Cara Atasi Anak yang Tak Tertarik Membaca Buku

Reporter : Riza Umami
Jumat, 21 Januari 2022 22:17
Cara Atasi Anak yang Tak Tertarik Membaca Buku
Berikut beberapa caranya.

Ibu pasti senang kalau mempunyai anak yang suka baca buku. Hal ini yang terkadang membuat sejumlah ibu mulai mengenalkan buku kepada anaknya sejak usianya yang masih begitu belia. Harapannya tentu agar anak suka baca buku dan jadi pintar.

Sayangnya, gak semua anak suka baca buku, bahkan mungkin ada yang sama sekali gak tertarik dengan buku. Memang setiap anak mempunyai minat dan kesukaannya masing-masing serta tak bisa disamakan satu sama lain.

1 dari 4 halaman

Namun, membaca ini sendiri adalah salah satu kemampuan yang penting untuk anak. Dilansir dari unggahan di akun Instagram @parentalk.id, hal ini disebabkan karena keterampilan literasi ini akan jadi pondasi untuk bidang lain terutama akademik.

Ilustrasi Anak BelajarIlustrasi Anak Belajar © 2019 https://www.diadona.id /jooinn.com

Selain itu, membaca juga memberikan akses yang lebih luas untuk ilmu pengetahuan, meningkatkan kosakata dan pemahaman anak, meningkatkan kecerdasan emosional anak dan masih banyak manfaat lainnya.

2 dari 4 halaman

Lantas, gimana sih cara biar anak yang gak tertarik sama buku ini jadi mulai mau untuk baca buku? Ada beberapa cara yang bisa Mom coba untuk lakukan. Yang pertama yaitu membacakan anak buku sejak usia mereka masih kecil.

Saat membacakan buku untuk anak, sebisa mungkin Mom harus bisa berinteraksi dengannya sehingga akan terasa makin menyenangkan untuk anak. Mom bisa membacakannya dengan memakai intonasi sehingga akan jadi makin menarik.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak Belajar MembacaIlustrasi Anak Belajar Membaca © 2019 https://www.diadona.id/sassymamasg.com

Sebisa mungkin, jadikan kebiasaan membacakan buku untuk anak ini rutin dilakukan setiap hari misalnya minimal 15 menit sebelum anak tidur sekaligus membacakannya dongeng pengantar tidur.

Agar anak lebih tertarik, ibu bisa memilihkan tema-tema yang disukai oleh anak misalnya kalau anak suka barbie, carilah buku-buku tentang barbie yang pastinya bakalan disukai oleh buah hati dan membuat mereka tertarik untuk membaca buku tersebut.

4 dari 4 halaman

Ilustrasi Anak BelajarIlustrasi Anak Belajar © shutterstock

Selain itu, ibu pun perlu menjadi role model untuk anak. Kalau ibu ingin buah hati suka membaca, maka ibu pun harus sering membaca juga. Kalau sebaliknya, tentu anak pun jadi gak tertarik untuk baca buku.

Jadikan membaca buku ini waktu yang menyenangkan untuk anak. Sesekali ibu bisa mengajaknya ke perpustakaan atau toko buku di mana anak bisa sepuasnya memilih buku yang mereka ingin baca. Dengan begitu, rasa ingin tahu anak pada buku ini pun akan semakin besar. Nah, itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan, semoga berhasil ya.

Beri Komentar