Lari Waktu Hamil Besar Seperti Andien, Waduh Aman Nggak Ya?

Reporter : Mila
Rabu, 11 Maret 2020 12:20
Lari Waktu Hamil Besar Seperti Andien, Waduh Aman Nggak Ya?
aman-aman aja sih, asalkan...

Dalam rangka International Women's Day minggu lalu (8/3), Andien terlihat ikut acara lari 10 km dengan tonjolan perut hamilnya yang besar. Meski begitu, istri dari Irfan Wahyudi atau yang akrab disapa Ippe ini tetap semangat dan energik.

Karena perutnya yang sudah besar, netizen turut bertanya-tanya, apakah aman melakukan kegiatan seperti berlari waktu hamil?

Andien Aisyah

1 dari 2 halaman

Melansir alodokter, berolahraga waktu hamil itu berbeda-beda penerapannya tergantung dari kondisi kehamilan. Oleh karena itu, nggak semua olahraga bagus buat ibu yang lagi hamil. Olahraga yang sering dilakukan salah satunya berlari.

Pada dasarnya, berlari itu aman-aman saja buat ibu hamil. Ibu nggak perlu khawatir karena janin dilindungi oleh air ketuban dan selaput ketuban sehingga kuat dari goncangan. Justru, olahraga lari waktu hamil bisa membawa manfaat untuk ibu, antara lain, meningkatkan fungsi pernapasan, mengurangi pembengkakan akibat kehamilan, dan mengurangi kemungkinan keram otot.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

Meskipun relatif aman, tapi tetep ya ibu hamil harus memperhatikan keselamatan janin.

Ibu hamil harus pastikan dulu kondisi ibu dan janin fit dan jangan memaksakan diri. Pastikan memakai pakaian yang nyaman dan nggak terlalu ketat, serta pakai sepatu lari yang nyaman. Saat lari, jangan lupa membawa bekal seperti air putih, karena ibu hamil butuh banyak cairan.

Jadi, sekarang udah paham kan? Semoga informasi ini bermanfaat, ya! :)

Beri Komentar