Tuai Sukses Besar, '7 Rings' Milik Ariana Grande Justru Tersandung Kasus Hak Cipta

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 17 Januari 2020 14:06
Tuai Sukses Besar, '7 Rings' Milik Ariana Grande Justru Tersandung Kasus Hak Cipta
Lagu bertajuk '7 Rings' yang termasuk dalam nominasi Grammy Awards ini justru tersangkut kasus pelanggaran hak cipta.

Ariana Grande digugat oleh seorang penyanyi hip-hop bernama Josh Stone. Penyanyi dan penulis lagu ini, pada tahun 2017 telah menulis lagu berjudul "You Need I Got It". Gugatan yang sebenarnya dilayangkan pada lagu '7 Rings' ini secara tidak langsung berimbas pada Ariana sebagai penyanyi, sekaligus Tommy Brown selaku produser.

1 dari 3 halaman

Brown dianggap mengangkat unsur-unsur kunci dari lagu Stone untuk lagu '7 Rings' yang dinyanyikan Ariana Grande. Kedua lagu tersebut memiliki lirik yang hampir serupa. Lagu Ariana menuliskan lirik " I Want It, I Got It" , sedangkan lagu Stone menyebutkan " You Want It, I Got It" di bagian refrain.

2 dari 3 halaman

Dikutip dari Variety (16/01), gugatan ini rupanya diajukan di pengadilan federal New York oleh pengacara Tamir Young. Mereka menyebutkan bahwa dua ahli musik telah menganalisis kedua lagu tersebut dan menemukan bahwa ritme dan not-not dalam keduanya sangat mirip. Lagu yang telah menuai pendapatan lebih dari $ 10 juta ini bahkan memiliki ritme dan lirik yang hampir identik.

3 dari 3 halaman

Mendengar isu yang beredar, label musik Ariana Grande menolak berkomentar. Ariana sendiri dipastikan akan tampil di Grammy Award, dan siap untuk lima penghargaan, termasuk dua di antaranya untuk '7 Rings'.

Beri Komentar