Ibu Ini Berikan Kontrak Kerja Buat Anaknya Biar Rajin Bersih-Bersih

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 16 April 2020 06:37
Ibu Ini Berikan Kontrak Kerja Buat Anaknya Biar Rajin Bersih-Bersih
Wah, digaji juga nggak tuh?

Dunia yang makin berkembang bikin orang tua harus punya cara unik dalam mengasuh anak. Setiap orang tua pasti punya cara mereka sendiri untuk mendidik anak yang pastinya berbeda dengan orang tua lain. Perbedaan cara mendidik itu tentu disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anak yang pastinya diketahui dengan baik oleh orangtuanya.

Seperti halnya cara mendidik anak yang dilakukan oleh ibu asal Inggris ini. Dari yang saya baca di news.com.au, ibu bernama Katrina Neathey ini memberikan kontrak kerja pada anaknya biar rajin bersih-bersih. Wah, kira-kira digaji juga nggak ya?

1 dari 4 halaman

ilustrasi rumah bersih © Diadona

Banyak orang tua yang mengalami kesulitan saat mengerjakan pekerjaan rumah. Mulai dari cuci piring, cuci baju, memasak, ngepel rumah, nyetrika, dan masih banyak pekerjaan rumah lain harus diselesaikan selama seharian penuh. Seringnya minta bantuan ke anak justru malah bikin makin emosi dan berakhir dengan berantem. Tapi Katrina punya solusi untuk itu.

Jadi, Katrina bikin kontrak kerja buat anaknya yang udah remaja untuk membantu membersihkan rumah. Kalau anaknya melanggar kontrak itu dengan nggak bersih-bersih maka mereka akan mendapatkan denda berat.

2 dari 4 halaman

Ketiga anaknya yang bernama Hayden, Joshua, dan Olivia memang rata-rata sudah berusia di atas 12 tahun yang berarti mereka sudah bisa diberi tanggung jawab untuk membersihkan rumah. Selama ini Katrina udah capek banget karena anaknya susah diatur untuk bersih. Makanya dia memilih cara ini.

“ Mereka akan menyembunyikan pakaian atau piring kotor di bagian belakang lemari pakaian mereka. Aku juga menemukan sampah botol susu yang masih ada isinya,” curhat Katrina.

3 dari 4 halaman

Kontrak kerja Katrina © Diadona

Setelah dia menemukan lumpur di atas karpet, kesabaran Katrina pun sudah habis. Dia memanggil ketiga anaknya dan menyerahkan kontrak kerja untuk mereka.

Kewajiban mereka dalam kontrak kerja itu meliputi merapikan tempat tidur, memasukkan baju kotor ke keranjang cucian, merapikan pakaian, dan nggak meninggalkan sisa makanan atau minuman di dalam kamar.

Jika anak-anaknya melanggar maka mereka harus membayar denda pada Katrina. Cara itu ternyata berhasil untuk mendisiplinkan anak-anaknya daripada harus mengomel sepanjang waktu.

4 dari 4 halaman

Tapi banyak juga yang nggak setuju dengan cara yang digunakan oleh Katrina ini. Beberapa orang menganggap bahwa cara ini bisa nggak efektif saat anak pindah dari rumah.

Beberapa memberikan komentar bahwa seharusnya Katrina membiasakan anaknya untuk hidup bersih sejak dini sehingga nggak perlu melakukan hal itu.

Tapi balik lagi, namanya mendidik anak pasti setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk melakukan pendekatan. Semua harus disesuaikan dengan kebutuhan ya, Moms!

Beri Komentar