Seru dan Berilmu, Ini 5 Rekomendasi Channel Youtube yang Edukatif dan Interaktif untuk Anak

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 10 Juni 2024 23:29
Seru dan Berilmu, Ini 5 Rekomendasi Channel Youtube yang Edukatif dan Interaktif untuk Anak
Berbagai pilihan channel youtube yang menghibur dan edukatif ini, bisa bermanfaat bagi anak-anak untuk tumbuh kembang dan pola pikirnya

Di era modern yang serba digital ini, kebanyakan anak-anak sudah mulai berteman baik dengan gadget maupun tab nya. Maka dari itu, orang tua harus selektif dalam memilih tontonan yang baik dan ramah untuk anak-anak guna menghindari paparan konten negatif. 

Memilihkan tontonan yang tepat untuk anak-anak menjadi tantangan tersendiri. Terdapat begitu banyak pilihan channel, namun tak semuanya efektif ditontonkan karena yang menghibur belum tentu edukatif. Jadi, tak jarang jika orangtua kesulitan dalam memilih channel yang tepat untuk anak-anak mereka.

Nah, berikut ini merupakan rekomendasi channel youtube yang menghibur, interaktif, dan juga edukatif untuk dijadikan tontonan anak-anak.

 

1 dari 7 halaman

Nussa Official

Bagi kamu yang ingin mengajarkan anak-anak mengenai agama Islam, ini dia salah satu channel yang bisa kamu tontonkan untuk anak. Channel ini menghadirkan animasi edukasi islami yang dikemas dengan cerita menyenangkan sekaligus lagu-lagu ceria. Channel ini cocok dinikmati untuk berbagai kalangan usia, terutama 2 hingga 6 tahun.

Nusa dan Rara merupakan tokoh utama dalam channel ini. Mereka mengajarkan anak-anak mengenai nilai-nilai moral, agama, serta budaya dengan cara yang mudah dipahami, seperti kegiatan sehari-hari. Sehingga akan efektif untuk dipertontonkan kepada anak-anak, karena sebagai contoh dan kebiasaan baik. 

 

2 dari 7 halaman

Pinkfong! Kids Songs and Stories

Channel yang terkenal karena lagu baby shark ddu-du-ddu merupakan channel yang pas dipertontonkan jika kamu menginginkan si kecil belajar bahasa inggris. Terkenal dengan lagu anak-anak yang catchy dan animasi yang penuh warna, pastilah si kecil akan tertarik. 

Channel ini menghadirkan banyak konten edukasi, seperti belajar bahasa inggris, mengenal angka dan huruf, serta pengetahuan umum lainnya dengan animasi menggemaskan. Orangtua pun juga dapat bernyanyi bersama anak saat mempertontonkan channel ini, dengan begitu anak akan semakin semangat karena ada teman belajar.

 

3 dari 7 halaman

Kok Bisa?

Channel ini sangat direkomendasikan untuk anak yang sudah memasuki fase bertanya mengenai apapun. Konten yang dimuat juga sangat edukatif dan bermanfaat sehingga dapat menambah pengetahuan umum untuk anak-anak.

Channel ini berisi mengenai edukasi seperti sejarah, kebudayaan, alam semesta, geografi, teknologi, hingga sains yang dikemas dengan animasi. Channel ini menjawab semua pertanyaan dan rasa ingin tahu anak-anak mengenai berbagai macam hal di dunia dengan cara yang seru sekaligus informatif. Sehingga efektif dipertontonkan untuk anak-anak.

 

4 dari 7 halaman

Kinderflix

Channel youtube dengan kreator asal Indonesia yang sangat menyenangkan. Channel ini cocok dipertontonkan untuk anak yang belajar berbicara seperti balita, karena kontennya dimuat banyak komunikasi yang interaktif di dalamnya. 

Kinderflix dipandu beberapa kreator interaktif yang mengajak anak-anak untuk berkomunikasi. Hal itu dapat meningkatkan tumbuh kembang dan kinerja otak anak. Edukasi yang ditawarkan channel youtube Kinderflix adalah kumpulan lagu-lagu interaktif untuk anak, belajar dan bermain dengan mengenalkan kosakata baru, hingga belajar bicara untuk balita.

 

5 dari 7 halaman

National Geographic Kids

Jika anak tertarik dan menyukai alam bebas dan aneka binatang, channel ini sangat cocok untuknya. Dikarenakan National Geographic Kids berisikan edukasi mengenai alam semesta, flora, serta fauna.

Channel ini berisikan video dengan gambar dan penjelasan yang nyata, sehingga anak akan mudah memahami maksud dari hal yang disampaikan. Dengan penyajian gambar serta video yang nyata, anak juga akan semakin tertarik untuk belajar. Channel ini dapat ditonton untuk semua kalangan, sehingga orangtua dapat mendampingi anak untuk belajar bersama. 

 

6 dari 7 halaman

Tips untuk Mempertontonkan Channel Youtube pada Anak

Era digital pada saat ini tidak luput pada interaksi dengan gadget, begitu pula dengan anak-anak. Maka dari itu, ini dia tips yang bisa kamu lakukan sebelum memberikan tontonan digital kepada anak-anak: 

  • Gunakan fitur parental control.  Youtube sudah menyediakan fitur tersebut yang dapat kamu gunakan untuk membatasi akses anak ke konten tertentu. 

  • Pertimbangkan usia dan minat anak. Penting untuk dipertimbangkan dalam hal ini. Dikarenakan jika anak tidak menyukainya, ia akan enggan dan susah untuk belajar dan menerima hal baru lainnya. 

  • Bicarakan dengan anak. Dengan mendiskusikan dengan anak, ia akan merasa terlibat dalam sesi belajarnya. Orang tua juga akan mudah untuk memilihkan tontonan yang sesuai dengannya

  • Tentukan batasan waktu untuk screening time. Dengan menentukan waktu dan batasan, anak tidak akan kecanduan dan bosan dengan kegiatan belajar yang ia lakukan.

  • Pertontonkan channel dan video yang sesuai dengan lingkungan, kebudayaan, serta preferensi dalam kehidupan sehari-hari.

 

7 dari 7 halaman

Berbagai pilihan channel youtube yang menghibur dan edukatif ini, bisa bermanfaat bagi anak-anak untuk tumbuh kembang dan pola pikirnya. Ingatlah untuk selalu mendisiplinkan dan mengawasi mereka saat screening time juga memilihkan konten yang sesuai. Selalu libatkan dirimu dalam proses tumbuh kembang si kecil yang menyenangkan dan berharga dalam keluarga. Semoga bermanfaat!

Editor: Najwa Al Rasyidah

 

Beri Komentar