Bukannya Malas, Ternyata Ini Penyebab Anak Kesulitan Saat Belajar Online

Reporter : Riza Umami
Jumat, 5 Maret 2021 08:17
Bukannya Malas, Ternyata Ini Penyebab Anak Kesulitan Saat Belajar Online
Kenapa ya Mom?

Di tengah pandemi seperti ini, anak harus menjalani sekolah online di rumah masing-masing. Walaupun terlihat lebih santai, tetapi sebenarnya anak mengalami kesulitan tersendiri dan tantangan dalam belajar online seperti ini.

Gak sedikit anak yang jadinya tak mau belajar atau mengerjakan tugas dari gurunya sehingga ibulah yang harus membantunya. Saat anak mengalami kesulitan belajar online begini, mungkin ibu akan fokus mencari cara mengatasinya tanpa tahu penyebabnya.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari laman haibunda.com, Linda Bress Silbert, Ph.D dan Alvin J Silbert, Ed.D, founder dan juga direktur dari Strong Learning Centers di New York, mengatakan kalau orang tua yang lebih fokus pada masalahnya dan mengabaikan penyebabnya, akan mengambil jalan keluar yang labih mudah untuk menyelesaikan kesulitan belajar anak tersebut.

Padahal, kesulitan belajar yang dialami anak ini bisa berakibat menyebabkan dia jadi malas, tak peduli bahkan masalah yang lainnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan usaha untuk mengetahui penyebab dari anak yang kesulitan belajar tersebut. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anak kesulitan belajar dan terkadang penyebabnya melibatkan lebih dari satu masalah saja.

2 dari 5 halaman

1. Masalah yang Berhubungan dengan Fisik

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Menurut Silbert, masalah fisik yang bisa dialami oleh anak ini ada berbagai macam misalnya dia mengalami gangguan pendengaran, penglihatan, mengalami obesitas, gizi buruk atau juga kurang tidur. Selain itu, ada pula beberapa penyakit bawaan. Masalah fisik yang beragam ini mungkin akan membuat anak jadi tidak prima dan kurang bersemangat.

3 dari 5 halaman

2. Permasalahan Sosial

ilustrasi anak-anak © Diadona

Ada banyak permasalahan sosial yang mungkin dialami oleh anak seperti tekanan dari temannya, karena kemiskinan, perceraian, bullying baik di sekolah maupun online dan masih banyak lagi. Masalah sosial ini pun bisa sangat berefek pada anak sehingga dia pun jadi kurang konsentrasi saat belajar online di rumah.

4 dari 5 halaman

3. Masalah tentang Pendidikan

Ilustrasi Anak-Anak © Diadona

Sejumlah anak memang menghadapi kesulitan dalam pendidikan karena dia tidak bisa mengerti tentang materi dalam mata pelajaran tertentu. Kalau sudah gak ngerti, biasanya anak jadi ogah-ogahan mengerjakannya bahkan bukan tak mungkin dia hanya akan menyontek pada temannya. Dalam masalah ini, ibu perlu membantu anak dengan mengajarinya atau menggunakan jasa tutor belajar untuk mengajari buah hati.

5 dari 5 halaman

4. Masalah Emosional atau Psikologis

Ilustrasi anak sedih © Diadona

Makin ke sini, ada banyak anak yang mengalami permasalahan emosional atau psikologis. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya trauma di masa lalu, rasa kesepian, bullying yang menyebabkan anak sampai stres dan masih banyak lagi. Sayangnya, masalah psikologis ini masih sering diabaikan bahkan oleh anak yang mengalaminya sendiri sehingga dia akan menjadi pelampiasan seperti menangis atau bahkan sampai menyakiti dirinya sendiri.

Terkadang masalah yang menyebabkan anak mengalami kesulitan belajar ini pun disebabkan karena beberapa hal yang berhubungan satu sama lain. Oleh sebab itu, penting  untuk mencari tahu lebih dalam apa sebenarnya hal yang membuat anak sulit belajar seperti ini. Memang membutuhkan waktu, tetapi hal ini adalah untuk kebaikan anak.

Beri Komentar