Ungkap Fitur Rahasia Pada Benda Sehari-Hari

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 15 Januari 2020 14:52
Ungkap Fitur Rahasia Pada Benda Sehari-Hari
Fungsi benda yang kita gunakan sehari-hari, tentu sudah kita tahu betul fungsi dan kegunaannya. Mulai dari benda sederhana seperti sikat gigi, sampai benda-benda rumit seperti mesin mobil.

Walau demikian, banyak dari benda-benda yang kamu gunakan sehari-hari, yang ternyata menyimpan fitur tersembunyi. Jika ada salah satunya yang pernah kamu lihat, mungkin beberapa dari kamu akan tidak menghiraukan hal itu. Namun secara umum, keanehan yang ada pada benda sehari-hari yang kamu gunakan, adalah sebuh desain yang dibuat sadar, untuk memenuhi satu tujuan tertentu.

1 dari 6 halaman

1. Pisau Cutter

Ilustrasi Pisau Cutter © Diadona

Menggunakan pisau senis ini bukanlah hal baru lagi. Mungkin bahkan sejak sekolah dasar, kamu telah menggunakannya. Sepertinya hampir setiap rumah punya pisau jenis ini. Namun apa yang biasa kamu lakukan saat pisau cuttermu sudah tumpul? Kamu mungkin akan langsung membuangnya. Itu berarti, kamu belum menyadari, kalau kamu bisa mendapatkan ujung yang tajam lagi, pada pisau cutter yang sama.

Caranya ialah, coba kamu perhatikan dulu, kalau pisau cutter itu, terdiri dari banyak bagian paralel. Bagian-bagian itu dapat dipatahkan, dengan melepas bagian pegangan pisau yang berada di bawah, sebagai benda yang bisa kamu gunakan untuk mematahkan pisaunya. Maka kamu bisa mendapatkan pisau baru yang tajam.

2 dari 6 halaman

2. Lubang Di Gagang Teflon

Ilustrasi Teflon © Diadona

Memang apa fungsi tersembunyi yang dimiliki oleh lubang di gagang teflon, selain agar mudah untuk digantung? Itu memang salah satu fungsinya. Namun tujuan awal lubang itu dibuat tidak untuk itu. Fungsi lubang dibuat pada gagang teflon adalah untuk menaruk sendok sementara, saat kamu tidak menggunakannya untuk mengaduk makanan di dalam teflon. Pernah terpikirkan?

3 dari 6 halaman

3. Pengait Kecil Di Bagasi Mobil

Ilustrasi Pengait Kecil pada Mobil © Diadona

Adegan orang diculik dan terjebak pada bagasi mobil, mungkin sering kamu temui pada dalam film horor, atau film kejahatan. Jika kamu sedang apes, dan terjebak dalam situasi itu, namun semoga saja tidak, kamu harus tahu, kalau semua mobil diharuskan memiliki kait darurat, untuk membuka bagasi dari dalam.

Kait ini dirancang agar bisa digunakan dengan sangat mudah, bahkan balita pun konon bisa menggunakannya. Sejak 2001, setidaknya di Amerika Serikat, berlaku undang-undang yang mengharuskan mobil punya pengait ini di bagasi mobilnya.

Kait ini bisa bersinar dalam gelap, bahkan bisa ditarik menggunakan mulut, jika tangan sedang dalam kondisi diikat.

4 dari 6 halaman

4. Tombol Kecil Pada Celana Jeans

Ilustrasi Celana Jeans © Diadona

Coba periksa celana jeansmu. Terutama pada bagian kantugng, apa kamu bisa menemukan tombol-tombol kecil seperti paku, pada setiap sudutnya? Itu bukan hanya pajangan, atau desain yang tidak berarti. Tapi jangan salah, paku-paku kecil itu, dipasang untuk membuat celana jeans menjadi lebih kokoh dan kuat. Karena celana jeans bisa digunakan pada moment apapun, sehingga jeans tidak mudah robek.

5 dari 6 halaman

5. Lubang Kecil Pada Jendela Pesawat Terbang

Ilustrasi Lubang © Diadona

Jika kamu lebih jeli, mungkin kamu akan menemukan lubang kecil pada jendela pesawat. Ini lagi-lagi bukan tanpa alasan. Lubang ini difungsikan untuk menjaga jendela dari kabut, karena suhu di luar pesawat hampir selalu lebih rendah dari suhu di dalam pesawat. Lebih penting lagi, lubang ini akan meminimalkan tekanan pada kaca jendela, karena lagi-lagi adanya perbedaan tekanan antara di luar, dan di dalam pesawat.

6 dari 6 halaman

6. Cartridge Game Punya Rasa Pahit

Ilustrasi Cartridge Game © Diadona

Menelan kartu untuk game secara tidak sengaja mungkin tidak menjadi masalah bagi kita sebagai orang dewasa. Akan tetapi itu mungkin saja dilakukan anak-anak. Anak-anak kerap meletakkan apa pun yang mereka temukan di mulut, untuk melihat apakah rasanya enak, banyak anak di seluruh dunia telah dikirim ke UGD akibat kartu kecil permainan tersangkut di tenggorokan mereka. Maka dari itu, cartrid Nintendo Switch sengaja dilapisi dengan bahan kimia yang meninggalkan rasa pahit yang mengerikan di mulut.

Beri Komentar