Gak Cuman Orang Dewasa, Bayi Dalam Kandungan Bisa Cegukan! Keselek Apa sih Dek?

Reporter : Sofi
Minggu, 5 April 2020 16:00
Gak Cuman Orang Dewasa, Bayi Dalam Kandungan Bisa Cegukan! Keselek Apa sih Dek?
Emang kenapa ya kok cegukan?

Kalau kita cegukan biasanya juga minum air putih bisa hilang kan? Tapi kalau bayi dalam kandungan yang cegukan gimana? Tunggu, kalian pernah gak sih kalau bayi dalam kandungan bisa cegukan?

Ternyata bayi dalam kandungan, bisa banget loh Moms buat cegukan. Kalian waktu hamil pernah ngerasain dorongan dari dalam kandungan secara beruntun? Mungkin, di dalam kandungan, bayi lagi cegukan. Ih lucu banget gak sih! Kondisi ini biasanya terjadi pada usia kehamilan memasuki trimester kedua atau ketiga.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Gak usah khawatir Moms, kalau bayi dalam kandungan lagi cegukan yang biasanya terjadi ebberapa kali sehari dan ini tergolong normal. Menurut laman Healthline, alasan terjadinya belum diketahui secara pasti seperti halnya cegukan yang dialami anak-anak dan orang dewasa, cegukan yang terjadi pada bayi di dalam kandungan diyakini berperan dalam pematangan paru-paru. Terus selama ini berarti bukan tendangan bayi yang dirasakan, tapi cegukan bayi?

Gak mesti nih Moms, dilansir dari halodoc.com, mengganti posisi atau bergerak adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah bayi sedang cegukan atau menendang. Kadang kalau bayi bergerak, itu menandakan mereka sedang tidak nyaman saat ibu dalam posisi tertentu, atau ibu sedang makan sesuatu yang panas, dingin, atau manis. Karena itu bisa merangsang indera mereka. Dan jika kalian merasakan ini, berarti itu hanya tendangan biasa.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Tapi jika ibu sudah duduk diam dan nyaman, tapi tetap merasakan getaran berdenyut atau berirama dari satu area perut, ini mungkin tanda bayi sedang cegukan. Biasanya ibu akan tahu kok sama gerakan seperti ini. Nah secara umum, cegukan janin dianggap pertanda baik. Tapi setelah minggu 32, umunya ibu akan lebih jarang merasakan bayi cegukan dalam kandungan.

Tapi jika cegukan tetap terjadi setelah usia kandungan di minggu 32, dengan frekuensi yang berlangsung lebih dari 15 menit atau mengalami tiga atau lebih rangkaian cegukan dalam sehari, disarankan untuk segera menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Gimana Moms, ternyata dorongan dari dalam perut gak melulu tendangan dari bayi ya. Jaga kesehatan sendiri, dan keluarga ya Moms!

Beri Komentar