Kenapa Hari Senin Sangat Menegangkan dan Menyebalkan? Ini Alasan Ilmiahnya dari Psikolog

Reporter : Kurnia
Senin, 2 Agustus 2021 11:11
Kenapa Hari Senin Sangat Menegangkan dan Menyebalkan? Ini Alasan Ilmiahnya dari Psikolog
Banyak orang meninggal karena serangan jantung di hari Senin

Dalam sepekan, Senin menjadi hari yang paling menegangkan. Nggak berhenti di situ saja, hari Senin bahkan disebut sebagai hari yang paling menyebalkan loh.

Benarkah demikian?

Moms dan Daddy mungkin sering mendengarkan keluhan anak-anak ketika menyambut datangnya hari Senin. Tapi sebenarnya apa sih yang membuat Moms dan juga anak-anak begitu membenci hari Senin?

1 dari 5 halaman

Suasana hati

Ilustrasi Wanita SedihIlustrasi Wanita Sedih © 2020 https://www.diadona.id

Berbagai penelitian yang dikutip dari huffpost pada Senin, (2/8/2021) menunjukkan bahwa suasana hati orang biasanya berada pada titik terendah di awal minggu itu. 

Hari Senin menurut ahli kesehatan mental memiliki sentimental yang berpengaruh terhadap mood anak-anak hingga orang dewasa dengan berbagai alasan.

Lalu, hal-hal apa saja sih yang membuat hari Senin terasa begitu menegangkan, khususnya bagi anak-anak, Moms, da n Daddy yang sibuk bekerja?

2 dari 5 halaman

Ritme alami tubuh menjadi kacau

Penyebab Badan LemasPenyebab Badan Lemas © 2020 shutterstock.com/TheVisualsYouNeed

Menurut para psikolog, ada satu faktor fisiologis yang melibatkan siklus alami tubuh. Faktor itu yang kemudian membuat hari Senin terasa begitu berat.

Hal ini berlaku bagi siapa saja, termasuk Moms dan buah hati di rumah yang mengikuti hari kerja dan aktivitas sekolah. Masalah utamanya adalah bahwa Moms dan buah hati memiliki jam istirahat dan tidur yang lebih lama dibandingkan hari efektif lainnya.

Bagi banyak orang, akhir pekan sebenarnya lebih melelahkan dan menguras tenaga daripada yang mereka bayangkan.

3 dari 5 halaman

Kehilangan rasa kebebasan

Bahagia dan BebasBahagia dan Bebas © 2019 https://www.diadona.id/@tinybuddha.com

Di akhir pekan, Moms dan anak-anak mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk bersantai dan bebas dari berbagai tanggung jawab. Sedangkan di hari Senin, semua orang harus mulai aktif bekerja dengan berbagai beban dan tanggung jawab.

Pergeseran emosional besar-besaran inilah yang kemudian membuat hari Senin benar-benar mengerikan dan sulit bagi sebagian orang.

Pada hari Senin, banyak orang berduka karena kehilangan akhir pekan yang menyenangkan dan menenangkan.

4 dari 5 halaman

Tidak menyukai aktivitas

Ilutrasi Malas di Jam KerjaIlutrasi Malas di Jam Kerja © www.dream.co.id

Alasan lainnya dari tidak menyenangkannya hari Senin adalah tidak menyukai aktivitas yang dilakukan. Seperti Moms atau Daddy yang tidak menyukai hari Senin itu menunjukkan jika kamu sedang tidak mencintai pekerjaan.

Seperti halnya anak-anak yang tidak menyukai hari Senin karena harus kembali bersekolah dan melakukan aktivitas yang terkadang tidak mereka kehendaki yang akan merespons tubuh dalam bentuk adrenalin.

5 dari 5 halaman

Memiliki kecemasan sosial

Ilustrasi Wanita dengan Kecemasan SosialIlustrasi Wanita dengan Kecemasan Sosial © 2020 https://www.diadona.id/nationalsocialanxietycenter.com

Hari Senin menjadi menyebalkan karena terlalu banyak kecemasan tentang pekerjaan hingga peran Moms sebagai ibu rumah tangga. 

Termasuk kecemasan tentang paksaan yang menghampiri. Seperti ketika kamu dipaksa untuk berinteraksi dengan orang lain dan berada di lingkungan di mana Moms atau mungkin anak-anak dibandingkan dengan yang lain.

Beri Komentar