 halaman

2. Kahiyang Ayu

Nama Anak Jokowi © Diadona

Berikutnya nama anak Presiden Jokowi yang kedua yaitu bernama Kahiyang Ayu. Menjadi satu-satunya anak perempuan, Kahiyang Ayu juga tak lepas dari sorotan publik. Apalagi belum lama ini, kabar bahagia menyelimuti Kahiyang Ayu dan sang suami lantaran baru saja dikaruniai anak kedua.

Kahiyang Ayu lahir di Solo pada tanggal 20 April 1991. Kini, usia anak kedua Jokowi dan Ibu Iriana telah menginjak 29 tahun. Seperti yang kita ketahui, pada 8 November 2017, Kahiyang menikah dengan seorang pengusaha bernama Bobby Nasution.

Pada 1 Agustus 2018, Kahiyang Ayu melahirkan anak pertama berjenis kelamin perempuan bernama Sedah Mirah Nasution. Dan pada 3 Agustus 2020, Kahiyang Ayu dikaruniai anak kedua berjenis kelamin laki-laki yang diberi nama Panembahan Al Nahyan Nasution.

Sudah bukan jadi rahasia publik kalau nama anak Jokowi bahkan cucu Presiden Jokowi kental dengan filosofi Jawa ya, Moms. Bahkan, Kahiyang Ayu sendiri diambil dari bahasa Jawa yang memiliki makna 'yang tersayang'. Sedangkan Ayu artinya cantik dalam kosakata bahasa Jawa. Jadi, Kahiyang Ayu bisa diartikan sebagai perempuan tersayang yang cantik.

3 dari 3 halaman

3. Kaesang Pangarep

Nama Anak Jokowi © Diadona

Nama anak Jokowi yang ketiga yakni bernama Kaesang Pangarep. Ya, kita semua tahu bahwa Kaesang Pangarep cukup aktif di media sosial, bahkan ia juga kerap menyapa para pengikutnya di media sosial.

Selain itu, bungsu dari tiga bersaudara ini juga tak jarang menjadi inspirasi banyak orang karena di usianya yang masih terbilang muda, Kaesang Pangarep sudah bisa dibilang sukses dalam merintis bisnisnya.

Punya nama unik yang tak jauh beda dari kedua saudaranya, nama anak Jokowi yang ketiga ini terdiri dari tiga suku kata bahasa Jawa, lho. Dimana Kae berarti 'itu', Sang bermakna 'yang' dan Pangarep berarti yang diharapkan atau yang terdepan. Ohiya, kata Sang juga merupakan kosakata bahasa Vietnam yang berarti bangsawan atau cerah.

Nah, itulah nama anak Jokowi yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk disematkan kepada Si Kecil. Meski diambil dari bahasa Jawa, namun artinya tetap unik dan modern.

Beri Komentar