Amit-Amit deh Kalau Bayi Kita Lahir Mirip Orang yang Dibenci, Eh Tapi Apa Bener?

Reporter : Sofi
Rabu, 25 Maret 2020 12:00
Amit-Amit deh Kalau Bayi Kita Lahir Mirip Orang yang Dibenci, Eh Tapi Apa Bener?
Kalau mirip orang lain, gawat dong.

Sebagai manusia gak mungkin lah ya kalau gak pernah benci orang. Manusiawi kan kalau kita gak suka sama seseorang itu? Tapi kalau pas lagi hamil terus benci sama orang, bayinya malah mirip sama orang yang dibenci?

Nah loh, amit-amit deh! Tapi kalau yang dibenci bapaknya dan mirip dia sih masih masuk akal, tapi kalau orang lain? Perang dunia ke-4 yang bakalan terjadi nih.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © 2020 https://freepik.com/

Tenang, ini waktunya ahli berbicara. Barry Starr, Ph.D., ahli genetika mengatakan " Walaupun kita bisa memeriksa semua DNA janin, tapi kita gak bisa memberi kepastian akan seperti apa wajah bayi kelak. Kita hanya bisa memprediksi akan mirip siapakah dia. Jadi, begitu banyak hal yang gak diketahui tentang gen."

Para ahli juga memperkirakan ada 60.000 sampai 100.000 gen (terdiri dari DNA) dalam 46 kromosom manusia. Seorang bayi mendapatkan 23 kromosom dari ibu dan 23 dari ayah. Nah, dengan semua kemungkinan kombinasi gen, pasangan suami istri sebenarnya berpotensi menghasilkan 64 triliun anak yang berbeda.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi KeluargaIlustrasi Keluarga © 2020 https://freepik.com/

Gak jadi khawatir deh ya kalau gak begitu mirip, kalau satu pasangan aja bisa menghasilkan segitu anak yang berbeda. Dari situ juga akan banyak kemungkinan peluangnya rupa bayi ini bervariasi. Seperti kalau si kecil mirip dengan ibu, berarti mewarisi gen dominan sang ibu.

" Bila adik-kakak terlihat sama, berarti ada kesamaan campuran gen yang mereka warisi. Atau, mungkin kemiripan hanya terjadi pada beberapa hal, misalnya bibir Si Sulung mirip ibu, sedangkan bibir Si Bungsu mirip ayahnya," jelas Dr. Starr.

Gimana nih menurut kalian? Gak jadi khawatir lagi kan kalau kita benci orang lain, gak mungkin dong kalau mirip sama orang itu. Mereka pasti ga jauh-jauh dari orang tua kandung mereka. Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Beri Komentar