11 Nama Surga yang Tertulis dalam Al- Quran beserta Artinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 31 Agustus 2022 17:39
11 Nama Surga yang Tertulis dalam Al- Quran beserta Artinya
Nama-nama surga ada ditinjau dari sifatatau dari sisi zatnya. Secara zat, nama-nama surga tersebut adalah sinonim. Ini sebagai mana pada nama-nama Allah, nama-nama Al-Quran.

Sebagai seorang muslim, kita percaya bahwa setiap hal yang dilakukan di dunia memiliki konsensianya. Surga menjadi tempat balasan bagi mereka yang berbuat baik sementara neraka adalah tempat bagi mereka yang berbuat jahat di dunia. Baik surga maupun neraka memiliki banyak nama.

Dikutip dari The Quran Recital, Al Quran memiliki banyak ayat yang menggambarkan kemewahan serta indahnya surga yang ditujukan kepada penghuninya. Beberapa diantaranya adalah:

"Dan apabila engkau melihat (keadaan) di sana (surga), niscaya engkau akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar," (Al-Insan ayat 20)

Dikutip dari Surga yang Allah Janjikan yang ditulis oleh Ibnul Qayyim al-Jauziyyah, Nama-nama surga ada ditinjau dari sifat-sifatnya. Yang dinamai satu ditinjau dari sisi zatnya. Secara zat, nama-nama surga tersebut adalah sinonim. Ini sebagai mana pada nama-nama Allah, nama-nama AL-Quran, nama-nama neraka dan nama-nama hari kiamat.

Dan berikut ini adalah nama-nama surga.

1 dari 3 halaman

Nama Surga © Diadona

Jannah

Jannah adalah nama surga secara umum untuk menyebut suatu tempat yang kita bahas kali ini. Dia meliputi berbagai kenikmatan, kesenangan, kegembiraan, kebahagian dan semua hal yang indah. Kata al-jannah, secara etimologis berasal dari kata as-satr wat taghthiyyah yang artinya tertutup dan terselubung.

Darus Salam (Rumah Keselamatan)

Nama surga ini disebutkan oleh Allah dalam firmannya yakni : Bagi mereka (disediakan) tempat yang damai (surga) di sisi Tuhannya. Dan Dialah pelindung mereka karena amal kebajikan yang mereka kerjakan. (Ayat 127 - Al-An'am)

Allah juga berfirman dalam surat Yunus ayat 25 yang berbunyi :

" Dan Allah menyeru (manusia) ke Darus-salam (surga), dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam). Agar manusia tidak tertipu dengan kehidupan dunia yang fana, lalu Allah memberikan tuntunan menuju jalan yang benar dan penuh kedamaian,"

Darus Salam adalah rumah Allah, dan salah satu nama Allah adalah As-Salam. Allah lah yang memberikan keselamatan bagi penghuni Darus Salam.

Darul Khuldi (Rumah Keabadian)

Nama surga ini didapat karena penghuni surga akan kekal berada di sana dan nggak akan pergi meninggalkannya sama sekali.

" Dan adapun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga; mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya." (Surat Hud : 18)

2 dari 3 halaman

Nama Surga © Diadona

Darul Muqamah (Tempat Tinggal Abadi)

“ Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun, Maha Mensyukuri. yang dengan karunia-Nya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.”

Jannatul Ma'wa

Merupakan nama surga yang berarti tempat tinggal. Ini sebab Allah mengisahkan penghuni surga sebagai berikut:

" Di dekatnya, yakni dekat Sidratul Muntahà, ada surga yang menjadi tempat tinggal," (Surat An-Najm Ayat ke-15)

Atha menyebut kalau surag itu adalah tempat Jibril dan para malaikat tinggal. Sementara itu, Muqatil dan al-Kalbi mengatakan kalau di surga itulh jiwa para syahid disemayamkan.

Dan Jannatul Marwa adalah salah satu nama surga sebab Allah berfirman " Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya,maka sungguh, surgalah tempat tinggal(nya).

Surga Adn

Adn sebeneranya adalah nama nama beberapa surga. Kata 'Adn' ini berasal dari kata iqamah wad aquma yang artinya tempat tinggal untuk selamanya.

yaitu surga 'Adn yang telah dijanjikan oleh " Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati." Surat Maryam Ayat 61

3 dari 3 halaman

Nama Nama Surga © Diadona

Darul Hayawan (Tempat yang Sesungguhnya)

Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.

ahli tafsir berpendapat kalau yang dimaksud dalam ayat di atas adalam 'akhirat' atau 'surga' ialah 'hayawan', tempat yang sesungguhnya. al-Kalbi juga menyebut kalau 'hayawan' ada;lah kehidupan tanpa kematian.

Firdaus

Sebagai salah satu nama-nama surga, Firadus tertulis dalam firman Allah sebagai berikut :

Demikianlah sifat-sifat orang mukmin yang akan meraih keberuntungan. Sebagai ganjarannya, mereka itulah orang yang akan mewarisi, yakni mewarisi dan memperoleh surga Firdaus. Mereka akan kekal di dalam kenikmatan dan kebahagiaan-nya. (Al Mu'minin -1)

Firdasu sering kali digunakan untuk menyebut nama nama surga yang paling tinggi tingkatannya.

Jannatun Na'im

" Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan" (Surat Luqman ayat 8)

Al-Maqqamul Amin (Tempat yang Aman)

" Mereka mendapat tempat kembali yang baik di sisi Tuhan mereka. Di tempat itu mereka aman dari segala macam gangguan baik berupa gangguan keamanan diri mereka maupun dari gangguan keamanan jiwa mereka. Mereka berada dalam perlindungan Allah, tidak ada sesuatu pun yang dapat menggoyahkan perlindungan Allah" . (Surat Ad-Dukhan ayat 61).

Al-maqam memiliki arti tempat tingga, sementara Al-amin berarti aman dari semua keburukan bencana dan hal yang menyakitkan. Sementara itu al-maqamul amin ialah tempat menyatukan semua sifat aman.

Maq'adush Shidqi Wa Qidamush Shidqi

" Bila orang-orang musyrik diseret pada wajahnya ke arah neraka, maka sungguh, orang-orang yang benar-benar bertakwa secara tulus berada di taman-taman dan sungai-sungai yang beragam.

Nama lain surga adalah maq'adush shidqi sebab di surgalah semua hal yang kita senangi bisa tercapai. Nama tersebut juga merupakan kata yang menunjukkan kesahihan dan kesempurnaan, contohnya pada perkataan dan juga perbuatan.

Dan itu tadi nama surga bukan berdasarkan pada tingkatannya melainkan nama nama lainnya.

Beri Komentar