Jangan Khawatir, Menyusui Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 18 September 2020 16:37
Jangan Khawatir, Menyusui Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Gak hanya bermanfaat untuk bayi, menyusui juga bermanfaat untuk ibu.

Kehamilan membuat tubuh seorang wanita mengalami perubahan yang cukup banyak. Salah satunya adalah berat badan yang naik secara drastis dibandingkan dengan sebelum hamil.

Banyak ibu yang pada akhirnya stres melihat bentuk tubuh yang berubah setelah melahirkan. Hal ini seringkali membuat mereka jadi nggak percaya diri dengan bentuk tubuh sendiri.

Tapi kita sebenarnya nggak perlu khawatir, Moms. Dilansir dari Times of India, ternyata menyusui bisa membantu kita menurutkan berat badan setelah melahirkan lho!

1 dari 4 halaman

ilustrasi menyusui bayi © Diadona

Kita semua tahu bahwa menyusui sangat penting untuk bayi. ASI dianggap sebagai sumber nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan bayi.

Namun di balik banyaknya manfaat menyusui untuk bayi, ternyata hal itu juga memberikan dampak yang baik pada ibu untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Namun kita juga harus ingat bahwa penurunan berat badan setelah melahirkan tentu nggak terjadi hanya dalam semalam saja.

2 dari 4 halaman

Saat menyusui, tubuh kita menggunakan sel lemak yang disimpan selama kehamilan untuk menghasilkan susu. Proses menyusui membantu membakar sekitar 500-700 kalori per hari.

Pembakaran kalori ini bergantung bada berbagai faktor seperti jenis kalori yang kita konsumsi serta jumlah aktivitas fisik yang kita lakukan. Keputusan untuk menghindari makanan cepat saji dan lebih banyak makan sayur dan buah juga dapat menurutnkan berat badan lebih cepat.

3 dari 4 halaman

ilustrasi menyusui bayi © Diadona

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Holistic Nursing juga menemukan bahwa menyusui membantu wanita untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Penelitian lain dalam Journal HHS Public Access juga mengungkapkan bahwa menyusui setidaknya selama tiga bulan memang memberikan dampak positif pada penurunan berat badan ibu.

Pada studi lain di jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, wanita yang menyusui lebih mungkin mengalami penurunan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang memberi susu formula pada bayi. Nggak hanya itu saya, wanita yang menyusui bayinya selama enam bulan juga punya presentase lemak tubuh yang lebih rendah selama lima tahun setelah melahirkan.

4 dari 4 halaman

Sementara bagi kebanyakan wanita, penurunan berat badan yang cukup besar bisa terjadi tepat setelah melahirkan. Setelah itu, wanita cenderung kehilangan secara alami kehilangan sekitar satu kilo sebulan dan hal ini adalah hal yang normal.

Makanya mungkin diperlukan sekitar 9-12 bulan untuk kembali ke berat badan sebelum hamil. Membuat pilihan diet yang sehat dan aktif secara fisik juga bisa membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya, Moms!

Beri Komentar