Banyak Artis Biasakan Anak Ngomong Bahasa Inggris Sejak Kecil, Apa sih Untungnya?

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 8 April 2020 20:00
Banyak Artis Biasakan Anak Ngomong Bahasa Inggris Sejak Kecil, Apa sih Untungnya?
Bukannya gak cinta bahasa Indonesia, tapi ajarkan anak lebih dari satu bahasa memang banyak manfaatnya lho!

Tren mendidik anak ala orang tua zaman sekarang adalah dengan membiasakan anak mereka untuk bicara lebih dari satu bahasa. Umumnya sih banyak orang tua yang ngajarin anak mereka ngomong pakai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Hal itu bisa kita lihat dari beberapa ibu-ibu selebriti yang sering membagikan keseharian mereka dengan anak mereka. Misalnya saja Nia Ramadhani.

1 dari 5 halaman

nia ramadhani © Diadona

Istri dari Ardi Bakrie ini sering banget membagikan video interaksinya bersama ketiga anaknya. Nggak jarang Nia Ramadhani ngajak ngobrol anaknya pakai bahasa Inggris dan anaknya pun menjawab dengan bahasa yang sama pula dengan fasih.

Meski banyak yang bilang kalau tren ini bisa mengikis bahasa Indonesia hingga bahasa daerah, tapi nggak bisa dipungkiri kalau mengajarkan anak lebih dari satu bahasa itu banyak manfaatnya lho.

Dari yang saya baca di Allwomenstalk, ada banyak manfaat yang bisa didapat orang tua yang membesarkan anaknya secara bilingual. Berikut di antaranya!

2 dari 5 halaman

Menambah pengetahuan anak

nia ramadhani © Diadona

Membesarkan anak bilingual bisa membantu mereka menambah lebih banyak pengetahuan. Studi terbaru menunjukkan, membesarkan anak bilingual bisa meningkatkan potensi akademik serta kesehatan emosional anak lho. Kamu bisa memberikan lebih banyak informasi baru untuk anak dan membantu mereka dalam mengembangkan keterampilan bahasa secara lebih cepat dari anak seusia mereka yang dibesarkan dengan satu bahasa.

3 dari 5 halaman

Membiasakan anak dengan banyak budaya

nia ramadhani dan mikhayla © Diadona

Setiap hari kita selalu bertemu dengan berbagai macam orang dari latar belakang budaya yang berbeda-beda. Membesarkan anak bilingual dapat membuat anak lebih cepat terbiasa dengan budaya baru. Selain itu dia akan lebih menghargai adanya perbedaan yang ada pada setiap orang. Jika kebetulan dia bertemu dengan orang yang juga menguasai bahasa yang sama yang telah kita ajarkan, mereka akan lebih mudah dalam berkomunikasi dan membangun pertemanan.

4 dari 5 halaman

Memudahkan anak memahami bahasa

Keluarga Nia Ramadhani © Diadona

Pelajaran bahasa memang seharusnya diberikan pada anak sedini mungkin. Saat kita sudah dewasa, kita seringkali mengalami kesulitan untuk mempelajari bahasa baru. Belajar bahasa di usia yang cukup tua akan terasa nggak efektif lagi hasilnya. Untuk itu kita bisa mengajarkan anak agar dia lebih mudah dalam memahami bahasa baru.

5 dari 5 halaman

Menambah keterampilan anak

Ilustrasi Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie © Diadona

Mempelajari bahasa dapat menstimulasi indra pada otak anak. Belajar bahasa sama halnya dengan belajar alat musik atau mata pelajaran tertentu. Hal itu bisa menambah keterampilan anak. Selain itu, membesarkan anak bilingual juga bisa membuatnya memiliki kemampuan lebih unggul dari anak lainnya.

Itulah beberapa manfaat membesarkan anak dengan lebih dari satu bahasa. Jadi jangan ragu untuk ngajarin anak ya, Moms!

Beri Komentar