Jarang Pompa ASI, Citra Kirana Alami Mastitis

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 17 September 2020 16:37
Jarang Pompa ASI, Citra Kirana Alami Mastitis
Penjelasan tentang mastitis dan pengalaman Citra Kirana.

Sebagai ibu baru, tentu banyak yang harus kita pelajari tentang perubahan pada tubuh setelah melahirkan serta cara yang baik dalam merawat anak. Tapi tenang aja, Moms. Proses belajar dari anak pertama akan membuat kita punya banyak pengalaman dalam merawat buah hati.

Begitu juga yang sedang dialami oleh Citra Kirana. Seperti yang kita ketahui, Citra Kirana dan Rezky Aditya baru saja dikaruniai buah hati beberapa waktu yang lalu.

Namun dikabarkan baru-baru ini Citra mengalami demam tinggi hingga dilarikan ke rumah sakit. Setelah dirawat, diketahui bahwa Citra mengalami mastitis.

1 dari 5 halaman

Citra Kirana jarang pompa ASI

Citra Kirana dan Rezky AdhityaCitra Kirana dan Rezky Adhitya © Youtube / Ciky Citra Rezky

Dalam video yang diunggah di channel Youtube Ciky Citra Rezky, Citra mengaku bahwa kejadian yang menimpanya ini adalah sebuah pelajaran dalam hidupnya. Citra menceritakan bahwa dirinya memang jarang pompa ASI dan menyepelekan hal itu.

" ASI aku banyak tapi nggak aku pompa karena aku ngerasa sudah cukup menyusui ke Athar. Padahal itu nggak boleh karena ASI itu produksi terus. Ternyata yang namanya mastitis nggak enak banget," ungkap Citra.

2 dari 5 halaman

Gejala yang dialami Citra

Citra KiranaCitra Kirana © Youtube / Ciky Citra Rezky

Citra juga mengungkapkan kejadian yang menimpanya saar dibawa ke rumah sakit. Dia mengalami demam tinggi dan payudaranya sangat sakit.

" Aku demam sampai 39.6 derajat. Aku pusing banget, panas, mual. Payudaranya sakit banget. Bener-bener nggak kuat aku, sakit banget," kata Citra.

3 dari 5 halaman

Kini menjalani pijat laktasi dan oksitosin

Citra Kirana dan Rezky AdhityaCitra Kirana dan Rezky Adhitya © Youtube / Ciky Citra Rezky

Setelah mengalami kejadian itu, Citra Kirana selalu diingatkan oleh Rezky untuk memompa ASI-nya. Citra kini juga menjalani pijat laktasi dan oksitosin.

" Sekarang masih suka sakit-sakit sedikit, tapi masih menjalankan pijat laktasi dan pijat oksitosin," ujar Citra.

4 dari 5 halaman

Seputar Mastitis

Citra Kirana dan Rezky AdhityaCitra Kirana dan Rezky Adhitya © Instagram / thereal_rezkyadhitya

Dilansir dari Parents, mastitis adalah infeksi pada payudara yang biasanya terjadi pada ibu menyusui. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke jaringan dan kelenjar susu.

Selain itu, mastitis juga bisa terjadi saat saluran payudara tersumbat. Hal ini bisa dipicu oleh kebiasaan nggak memompa ASI sehingga payudara selalu penuh.

5 dari 5 halaman

Menurut Marcie Richardson, seorang Ob-Gyn di Harvard Vanguard Medical Associates, saat payudara nggak bisa mengalir dengan baik karena saluran ASI yang tersumbat, tubuh nggak bisa melawan infeksi sehingga bakteri dapat bertahan. Makanya mulai sekarang jangan menyepelekan pompa ASI ya, Moms!

Semoga pengalaman Citra Kirana ini bisa menjadi pelajaran juga untuk kita.

 

Beri Komentar