Viral, Kampung di Bogor Punya Sungai yang Ikannya Banyak Tak Kalah dengan Jepang

Reporter : Prisma Difta
Senin, 27 Juli 2020 16:49
Viral, Kampung di Bogor Punya Sungai yang Ikannya Banyak Tak Kalah dengan Jepang
Keren ya!

Menjaga kelestarian alam adalah cara yang dapat dilakukan untuk hidup berdampingan dengan lingkungan sekitar. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Kampung Lauk berikut ini.

Warga setempat berhasil menyulap sungai yang berada di tengah perkampungan menjadi sebuah tempat unik. Bahkan melalui kreativitas dan sinergi dengan Pemerintah setempat, warga pun juga memperoleh pendapatan.

 

1 dari 5 halaman

Ikan di bogor © Diadona

Terlepas dari itu semua, kini aliran sungai tersebut menjadi suatu destinasi wisata yang dapat memanjakan mata.

Dilansir dari kanal YouTube Mba Tina Bule yang bertajuk ‘Budidaya Ikan di Selokan Bogor Lebih Keren dari Jepang!!! Wisata New Normal’, selokan kecil yang menjadi daya tarik wisatawan ini tidak lain berada di Kampung Lauk, Babakan RW II Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat.

 

2 dari 5 halaman

Dari kejauhan, nampak berbagai spot unik telah dirancang dan semakin membuat selokan tersebut terasa nyaman untuk dikunjungi guna menghilangkan stres.

Berbeda dari selokan pada umumnya yang tak pernah dirawat, namun selokan yang ada di tengah perkampungan tersebut dialiri dengan air jernih. Terlebih, warga setiap hari bergiliran membersihkan aliran sungai dan menjaganya agar tetap nyaman.

 

3 dari 5 halaman

Ikan di bogor © Diadona

Salah seorang warga memaparkan bahwa pada aliran air tersebut terpasang sebuah jaring guna mengumpulkan semua sampah yang ada di sepanjang aliran air.

" Ada jaring, nanti sampahnya terkumpul di sana. Nanti kita tinggal ambil gitu," ujarnya.

Berkat kegigihan dan ketekunan warga setempat, aliran selokan yang bersih tersebut hidup berbagai jenis ikan. Salah satu ikan yang dibudidaya yaitu ikan mas.

Bahkan, kini ikan yang dibudidaya tersebut telah tumbuh besar dan menjadi daya tarik wisatawan tersendiri.

 

4 dari 5 halaman

Tanaman Hidroponik

Ikan di bogor © Diadona

Menariknya lagi, warga setempat juga membudidayakan berbagai jenis sayuran yang ditanam dengan metode hidroponik. Tak jauh dari aliran selokan tempat berbagai jenis ikan yang dibudidaya, tanaman hidroponik tersebut juga nampak berjajar dengan rapi dan indah.

Berbagai jenis sayuran pun terlihat tumbuh dengan subur di bawah perawatan warga setempat. Jenis sayuran tersebut antara lain bayam, genjer, dan masih banyak lagi.

 

 

5 dari 5 halaman

Aliran selokan yang unik ini juga dilengkapi dengan saung tempat istirahat bagi para wisatawan yang tak kalah menarik. Di tempat ini pula terkadang warga menjamu berbagai tamu penting dengan berbagai hidangan khas dari budidaya tanaman yang dihasilkan.

Tak hanya sampai di sana, warga setempat pun kini juga dapat meningkatkan pendapatan melalui berbagai produk olahan yang dikelola bersama. Salah satunya yakni pupuk organik yang dijual tidak jauh dari aliran selokan yang menjadi spot favorit wisatawan.
Hasil Kerja Keras Warga Setempat

Rupanya, aliran sungai yang kini memiliki daya tarik wisata ini berawal dari ide warga setempat. Menurut pemaparan Kepala Desa setempat, berbagai jenis ikan yang hidup di sepanjang aliran sungai tersebut merupakan hasil budidaya warga.

Beri Komentar