Gak Melulu Tentang Bunda, Hubungan Ayah dan Anak Juga Penting Loh Moms

Reporter : Kurnia
Senin, 12 Juli 2021 13:47
Gak Melulu Tentang Bunda, Hubungan Ayah dan Anak Juga Penting Loh Moms
Ini alasannya untuk tumbuh kembang buah hati tercinta.

Tumbuh kembang buah hati bukan hanya tanggung jawab bunda di rumah. Ayah juga memiliki peran penting untuk pertumbuhan anak-anak tercinta. Masa depan dan kebahagiannya dibentuk dari kasih sayang ayah dan bunda.

Sayangnya, sebagian ayah masih belum sadar akan pentingnya peran mereka sebagai ayah loh.

Hubungan antara ayah dan anak dimulai dengan cinta, tetapi seiring berjalannya waktu, itu bisa menjadi rumit. Pentingnya peran ayah dalam kehidupan sang buah hati menjadi pelajaran kehidupan yang berharga, terutama bagi anak laki-laki.

 

1 dari 3 halaman

Kenapa hubungan anak dan ayah sangat penting?

ilustrasi ayah dan anak © Diadona

Dilansir dari laman Mom Junction dalam suatu penelitian, hubungan ayah dan anak sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang, kepribadian, hingga kesuksesan prestasi sang buah hati.

Anak-anak yang tumbuh dalam pengasuhan dan bimbingan ayah, mereka menjadi pribadi yang lebih berempati dan memiliki kendali lebih besar atas perjalanan hidup mereka. 

Dibandingkan dengan mereka yang tumbuh hanya dengan sosok ibunya, anak-anak yang dekat dengan ayahnya juga cenderung berprestasi lebih baik di sekolah dibandingkan dengan anak-anak yang kurang kasih sayang atau bimbingan dari ayahnya.

Lalu pelajaran apa saja sih yang perlu diajarkan seorang ayah kepada anak-anaknya?

2 dari 3 halaman

Hal-hal yang perlu diajarkan ayah kepada anaknya

Pertama, ayah menjadi tonggak untuk mengembangkan kekuatan anak dalam menghadapi hidup. Dengan bantuan bunda, ayah perlu memberi pemahaman kepada buah hati jika ada banyak tantangan dalam hidup mereka di kemudian hari.

Kedua, ayah juga harus membangun harga diri dan kepercayaan diri pada anak-anak merka sejak dini. Seperti dengan melibatkannya dalam beberapa keputusan besar yang memengaruhi hidupnya. 

Ketiga, ajarkan pada anak-anak akan pentingnya peran keluarga. Ayah dan bunda perlu menunjukkan pentingnya menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Ayah dan Anak Bermain Jenga © Diadona

Keempat, ayah perlu mengajarinya untuk mengambil keputusan. Di masa depan, buah hati mungkin akan mengalami masa-masa dilema. Jadi, ayah dan buda perlu mengajarinya untuk menentukan keputusan dalam hidup mereka. 

Kelima, sangat penting untuk mengajari buah hati untuk menghargai dan menghormati orang lain. Hidup dengan penuh kasih, empati, dan suka membantu orang-orang di sekelilingnya menjadi cara yang terbaik untuk mengajarkan kepedulian untuk mereka.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu ayah ajarkan pada buah hati. Jadi, peran ayah dan bunda itu sama-sama penting ya, Diazens.

 

Beri Komentar