13 Cara Menghafal Alquran dengan Cepat, Benar, dan Tidak Mudah Lupa

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 8 Januari 2020 16:14
13 Cara Menghafal Alquran dengan Cepat, Benar, dan Tidak Mudah Lupa
Ikuti 13 cara menghafal alquran berikut, In Sya Allah berhasil

"Iqra'," begitulah ayat pertama alquran yang turun, yang artinya 'bacalah'. Dengan hanya membaca alquran, kita sebagai umat muslim akan mendapat pahala dan kebaikan lainnnya dari Allah SWT, seperti yang telah dikatakan Rasulullah dari sebuah hadist yang telah diriwayatkan dari at-Tirmidzi:

"Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah (alquran) maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya."

Nah, itu manfaat hanya dari membaca alquran, apalagi dengan menghafalnya. Namun, masih banyak dari kita yang sulit menemukan bagaimana sebaiknya cara menghafal alquran. Di artikel berikut, kami telah merangkum dari beberapa sumber bagaimana cara menghafal alquran dengan cepat, benar, dan tidak mudah lupa.

1 dari 4 halaman

Cara Cepat Menghafal Alquran

Banyak yang masih sulit bagaimana cara menghafal alquran dengan cepat. Padahal, hal tersebut mudah-mudah saja asal tahu caranya. Bagaimana cara menghafal alquran dengan cepat? Simak tulisa berikut, ya!

1. Gunakan Satu Mushaf Alquran yang Sama

Cara menghafal alquran dengan cepat bisa kamu mulai dalam pemilihan mushaf alquran. Jika kamu sudah memilih, pastikan untuk menggunakannya mushaf itu saja sampai kamu benar-benar mengusai cara menghafal alquran dengan capat. Sebab, gambar penulisan yang terekam dalam memori akan membantumu untuk mempercepat cara menghafal alquran.

2. Baca Berulang-ulang (Murajaah)

Nggak ada sesuatu yang bisa dicapai dengan instan di muka bumi ini. Semuanya perlu proses dan usaha. Begitu juga dengan cara menghafal alquran. Ibarat fitness untuk melatih otot, membaca ulang ayat-ayat alquran akan memperkuat ingatan hafalanmu.

3. Banyak Mendengar Murotal

Selain sering mengeluarkan output yaitu membaca alquran berulang-ulang, kita juga perlu untuk asupan dalam diri yaitu mendengar. Cara menghafal alquran ini akan memengaruhi alam bawah sadar sehingga alquran pun cepat terhafal. Apalagi mendengarkan murotal sambil ikut melafalkan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghafal Alquran dengan Mudah

Kalau ada cara menghafal alquran yang mudah, kenapa harus memilih yang ribet? Tapi, gimana cara? Gulir ke bawah, yuk!

1. Menghafal Sekaligus Melatunkan

Banyak cara menghafal alquran yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan menghafalkannya sekaligus melatunkannya cukup keras. Hal ini mempermudah hafalan dalan waktu yang singkat.

2. Melatunkan Ayat Qur'an dan Mengoreksinya sendiri

Kadang, kita nggak percaya diri kalau melatunkannya di depan orang dan salah, padahal kita harus cukup percaya diri jika ingin mudah menghafal alquran. Nah, cara menghafal alquran ini akan mempermudahkanmu. Sebab, kamu melatunkan ayat qur'an dan menyadari bahwa bacaanmu salah, sehingga kamu tahu apa yang harus dibenarkan. Dengan demikian, menghafal alquran pun akan semakin mudah.

3. Menulis

Cara menghafal alquran ini telah diterapkan di berbagai negara seperti Aljazair, Libya, Maroko, dan lainnya. Caranya adalah dengan menulis ayat alquran yang sudah dihafalkan, entah di atas papan maupoun di atas kertas.

3 dari 4 halaman

Cara Menghafal Alquran dengan Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Ada sebuah metode keren yang bisa kamu terapkan agar bisa mendapatkan cara menghafal alquran dengan cepat dan tidak mudahlupa . Metode tersebut yaitu 3T+1M. Apa itu? Yaitu Talqin/Tasmi', Tafahhum, Tikrar, dan Muroja'ah.

1. Talqin/Tasmi'

Cara menghafal alquran yang satu ini berarti kamu mengikuti apa yang Ustads kamu bacakan. Namun jika kamu nggak punya seorang Ustads atau siapapun itu, kamu bisa melakukannnya dengan rekaman atau media-media lain seperti Youtube.

Namun, untuk Tasmi', kamu perlu seseorang seperti Ustads. Sebab, kamulah yang membacakan alquran di hadapan ustadsmu. Sehingga, jika ada yang salah bisa dikoreksi.

2. Tafahhum

Tafahhum merupakan cara menghafal alquran dengan memahami artinya. Nampaknya, cara menghafal alquran satu ini nggak hanya sekadar menghafal, tapi juga mendalami maknanya. Makanya, cara mengahfal alquran tersebut nggak bisa dilakukan oleh semua kalangan. Hanya kalangan berusia remaja hingga dewasa.

3. Tikrar

Bagaimana dengan mencoba dengan cara menghafal alquran tanpa mencoba untuk menghafalnya? Ya, kamu bisa mencoba tikrar, yaitu membaca berulang-ulang ayat demi ayat alquran.

Caranya adalah:
- Ayat pertama dibaca hingga 10-20 kali
- Lanjut ke ayat kedua, dibaca hingga 10-20 kali
- Sudah hafal, ayat pertama dan kedua dibaca berbarengan 10-20 kali
- Lanjut ke ayat ketiga, dan begitu seterusnya.

4. Muraja'ah

Muraja'ah merupakan cara menghafal alquran yang paling nikmat karena akan sering berkomunikasi dengan alquran. Sebab, muraja'ah berarti membaca ulang kembali hafalan-hafalanmu agar tetap melekat dalam dirimu. Apalagi jika dibarengi dengan nada-nada tertentu.

4 dari 4 halaman

Cara Menghafal Alquran dengan Cepat dan Benar

Sudah melakukan cara menghafal alquran di atas tapi rasanya masih ada yang kurang? Mungkin, kamu nggak melakukannya dengan benar. Coba perhatikan tulisan selanjutnya!

1. Niat

Segala sesuatu dimulai dari niat. Kalau niatmu aja udah nggak benar, cara menghafal alquran kamu selanjutnya pun akan berantakan. Niatkanlah menghafal alquran karena Allah, bukan karena hal lain, apalagi karena terpaksa.

2. Yakin

Pikiranmu akan memeranguhi segala hal, termasuk dengan cara menghafal alquran. Jika dari awal kamu nggak yakin bisa menghafal alquran, tentu saja kamu akan kesulitan kemudian. Yakinlah bahwa kamu bisa menghafal alquran dan yakin Allah SWT akan membantumu dalam menghafal alquran.

3. Berdoa

Allah SWT menyukai hamba-hambanya yang berdoa. Kalau kamu sudah berusaha semampunya, maka yang dapat kamu lakukan selanjutnya hanya memasrahkan diri kepada Allah SWT. dan berdoa kepada-nya.


Begitulah kira-kira yang bisa kamu lakukan bagaimana cara menghafal alquran dengan cepat, benar, dan tidak mudah lupa. Kamu punya saran? Berbagi di kolom komentar, yuk, In Sya Allah bermanfaat, kok!

Beri Komentar