Ibu Ini Tetap Susui Anaknya yang Sudah Umur 5 Tahun

Reporter : Audila Rima Ndani
Selasa, 26 Mei 2020 12:37
Ibu Ini Tetap Susui Anaknya yang Sudah Umur 5 Tahun
Anak udah besar kok masih minum ASI? Kenapa ya?

ASI memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi bayi. Bahkan banyak dokter yang menyarankan ibu untuk memberikan ASI pada bayi sejak mereka lahir. Tapi apa jadinya kalau seorang ibu justru memutuskan untuk tetap memberikan ASI pada anaknya hingga dia berusia 5 tahun?

Biasanya bayi sudah lepas dari ASI saat usia mereka menginjak 6 bulan. Tapi Laura Smith, ibu asal Michigan, Amerika Serikat ini malah masih menyusui kedua putranya yang berusia 5 dan 2 tahun hingga saat ini.

1 dari 4 halaman

Laura Smith © Diadona

Dilansir dari Thesun.co.uk, Laura mengungkapkan bahwa kedua putranya nggak pernah kena flu atau pergi ke dokter berkat nutrisi dalam ASI miliknya. Meski begitu, tindakan Laura ini tentu membuat orang lain sering memandang aneh pada dirinya.

Menurut Laura hal yang dia lakukan ini bukanlah hal yang buruk. Bahkan dia ingin mengajak lebih banyak ibu untuk melakukan hal yang sama.

" Anak-anakku dalam kondisi kesehatan yang sangat baik dan kita punya ikatan yang khusus karena hal ini," ungkap Laura.

2 dari 4 halaman

Dia beranggapan bahwa sebagai ibu, Laura punya ketentuan dan batas sendiri untuk menyusui putranya sampai usia delapan tahun. Tapi jika anaknya masih nggak ingin berhenti, maka dia nggak akan menolak mereka. Dia akan membiarkan anaknya memutuskan sendiri kapan harus berhenti.

Laura bahkan sudah mendengar saran dokter untuk berhenti menyusui saat anaknya berusia enam bulan. Tapi Laura nggak terlalu memikirkan saran itu karena kenyataannya ibunya juga menyusui dirinya hingga dia berusia lima tahun.

3 dari 4 halaman

Laura Smith © Diadona

Pemberian ASI pada anak dalam jangka waktu yang lama memang sudah menjadi kebiasaan dalam keluarga Laura. Meski begitu Laura nggak hanya membiarkan anaknya hanya memperoleh nutrisi dari ASI saja. Dia juga mulai mengenalkan anaknya dengan beberapa makanan padat seperti avokad, apel, dan pir saat anaknya menginjak usia delapan tahun.

Anaknya yang terus tumbuh nggak membuat Laura menghentikan kebiasaannya untuk menyusui sang anak. Dia bahkan nggak punya rencana untuk berhenti meski teman-temannya menentang hal itu.

4 dari 4 halaman

Untungnya keluarga suaminya sama sekali nggak mempermasalahkan hal itu. Justru Lauran mendapat dukungan yang dia butuhkan dari suami dan keluarganya.

Saat anak keduanya lahir, Laura mengaku kesulitan untuk membagi waktu menyusui kedua putranya. Ada kecemburuan yang dirasakan oleh anak pertamanya namun Laura berusaha mengatasi hal itu.

Baginya nggak ada yang lebih membahagiakan dari bisa merawat putranya sendiri. Dia merasa menyusui putranya membuat mereka menjadi lebih dekat.

Menurut NHS, ASI juga dianggap bisa mengurangi risiko infeksi bayi, diabeter, obesitas, dan leukimia pada anak. Laura percaya bahwa ASI memiliki vitamin dan nutrisi yang punya manfaat beras dalam membangun kekebalan tubuh anak.

Gimana menurut kalian, Moms?

Beri Komentar