Tak Butuh Waktu Lama, Banjir di Surabaya Surut dalam Waktu 2 Jam

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 16 Januari 2020 11:07
Tak Butuh Waktu Lama, Banjir di Surabaya Surut dalam Waktu 2 Jam
Sempat dihantam hujan deras, beberapa kawasan di Surabaya mengalami kebanjiran.

Rabu (15/01), Kota Surabaya dihantam hujan deras yang berlangsung hampir empat jam. Akibat hujan deras tersebut, beberapa wilayah diketahui mengalami banjir. Berita baiknya, tak seperti banjir yang melanda Jakarta, banjir yang terjadi di Surabaya surut hanya dalam hitungan jam. Seorang warga bernama Mei Rahmawati menuturkan, "Hujannya cukup deras, tapi setelah tiga jam berlalu airnya sudah surut. Sekarang warga sudah beraktivitas seperti biasa." Pengakuan tersebut disampaikan warga yang tinggal di Kecamatan Tenggilis Mejoyo ini, pada Rabu malam melalui sambungan telepon.

1 dari 2 halaman

Dikutip dari instagram @surabaya, Pemerintah Kota Surabaya langsung turun tangan memberikan perhatian pada daerah yang terdampak banjir. Lokasi-lokasi tersebut antara lain di Jalan Mayjend Sungkono dan Komplek Ruko Vida. Kedua lokasi tersebut diketahui tergenang sekitar pukul 17.30, namun banjir sudah surut sekitar 19.30 WIB.

 

      View this post on Instagram

Selamat malam, Rek! Beberapa lokasi menjadi perhatian banyak pihak saat hujan lebat mengguyur kota Surabaya hari ini. • Oleh karena itu, perhatian khusus kami berikan kepada lokasi - lokasi tersebut. Salah satunya, di Jalan Mayjend Sungkono dan Komplek Ruko Vida. • Lokasi ini tergenang sekitar jam 17.30. Hingga akhirnya jam 19.30 lokasi sudah surut. Butuh waktu 2 jam untuk menyurutkan air di lokasi tersebut. • Tiada kata selain terima kasih kami ucapkan kepada seluruh petugas yang bertugas di lapangan tadi. Mulai dari Linmas yang turut berada di lokasi untuk bantu evakuasi dan memperbaiki kendaraan yang terendam • Hal ini juga tidak terlepas dari teman Satgas Pematusan PU yang gerak cepat bersihkan saluran di lokasi. • Hingga pukul 20.30 tadi, Jalan Mayjen Sungkono dan Komplek Ruko Vida sudah seperti sedia kala • Sekali lagi terima kasih untuk seluruh petugas yang tidak kenal lelah, terima kasih untuk kerja keras dan kerjasama hari ini ???????? • @satpolppsurabaya @bpblinmas.surabaya @call112surabaya @dishubsurabaya @sits_dishubsurabaya • #BanggaSurabaya

A post shared by Bangga Surabaya (@surabaya) on

 

Banjir rupanya tidak hanya terjadi di dua tempat tersebut, informasi yang dihimpun oleh Antara mengungkapkan bahwa daerah-daerah lain seperti Kendangsari, Ketintang, serta Bogowonto juga turut tergenang.

2 dari 2 halaman

Laila Mufidah, Wakil Ketua DPRD Surabaya yang juga merupakan warga Kendangsari ini mengungkapkan, bahwa banjir yang terjadi di kawasan tersebut akibat saluran air atau box culvert yang ada tidak bisa menampung air saat hujan deras. Dilansir dari Liputan6 (15/01), hal ini rupanya terjadi akibat tidak tersambungnya saluran air, serta banyaknya timbunan sampah yang mengakibatkan banjir.

" Sebelumnya, kawasan ini sering juga banjir. Tetapi dengan adanya box culver, banjir lebih cepat surut dibanding sebelum-sebelumnya." Untuk itu ia mengharapkan agar Dinas Pekerjaan Umum dan Pematusan Pemkot Surabaya segera mengatasi persoalan saluran air yang tidak terhubung.

Beri Komentar