Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa yang Laris Manis

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 4 April 2024 14:29
Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa yang Laris Manis
Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan momen yang tepat untuk meraih keuntungan melalui usaha dan jualan

Bulan Ramadan tidak hanya menjadi momen yang istimewa dari sisi ibadah, tetapi juga menjadi peluang bagi para pengusaha kuliner untuk menciptakan kreasi-kreasi unik dalam menyajikan hidangan berbuka puasa yang lezat dan menarik.

Terlebih, permintaan berbagai produk seperti makanan, minuman, pakaian muslim, dan perlengkapan ibadah meningkat drastis selama bulan Ramadan. Hal ini karena umat muslim mempersiapkan diri untuk beribadah dengan khusyuk dan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi kamu yang tertarik untuk merintis usaha kuliner selama bulan puasa, berikut ini beberapa contoh ide yang bisa dijadikan inspirasi:

 

1 dari 6 halaman

1. Takjil atau Minuman Manis

Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa © Diadona© Freepik

Coba sajikan jajanan tradisional seperti kue lapis, pukis, kolak, es pisang ijo, cendol, dawet,  bubur ketan hitam, es buah, dan es teler. Kamu bisa menyajikannya dalam kemasan yang menarik dan praktis agar mudah untuk dibawa pulang pembeli. 

Karena saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi yang manis-manis, minuman diatas bisa menjadi alternatif bagi kamu loh, Diazens.

 

2 dari 6 halaman

2. Katering Buka Puasa

Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa © Diadona© Freepik

Jika kamu memiliki keterampilan atau kemampuan masak yang baik, kamu bisa membuka usaha katering untuk sahur dan buka puasa dengan menyediakan paket hidangan lengkap dan pastinya bernutrisi lengkap guna melengkapi asupan nutrisi yang hilang. Banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk memasak, sehingga mereka membutuhkan jasa katering. Pastikan untuk memberikan variasi menu dan kualitas rasa agar pelanggan merasa puas dengan usaha katering yang kamu jual.

 

3 dari 6 halaman

3. Hampers Lebaran dan Kue Lebaran

Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa © Diadona© Freepik

Waktu Ramadan dan Lebaran selalu dinanti-nanti sebagai momen untuk mempererat hubungan sosial dengan mengirimkan hampers kepada keluarga atau kerabat terdekat. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk memulai bisnis hampers yang unik dan menarik. 

Meskipun Lebaran masih beberapa minggu lagi, banyak orang sudah mulai mencari kue lebaran saat bulan Ramadhan tiba. Jika kamu memiliki bakat dalam membuat kue kering, kamu bisa mencoba bisnis ini. Ada banyak pilihan jenis kue lebaran yang bisa dijual, seperti nastar, kastengel, putri salju, cookies, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa membuat kue lebaran menjadi parcel dengan isian yang beragam dan dihias secara menarik.

 

4 dari 6 halaman

4. Frozen Food

Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa © Diadona© Freepik

Menjual frozen food dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ide jualan saat bulan ramadhan, lantaran terdapat beberapa orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu cukup banyak untuk memasak. Dengan frozen food, memasak akan lebih praktis dan bervariasi.

 

5 dari 6 halaman

5. Jus dan Buah Potong

Ide-ide Usaha Kuliner untuk Bulan Puasa © Diadona© Freepik

Saat menjalani ibadah puasa, energi dan nutrisi yang ada pada tubuh pastilah berkurang. Maka dari itu, memulai usaha jus dan buah potong merupakan hal yang menarik dan dibutuhkan pada saat bulan ramadhan. Lantaran sebagian orang juga kadang tidak sempat untuk membeli bahkan sekedar memotong buah dan akhirnya membutuhkan sesuatu yang praktis.

6 dari 6 halaman

Dengan kreativitas dan semangat untuk berusaha, kamu bisa menjalankan usaha kuliner selama bulan puasa dengan sukses bahkan menyenangkan! Pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas dan kebersihan dalam menyajikan hidangan yang kamu jual, serta memberikan pelayanan yang ramah tentunya kepada pelanggan. Semoga ide-ide di atas dapat menginspirasi dalam merintis usaha kuliner selama bulan Ramadhan. 

Editor: Najwa Al Rasyidah

 

Beri Komentar