Musim Semprot Disinfektan di Mana-Mana, Aman Nggak sih Kalau Terhirup Ibu Hamil?

Reporter : Sofi
Jumat, 3 April 2020 20:00
Musim Semprot Disinfektan di Mana-Mana, Aman Nggak sih Kalau Terhirup Ibu Hamil?
Terus mesti gimana dong?

Semprotan disinfektan sekarang ini banyak dilakukan dibanyak daerah. Ini karena cairan disinfektan disebut bisa digunakan untuk mematikan virus Corona yang saat ini sedang menyebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia. Penyemprotan ini dilakukan di jalan-jalan, juga di kampung-kampung, hingga rumah.

Tapi bagaimana jika cairan disinfektan itu terhirup oleh ibu hamil? Menurut dokter spesialis anak, Subspesialisasi Pulmonologi Respilogi RSCM Jakarta, Dr. dr.Nastiti Kaswandani, Sp.A(K), yang dilansir dari haibunda.com, mengatakan tidak hanya untuk ibu hamil dan menyusui, disinfektan maupun bahan-bahan kimia semacamnya bisa berbahaya bila terkena tubuh.

"Berbahaya bagi semua, bahkan tidak harus hamil," ungkapnya.

1 dari 2 halaman

dr. Nastiti juga menyebutkan jika disinfektan bisa mengganggu jalan pernapasan jika terhirup. Maka jika ada penyemprotan disinfektan sekitar rumah, lebih baik untuk menutup pintu rumah.

Ilustrasi Ibu Hamil Flu © Diadona

Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menjelaskan, jika menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin tidak akan membunuh virus Corona yang sudah masuk ke dalam tubuh. Itu malah akan membahayakan tubuh jika terkena tubuh. Terutama jika terkena pakaian, atau selaput lendir, seperti mata, atau mulut. Alkohol maupun klorin yang terkandung dalam disinfektan hanya akan berguna bila disemprotkan pada permukaan, dan itu harus sesuai petunjuk penggunaan.

2 dari 2 halaman

Ini bisa mengakibatkan iritasi parah pada saluran pernapasan, dan berbahaya bagi janin. Pakar Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung mengatakan jika gak ada daat ilmiah yang menunjukkan seberapa efektif bilik disinfektan bisa membunuh virus. Penggunaan bahan-bahan kimia tertentu sebagai disinfektan juga punya risiko bagi kesehatan.

" Inhalasi gas klorin (Cl2) dan klorin dioksida (ClO2) dapat mengakibatkan iritasi parah pada saluran pernapasan," menurut pakar ITB tersebut.

Wah mulai sekarang mending tutup pintu atau menjauh dari lokasi aja ya kalau ada penyemprotan disinfektan. Tetap di rumah aja kalau gak perlu keluar, jaga kesehatan bayi, dan keluarga ya Moms! 

Beri Komentar