Bayi yang Mengonsumsi ASI Lebih Kebal Virus Corona, Seberapa Efektifkah?

Reporter : Mila
Selasa, 3 Maret 2020 09:38
Bayi yang Mengonsumsi ASI Lebih Kebal Virus Corona, Seberapa Efektifkah?
Apakah bayi juga berisiko terkena virus corona?

Pasti kita semua sudah tahu bahwa virus corona akhir-akhir ini jadi salah satu masalah yang dihadapi berbagai negara, termasuk Indonesia. Virus ini pertama kali muncul di China, tepatnya di Kota Wuhan. Banyak orang yang khawatir dan panik menghadapi virus ini.

Salah satu kekhawatiran tentunya dialami oleh kaum ibu. Nggak heran kalau ibu mengkhawatirkan buah hatinya terutama yang masih bayi. Pasalnya bayi adalah makhluk yang masih sangat rentan akan penyakit.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Air susu ibu (ASI) sering dikaitkan sama daya tahan tubuh bayi. Pun di tengah ancaman virus corona. Sebuah penelitian menemukan, virus corona berisiko kecil menyerang bayi yang diberi ASI. Tapi seberapa efektifkah?

Bayi mendapatkan pertahanan dengan mengonsumsi  ASI, sehingga ia punya perlindungan yang lebih baik terhadap penyakit. Penelitian yang mendukung mengungkapkan, menyusui tetap menjadi pencegah utama berbagai penyakit pada bayi.

2 dari 3 halaman

Melansir situs resmi Henry Ford Hospital, asupan nutrisi dari ASI bisa membantu bayi punya sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih baik, jika dibandingkan dengan bayi yang nggak diberi ASI.

" Paparan mikroorganisme atau bakteri dalam beberapa bulan pertama setelah kelahiran, sebenarnya membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Jika Anda meminimalkan eksposur mereka, sistem kekebalan tubuh tidak akan berkembang secara optimal," jelas Dr Christine Cole Johnson.

3 dari 3 halaman

Jadi untuk kamu khususnya yang saat ini punya bayi, jangan khawatir lagi, ya. Asalkan bayi mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari ASI, maka ia akan terlindungi dan kemungkinan kecil terserang virus corona. Stay safe!

Beri Komentar