Bayi Ketiduran waktu Lagi Menyusu, Cepet Dibangunin Soalnya Bahaya!

Reporter : Mila
Jumat, 6 Maret 2020 10:48
Bayi Ketiduran waktu Lagi Menyusu, Cepet Dibangunin Soalnya Bahaya!
Meskipun pasti nggak tega ya banguninnya...

Momen menyusui adalah momen berkualitas bagi ibu maupun bayi. Rasa nyaman pastinya dirasakan oleh kedua pihak. Sangking nyamannya seringkali bayi memejamkan matanya dan nggak lama pun tertidur. Otomatis sedotan di payudara ibu pun berhenti.

Kalau udah begini, biasanya kamu bakal ngebangunin bayi atau membiarkannya tidur saja? 

1 dari 3 halaman

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, bayi mungkin saja tertidur saat sedang menyusu. Konsultan Menyusui di Ottawa, Beth McMillan, mendukung pernyataan ini dengan menjelaskan, komposisi ASI dan respons hormon bayi membuatnya nyaman dan akhirnya terlelap.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Tapi sebenernya bahaya sih bayi ketiduran waktu lagi menyusu?

" Jawabannya adalah iya dan tidak. Ada kalanya itu baik-baik saja, dan ada kalanya itu bisa menjadi masalah," katanya melansir today's parent.

Bisa jadi masalah, kalau asupan nutrisi bayi berkurang, sehingga bisa menyebabkan bayi dehidrasi dan kekurangan gizi.

3 dari 3 halaman

Tanda bayi sudah kenyang atau belum bisa ditandai dari gerak-gerik bayi. Kalau bayi terlihat rileks dan payudara ibu terasa lebih lembek, maka artinya bayi sudah kenyang. Maka kamu biarkan saja bayi tidur.

Sebaliknya, kamu harus segera membangunkan bayi dan melanjutkan menyusuinya, kalau tangan bayi terlihat seperti mengepal atau wajahnya tampak tegang.

Jadi, butuh kepekaan ekstra ya biar tahu bayi udah kenyang atau belum. Tapi percaya deh sama yang namanya mom instincts nggak pernah salah!

Beri Komentar