Masa Praaksara Mempunyai Nama Lain Yaitu? Temukan Jawabannya di Sini!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 9 Februari 2022 20:13
Masa Praaksara Mempunyai Nama Lain Yaitu? Temukan Jawabannya di Sini!
Apa nama lain dari masa praaksara?

Masa praaksara berarti masa di mana orang-orang di zaman belum mengenal bentuk tulisan. Praaksara berasal dari gabungan kata pra dan aksara. Pra berarti sebelum dan aksara adalah tulisan.

Dikutip dari buku Kehidupan Masyarakat pada Masa Praaksara, Masa Hindu Budha dan Masa Islam yang ditulis oleh Tri Worosetyaningsih, masa praaksara mempunyai nama lain yaitu masa nirleka dan masa pra-sejarah.

Masa pra-aksara mempunyai nama lain yaitu masa prasejarah. Tapi apakah itu berarti zaman prasejarah bukan bagian dari sejarah? Tentu tidak.

1 dari 4 halaman

Masa Praaksara Mempunyai Nama Lain © Diadona

Bila diartikan secara sempit, prasejarah bisa menyiratkan bahwa masa tersebut bukan bagian dari sejarah, padahal zaman itu juga merupakan bagian dari sejarah hidup manusia, bukan? Kerancuan pengertian ini nampaknya karena adanya perbedaan pengertian kata sejarah.

Kalau 'sejarah' didefinisikan sebagai bagian dari masa lalu, maka zaman prasejarah tentu masuk dalam sejarah. Tapi kalau sejarah diartikan dalam arti sempit yakni masa di mana manusia mulai mengenal bentuk tulisan, maka pra-sejarah bukan merupakan sejarah.

Selain itu, masa praaksara mempunyai nama lain yaitu masa nirleka. Istilah tersebut berasal dari bahasa Sansekerta yakni 'nir sebagai tidak ada dan leka, yakni tulisan. Artinya, nirleka adalah masa sebelum manusia mengenal tulisan. Adapun mengenalnya manusia terhadap tulisan dan belum merupakan pemisah antara masa prasejarah dan masa sejarah.

Tapi nama lain masa praaksara itu kurang diminati.

2 dari 4 halaman

Masa Praaksara Mempunyai Nama Lain © Diadona

Terus kapan masa prasejarah dan masa sejarah ini terjadi?

Nah, ini adalah pertanyaan yang sulit ditemukan jawabannya. Kalau mengacu pada pengertian yang luas di mana sejarah berati masa yang lampau, maka masa praakasara yang mempunyai nama lain yaitu masa prasejarah ini dimulai saat terbentuknya bumi, yaitu sekitar 4.6 miliar tahun yang lalu. Masa itu juga dibagi lagi menjadi masa sebelum kehadiran manusia dan sesudah manusia ada.

Jadi setiap bangsa tuh meninggalkan masa pra-aksara dalam waktu yang berbeda. Nggak ada jawaban pasti.

3 dari 4 halaman

Masa Praaksara Mempunyai Nama Lain © Diadona

Dikutip dari buku Prasejarah Indonesia yang ditulis oleh Arfan Diansyah dkk, zaman prasejarah di muka bumi dimulai di daerah Tanzania sekitar 2 juta tahun yang lalu di mana di kawasan inilah muncul makhluk hidup pertama yang dianggap sebagai manusia, yakni Jomo Habilis. Fosilnya pertama kali ditemukan pada tahun 1964.

Sedangkan awal prasejarah manusia dimulai satu juta tahun kemudian dengan ditunjukkan bukti-bukti kehadiran manusia di Sangiran pada 1.6 juta tahun lalu, dan di Perning pada 1.8 tahun yang lalu.

Berdasarkan Geologi, zaman pra-aksara yang mempunyai nama lain yaitu zaman prasejarah ini di Indonesia terbagi dibagi dalam empat periodisasi, yakni:

  • Arkeozoikum atau zaman tertua. Saat itu bumi masih panas sehingga nggak ada kehidupan.
  • Paleozoikum atau zaman primer. Terjadi 340 juta tahun yang lalu
  • Mesozoikum atau zaman sekunder. Yang berlangsung kira-kira 140 juta tahun yang lalu di mana jenis reptil mencapai tingkatan terbesar. Makanya, zaman ini disbeut juga dengan zaman reptil.
  • Neozikum atau zaman baru, yang terbagi menjadi dua zaman, yakni:
    - Tersier, terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu dan ditandai dengan berkenbangnya binatang menyusui seperti kera
    - Kuartier, ditandai dengan adanya kehidupan manusia dan merupakan zaman terpenting.

Ketika masa awal prasejarah yang berbeda, maka masa akhir prasejarah pun juga berbeda pula di seluruh dunia. Perbedaannya bukan karena kapan dimulainya prasejarah tapi lebih kepada inovasi dari manusia yang mendiami wilayah tersebut.

Contohnya, wilayah Mesir sudah menginjak masa sejarah pada 5000 tahun yang lalu dan sementara sebagian besar belahan dunia masih ada dalam zaman prasejarah dan bertahan terus hingga jauh sesudahnya.

Dilanjutkan dengan China 1.000 tahun kemudian. Di Eropa Barat, sumber tertulis baru dimulai sebelum zaman Masehi sementara Eropa bagian timur dan utara baru dimulai pada tahun 1.800.

4 dari 4 halaman

Masa Praaksara Mempunyai Nama Lain © Diadona

Bagaimana dengan di Indonesia?

Nah, indonesia memasuki zaman sejarah ini pada kira-kira abad ke-4. Informasi ini didapat dari batu-batu tertulis berupa Yupa yang terdapat di sekitar sungai Mahakam di Kalimantan. Dan di dalam batu itu tertulis gimana awal sejarah Indonesia tentang kerajaan Kutai dan para penguasanya.

Sebelum zaman prasejarah berakhir, Indonesia menjelang tahun masehi hingga sekitar abad ke-4 memasuki zaman protosejarah. Apa itu? Pada masa itu, tulisan dan berita asing tentang Indonesia sudah mulai ada, misalnya dari India dan China.

Nah selanjutnya zaman aksara atau zaman sejarah dibedakan menjadi zaman batu dan zaman logam, berdasarkan penemuan alat-alat yang digunakan.

Zaman batu terbagi menjadi empat, yakni :

  • Palaeolithikum atau zaman batu tua
  • Mesolithikum atau zaman batu madya
  • Neolithikum yang berarti zaman batu muda
  • Megalithikum atau zaman besar

Beranjak ke zaman logam di mana manusia zaman itu menggunakan alat-alat yang terbuat dari logam.

Masa praaksara mempunyai nama lain masa prasejarah yang berarti zaman ketika manusia belum mengenal tulisan, bukan masa yang tidak termasuk dalam sejarah ya!

Beri Komentar