7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW Beserta Maknanya yang Jarang Diketahui

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 11 Februari 2021 11:28
7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW Beserta Maknanya yang Jarang Diketahui
Ternyata nama anak Nabi Muhammad SAW memiliki arti yang indah dan maknya yang mendalam lho, Moms.

Dalam mencari ide nama untuk anak, kadang kala orang tua memilih nama anak Nabi Muhammad SAW sebagai sumber referensi. Ya, selain nama-nama tersebut memiliki makna dan arti yang indah, hal ini juga diharapkan sang anak kelak bisa meneladani kisah dari nama anak Nabi Muhammad SAW.

Bahkan tak hanya kisah dan tata cara hidup Nabi Muhammad SAW yang bisa diteladani, namun anak-anaknya juga demikian. Nah, bagi para umat muslim yang belum tahu, ternyata nama anak Nabi Muhammad SAW ini memiliki keistimewaan tersendiri karena berisikan doa langsung dari Nabi Muhammad SAW.

Lantas apa saja makna yang terkandung dalam nama anak Nabi Muhammad SAW? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Mengenal Keturunan Nabi Muhammad SAW

Seperti yang sudah diketahui, Nabi Muhammad SAW menjadi uswah hasanah (suri tauladan yang baik) bagi umat Muslim. Supaya bisa mencintai serta meneladani kehidupan Rasulullah SAW, tentunya umat Islam harus mengerti dan mempelajari sejarah atau sepak terjang beliau semasa hidupnya, tak terkecuali para keturunannya.

Sepanjang hidupnya, Nabi Muhammad SAW dikaruniai 7 orang anak. Di antaranya yaitu tiga anak laki-laki dan empat anak perempuan. Hampir semua anak-anak dari Nabi terlahir dari rahim istri pertama beliau yakni Khadijah binti Khuwalid RA. Sedangkan untuk satu orang anak satunya terlahir dari rahim istri beliau yang lain yakni Mariyah Al Qibtiyyah.

Adapun nama anak Nabi Muhammad SAW di antaranya ialah Sayyidina al-Qasim, Sayyidah Zainab, Sayyidah Ruqayyah, Sayyidah Ummu Kultsum, Sayyidah Fatimah az-Zahra, Sayyidina Abdullah, serta Sayyidina Ibrahim.

2 dari 4 halaman

Mengenal Putra-Putri Nabi Muhammad SAW

Nama Anak Nabi Muhammad © Diadona

1. Qasim bin Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad SAW yang pertama yakni Qasim bin Muhammad. Sayangnya, anak tertua Nabi Muhammad ini hanya hidup selama beberapa hari saja. Ia meninggal pada 605 Masehi sebelum berusia 2 tahun dan dimakamkan di Jannatul Mu’alla, Mekkah.

Dikenal sebagai anak tertua Rasulullah SAW, maka Nabi diberi julukan Abu Qasim. Adapun arti nama Qasim sendiri yaitu “ pemberi imbalan” yang merupakan harapan bahwa kelak akan menjadi anak yang saleh serta panjang umur. Namun, Allah SWT lebih tahu yang terbaik dan lebih dulu mengambilnya.

2. Fatimah Azzahra

Selanjutnya nama anak Nabi Muhammad SAW yang paling dikenal oleh umat muslim ialah Fatimah binti Muhammad atau dikenal dengan sebutan Fatimah AzZahra. Ya, Fatimah juga sangat dikenal lantaran kebaikan dan berbagai sifat mulianya, bahkan beliau dijuluki sebagai seorang yang memiliki karakter menyerupai Nabi Muhammad.

Nama beliau memiliki arti “ Fatimah yang selalu berseri”, nama tersebut merupakan doa dari Nabi Muhammad SAW agar kelak putrinya memiliki wajah dan hati yang berseri dalam keadaan apapun.

3. Zainab binti Muhammad

Zainab binti Muhammad merupakan putri sulung dari Nabi Muhammad SAW dan sang istri Khadijah. Beliau lahir pada 23 tahun sebelum hijrah. Nama Zainab sendiri diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti indah dan wangi. Akan tetapi, putri Nabi Muhammad ini wafat pada usia 29 tahun karena sakit dan dimakamkan di Jannatul Baqi.

3 dari 4 halaman

Mengenal Putra-Putri Nabi Muhammad SAW

4. Ruqayyah binti Muhammad

Nama anak Nabi Muhammad SAW yang berikutnya adalah Ruqayyah binti Muhammad. Ya, Ruqayyah merupakan putri Nabi Muhammad dengan istrinya Khadijah yang lahir pada 7 tahun sebelum diutusnya kenabian, 20 tahun sebelum H atau tahun 603 Mekkah.

Beliau lahir pada tahun ke-33 dari kelahiran Rasulullah SAW yang kemudian dinikahi oleh Utsman bin Affan dan dikaruniai anak bernama Abdullah yang meninggal pada usia empat tahun. Putri Nabi Muhammad ini wafat saat perang Badar berlangsung dan jenazahnya pun dimakamkan di Jannatul Baqi.

5. Ummu Kultsum binti Muhammad

Ummu Kultsum merupakan anak Nabi Muhammad keempat yang lahir 6 tahun sebelum diutusnya kenabian atau saat Nabi berumur 34 tahun. Beliau dinikahi oleh Utbah bin Abu Lahab, akan tetapi beliau kemudian diceraikan sebelum disentuhnya. Setelah itu, ia dinikahi oleh Utsman bin Affan pada tahun 3 H.

4 dari 4 halaman

Mengenal Putra-Putri Nabi Muhammad SAW

Nama Anak Nabi Muhammad © Diadona

6. Abdullah bin Muhammad

Selanjutnya anak Nabi Muhammad SAW dan Khadijah yaitu Abdullah bin Muhammad. Sama halnya dengan kakaknya, Qasim, Abdullah pun tidak memiliki umur yang panjang. Ya, beliau meninggal saat masih kecil pada tahun 615 Masehi.

Selain itu, Abdullah juga memiliki julukan Thayyib yang berarti baik dan Thahir yang artinya bersih atau murni yang merupakan harapan supaya kelak menjadi orang yang bersih akhlaknya.

7. Ibrahim bin Muhammad

Nah, nama anak Nabi Muhammad SAW yang terakhir ialah Ibrahim bin Muhammad. Anak Rasulullah satu ini lahir dari rahim istri Nabi Muhammad yang bernama Maria al Qibtiya.

Ibrahim sendiri lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah, diberi nama Ibrahim yang berarti sama dengan nama salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

Sebab saat itu, Nabi Muhammad SAW sangat mendambakan keturunan yang akan menghiasi keluarganya setelah kedua putranya yakni Qasim dan Abdullah meninggal sebelum baligh. Akhirnya, terlahirlah sosok Ibrahim dari rahim Maria al Qibtiya.

Itulah nama anak Nabi Muhammad SAW yang bisa jadi inspirasimu untuk memberikan nama lengkap kepada si Kecil. Semoga bermanfaat ya, Moms.

 

Beri Komentar